Bus dan Travel, Opsi Mudik dengan Nilai Plus Berlimpah

Hari Raya Idul Fitri sudah semakin dekat. Artinya, penduduk Indonesia mulai sibuk memikirkan perjalanan pulang kampung. Mereka-mereka yang tidak mudik pun bisa memanfaatkan waktu jeda ini untuk berjalan-jalan menikmati liburan panjang. Mengingat hari raya tinggal berjarak kurang dari enam pekan, pilihan populer seperti kereta api dan pesawat acap kali sudah sering diserbu.

Sebelum akhirnya terpaksa membawa kendaraan sendiri, atau malah membatalkan mudik, coba pertimbangkan bus & travel sebagai solusi. Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda nikmati saat menggunakan mode transportasi ini untuk mudik atau jalan-jalan saat lebaran dikutip dari CNN Indonesia.

1. Perjalanan Terjadwal dan Nyaman

Bus dan travel sama-sama memiliki jadwal keberangkatan yang ketat. Berpegang pada jadwal tersebut, waktu perjalanan bisa lebih terukur. Layanan travel juga memiliki waktu keberangkatan lebih fleksibel, menyesuaikan kebutuhan. Meski fleksibel, jadwal ini tepat waktu. Anda pun dapat berangkat sesuai dengan jadwal, tidak lagi berubah-ubah dan tak pasti, apalagi tertunda.

Dengan menumpang bus atau travel untuk pulang kampung atau jalan-jalan saat lebaran, Anda juga tidak akan kelelahan menyetir sendiri. Jika jalanan macet atau perjalanan terasa sangat panjang, Anda tinggal menyesuaikan posisi kursi untuk mendapatkan posisi enak, lalu mulailah tidur atau melakukan aktivitas lain yang menyenangkan sepanjang perjalanan. Misalnya: membaca buku, mendengarkan musik, atau menonton film di ponsel.

2. Banyak Pilihan dengan Titik Pemberangkatan Fleksibel

Penyedia layanan bus dan travel di Tanah Air berjumlah sangat banyak. Anda bahkan bisa kewalahan sendiri menentukan pilihan karena saking banyaknya penyedia.

Masing-masing penyedia juga menyediakan jadwal perjalanan beragam dalam satu hari. Sepanjang perjalanan, bus dan travel kerap singgah di beberapa perhentian. Hal tersebut membuat pilihan lokasi untuk naik dan turun kendaraan menjadi lebih banyak.

Karena melintas jalan umum, Anda tentu bisa memilih lokasi naik atau turun yang lebih dekat dengan rumah maupun tujuan utama Anda. Beberapa layanan travel eksklusif bahkan siap menjemput dan mengantar penumpang langsung ke lokasinya masing-masing, bukan sekadar dari pool ke pool.

3. Privasi Terjaga

Kapasitas penumpang dalam satu unit bus sangat terbatas. Selain itu, saat ini bus antarkota antarprovinsi juga sudah tidak lagi mengizinkan penumpang yang berdiri. Dengan kondisi tersebut, Anda tentu memiliki privasi lebih baik selama perjalanan. Hal ini juga akan lebih jauh terasa ketika naik bus kelas premium atau travel yang hanya mengangkut sedikit penumpang sekali jalan. Layanan travel bahkan ada yang hanya berkapasitas maksimal delapan orang dalam satu mobil.

4. Pesan Kursi Kian Praktis

Dengan menggunakan aplikasi Traveloka, saat ini Anda tak lagi harus kewalahan saat ingin memesan kursi di bus atau travel. Traveloka sebagai salah satu agen perjalanan online unggulan Tanah Air, kini menyediakan layanan Bus & Travel. Dengan layanan ini, Anda bisa memesan kursi di bus dan travel dengan sangat praktis menggunakan aplikasi ponsel bernama Traveloka App. Dalam aplikasi tersebut, Anda bisa mencari bus dan travel yang tersedia untuk rute Anda, membandingkan harga dan kualitas antarpilihan yang tersedia, lalu langsung membeli tiketnya. Informasi yang ditampilkan Traveloka sangat jelas sehingga meminimalkan kemungkinan Anda salah memilih.

Soal tarif, Traveloka sendiri sudah sejak awal terkenal berani menawarkan harga miring. Karenanya, tarif tiket Bus & Travel di Traveloka pun sudah pasti lebih terjangkau. Anda bahkan bisa memanfaatkan promo spesial untuk membuat tarif transportasi mudik lebaran atau jalan-jalan semakin bersahabat lagi.

5. Penyedia Bus dan Travel Terjamin Berkualitas

Traveloka bekerja sama dengan lebih dari 150 perusahaan otobus populer Tanah Air. Nama-nama PO yang muncul di Traveloka adalah penyedia pilihan yang telah lama menjadi andalan masyarakat Tanah Air.

Beberapa nama penyedia yang kini bisa Anda pesan di Traveloka, antara lain: Joglosemar, Pahala Kencana, DAMRI, Efisiensi, Agra Mas, Gunung Harta, Primajasa, Lorena, Sugeng Rahayu, Bus EKA, Sempati Star, Sumber Alam, Garuda Mas, Putra Pelangi, BEJEU, Rama Sakti.

Sementara perusahaan atau agen travel yang bisa dipesan di Traveloka mencakup Cititrans, Daytrans, XTrans, Jackal Holidays. Nama-nama tersebut pastinya sudah sering Anda dengar. Kualitas layanan dan armadanya sudah terjamin berkualitas tinggi.

Kini sudah saatnya Anda memasukkan bus dan travel sebagai alternatif transportasi untuk mudik. Coba dan rasakan kenyamanan tersebut pada perjalanan pulang kampung atau liburan lebaran kali ini.

BERITA TERKAIT

Objek Wisata di Jayawijaya Tak Terdampak Kerusuhan Wamena

Sejumlah obyek wisata di Kabupaten Jayawijaya, Papua, dikabarkan aman dari dampak kerusuhan yang terjadi pada dua pekan lalu hingga menyebabkan…

Bukit Santiong, Pilihan Destinasi Paralayang di Subang

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat bersiap menjadikan kawasan wisata Bukit Santiong di Kabupaten Subang, Jawa Barat, sebagai…

Mengenal Empat Pondok 'Misterius' di Gunung Raung

Musibah kebakaran Gunung Raung, Jawa Timur, yang terjadi pada Jumat (4/10) sore menyebabkan 13 pendaki sempat terjebak. Hal ini menyebabkan…

BERITA LAINNYA DI WISATA INDONESIA

Bukti Kerajaan Sriwijaya Ada di Tepi Sungai Musi

Ramainya kabar mengenai harta karun Kerajaan Sriwijaya membuat asal usul kerajaan tersebut naik daun. Tapi tak banyak yang tahu bahwa…

Pembangunan Geopark Bangka Barat akan Dimulai

Lembaga Swadaya Masyarakat Laskar Hijau Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bersiap mewujudkan pembangunan geopark atau taman bumi di Kabupaten Bangka Barat.…

Kondisi Kawah Putih Sudah Terkendali

Objek wisata Kawah Putih Kabupaten Bandung, yang mengalami kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) sejak Senin (7/10), dinilai sudah aman untuk…