AMMDes: Satu Alat, Beragam Manfaat

Pengembangan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) telah melalui berbagai tahapan dan uji coba. Saat ini, AMMDes yang diproduksi oleh PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) mempunyai model dasar yang dilengkapi dengan flat deck dan fitur power take off (PTO).

Mesin yang digunakan pada model ini telah mengalami penyesuaian untuk mendapatkan performa yang lebih baik. Model ini dilengkapi dengan differential lock sebagai fitur pengunci differential atau gardan sehingga kedua roda belakang dapat berputar secara bersamaan untuk menambah atraksi saat melintasi jalan di medan off road dan berbukit.

Model ini juga mengaplikasikan sistem penggerak tunggal yang dirancang dengan kecepatan maksimal 30 km per jam dan kapasitas silinder engine diesel sebesar 650 cc atau setara dengan 14 HP. Kini, AMMDes-KMW telah diproduksi massal dengan pengembangan aplikasi untuk pertanian, perkebunan, perikanan, kesehatan, dan tanggap darurat bencana.

Contohnya. AMMDes yang dilengkapi dengan alat pengangkut dan distribusi komoditas pisang, telah dirasakan manfaatnya oleh Koperasi Tani Hijau di Tanggamus, Lampung. AMMDes ini dinilai lebih efektif dan murah untuk biaya transportasinya, karena bahan bakarnya tergolong irit. Bahkan, mampu mengurangi kerusakan pisang hingga 25 persen pada proses pengiriman.

Menariknya lagi, AMMDes telah dikembangkan sebagai feeder ambulans di wilayah-wilayah yang bermedan berat dan juga minim infrastruktur jalan. Fungsi ini diyakini akan mengurangi jumlah kematian ibu melahirkan di Indonesia. United States Agency for International Development (USAID) pada tahap awal telah memesan dua unit AMMDes ambulance feeder tersebut.

Selain itu, AMMDes yang dilengkapi dengan alat penjernih air, sudah dimanfaatkan di tiga wilayah yang terkena dampak gempa di Provinsi Sulawesi Tengah, beberapa waktu lalu, yakni di Kota Palu, Kabupaten Sigi, dan Kabupaten Donggala melalui bantuan lima unit dari Kementerian Perindustrian.

Oleh karenanya, Kemenperin bertekad untuk terus mendorong pengembangan teknologi AMMDes agar dapat bermanfaat secara inklusif dan berkelanjutan. Tujuan utamanya adalah meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat di pedesaan. “Kami mendorong upaya membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa yang diwujudkan melalui pendekatan untuk mengatasi ketimpangan dan mengembangkan potensi yang ada di pedesaan,” kata Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin Putu Juli Ardika.

Komponen lokal AMMDes sudah lebih dari 70 persen. “Untuk muatan penuhnya bisa mencapai 700 kg dan variasi kemiringan 20 hingga 30 derajat. AMMDes dilahirkan karena melihat infrastruktur atau jalan desa, sehingga dapat dimanfaatkan di jalan yang sangat ekstrim," papar Putu.

Di samping terbukti mampu memenuhi kebutuhan dalam negeri, AMMDes juga telah diminati oleh negara-negara lain. Hal ini ditandai dengan penandatangan Letter of Intent antara PT. Kreasi Mandiri Wintor Distributor sebagai perusahaan distribusi AMMDes-KMW dengan PT. Repindo Jagad Raya tentang rencana ekspor 10 ribu unit AMMDes hingga 2023 ke 49 negara, termasuk beberapa negara di Asia Tenggara. Presiden Direktur PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) Reiza Treistanto menjelaskan, saat ini KMWI memiliki kapasitas produksi sebanyak 3.000 unit per tahun. Rencananya perusahaan akan meningkatkan kapasitas terpasangnya menjadi 12 ribu unit per tahun di 2020.

Dilengkapi 3 spesifikasi gambar:

1. AMMDes Banana Carrier & Distributor

2. AMMDes Ambulance Feeder

3. AMMDes Water Purifer

BERITA TERKAIT

Ekonomi Kreatif Bantu Tekan Angka Kemiskinan Palembang Satu Digit

Ekonomi Kreatif Bantu Tekan Angka Kemiskinan Palembang Satu Digit NERACA Palembang - Sektor ekonomi kreatif dengan 15 subsektornya diharapkan Pemerintah…

Transportasi Massal Gunakan Satu Kartu Bank

Pengoperasian uji coba LRT di Rawamangun, Jakarta, harusnya bersamaan dengan uji coba pelaksanaan pembayaran kartu bank seperti e-money, flash, Brizzi…

KPU SERAHKAN ALAT BUKTI KE MK

Ketua KPU Arief Budiman (kiri), Komisioner KPU Hasyim Asyari (kedua kiri), Evi Novida Ginting Manik (ketiga kiri), dan Ilham Saputra…

BERITA LAINNYA DI OTOMOTIF

BMW Rilis Seri 8 Coupe Dalam Bentuk Dua Versi

BMW Indonesia meluncurkan mobil sport Seri 8 Coupe terbaru dalam bentuk dua versi yang dijual dengan harga Rp3,4 miliar untuk…

Mazda Perkenalkan CX-3 GT Sport Nav Plus untuk Inggris

Mazda memperkenalkan mobil CX-3 edisi terbatas dengan mesin 2.0 liter yang hanya diproduksi 500 unit untuk pasar Inggris. Eksekutif Mazda…

Renault Kenalkan Tiga Purwarupa Mobil Listrik

Grup otomotif Prancis, Renault, memperkenalkan tiga prototipe (purwarupa) mobil listrik yang digadang-gadang menjadi solusi mobilitas di masa depan. Mobil pertama…