Bupati Serang: Pendamping Kunci Sukses PKH

Bupati Serang: Pendamping Kunci Sukses PKH

NERACA

Serang - Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah menyatakan para pendamping program keluarga harapan (PKH) merupakan kunci sukses program dari pemerintah pusat yang selama ini telah membantu meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM) di daerah itu.

"Keberhasilan PKH di Serang tidak terlepas dari peran aktif dari para pendampingnya, karena itu mereka perlu mendapatkan apresiasi dari pemerintah daerah," kata dia usai memberikan bantuan kendaraan operasional bagi pendamping PKH di Serang, Banten, dikutip dari Antara, kemarin.

Sebagai bentuk apresiasi, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah memberikan bantuan khusus berupa kendaran bermotor untuk 114 pendampingi PKH yang tersebar di 29 kecamatan.

Bantuan tersebut diberikan secara bertahap sejak 2017, dan terdapat tambahan pendamping tahun 2018 yang kemudian diberikan tambahan kendaraan operasional pada 2019.

Menurut Tatu, pendamping PKH telah membantu pemerintah pusat dan daerah dalam meningkatkan pelayanan kesehatan dan pendidikan terhadap masyarakat tidak mampu.

“Pendamping PKH seperti kader posyandu, merupakan garda terdepan dalam pemantauan dan fasilitasi kesehatan rumah tangga sangat miskin. Juga memastikan keluarga miskin menerima bantuan pendidikan dan kesehatan dari pemerintah,” ujar dia.

Tatu menilai, para pendampingi PKH memiliki wilayah pelayanan yang cukup beragam. Terutama untuk wilayah pelosok, diperlukan kendaraan operasional yang baik.

“Kami berharap, bantuan ini bisa memotivasi sekaligus meningkatkan kinerja para pendamping PKH. Terima kasih dan mari terus tingkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Serang,” kata Tatu.

Menurut survei BPS, penduduk miskin Kabupaten Serang pada 2017 berjumlah 69,11 ribu orang (4,63 persen), menurun pada 2018 berjumlah 64,46 ribu orang atau 4,30 persen dari total penduduk.

Penduduk miskin berkurang sebanyak 4.649 orang (0,33 persen). Secara persentase, penduduk miskin Kabupaten Serang sebesar 4,30 persen pada 2018 berada di peringkat ketiga terendah dibandingkan delapan/kabupaten kota di Banten.

Sementara angka rata- rata lama sekolah warga Kabupaten Serang pada tahun 2016 sebesar 6,98 tahun. Meningkat menjadi 7,17 tahun pada tahun 2017. Peningkatan sebesar 0,19 sebagai angka tertinggi di wilayah Provinsi Banten bersama-sama dengan Kota Tangerang Selatan.

Selanjutnya, IPM Kabupaten Serang 2016 sebesar 65,12 poin, meningkat pada 2017 menjadi 65,60 poin. Dengan besaran sebesar 0,48 poin, peningkatan IPM Kabupaten Serang terbesar ketiga setelah Kabupaten Tangerang dan Tangerang Selatan.

Kepala Dinsos Kabupaten Serang Saepudin menilai, bantuan kendaraan untuk pendamping PKH merupakan gagasan langsung Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah.“Ini bukti sinergi Pemkab Serang dengan Pemerintah Pusat bersama para pendamping PKH dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Saepudin. Ant

BERITA TERKAIT

Sejumlah Brand Sukses Jadi Yang Pertama

    NERACA   Jakarta – Tras N Co Indonesia bekerjasama dengan Infobrand.id menghadirkan penghargaan kepada sejumlah brand yang terbukti…

KPK Tetapkan Bupati Solok Selatan Tersangka

KPK Tetapkan Bupati Solok Selatan Tersangka   NERACA Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria sebagai…

Pemkab Serang Targetkan 2020 Tidak Ada Sekolah Rusak

Pemkab Serang Targetkan 2020 Tidak Ada Sekolah Rusak   NERACA Serang - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang, terus melakukan perbaikan sekolah maupun…

BERITA LAINNYA DI EKONOMI DAERAH

Pemprov Banten Gelar Pasar Murah Stabilkan Harga Bahan Pokok

Pemprov Banten Gelar Pasar Murah Stabilkan Harga Bahan Pokok  NERACA Serang - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten melalui Dinas Perindustrian dan…

Pemkot Sukabumi Gelar Penyuluhan Produk Hukum Kepada Masyarakat

Pemkot Sukabumi Gelar Penyuluhan Produk Hukum Kepada Masyarakat NERACA Sukabumi - Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi melalui bagian hukum lakukan penyuluhan…

Pemprov Jabar Siapkan Pembentukan 12 Daerah Otonomi Baru

Pemprov Jabar Siapkan Pembentukan 12 Daerah Otonomi Baru NERACA Bandung - Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan Pemerintah…