Ragam Atraksi Wisata di Pantai Bido

Menghabiskan waktu di pantai sembari menikmati suara debur ombak, desir angin, dan limpahan sinar mentari yang tidak ada habisnya adalah salah satu kemewahan yang dimiliki oleh Indonesia.

Hal itu belum ditambah atraksi wisata lain seperti spot berselancar, menyelam, snorkeling, dan memancing. Salah satu tempat yang menyediakan ini semua adalah Pantai Bido di Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara (Malut).

Objek wisata yang berhadapan langsung dengan samudera pasifik itu memiliki ketinggian gelombang hingga tiga meter, bahkan musim tertentu bisa mencapai di atas itu dengan karakteristik gelombang yang disebut-sebut sebagai salah satu terbaik di Indonesia untuk berselancar.

Banyak wisatawan asing baik dari dalam maupun luar negeri yang kini berkunjung ke objek wisata Pantai Bido untuk menikmati kepuasan berselancar, bahkan tidak sedikit ada yang datang langsung ke luar negeri dengan menggunakan kapal pesiar kecil dikutip dari Antara.

Berkunjung ke objek wisata Pantai Bido, tidak hanya menikmati kepuasan berselancar, tetapi juga disuguhkan dengan pantai pasir putih.

Duduk di atas pasir pada pagi hari sambil menyaksikan terbitnya matahari di ufuk timur serta mendengarkan alam berupa deburan gelombang di pantai, merupakan momen yang selalu tidak pernah dilupakan setiap wisatawan yang berkunjung objek wisata Pantai Bido itu.

Perairan sekitar objek wisata yang menjadi andalan Pemkab Pulau Morotai untuk menarik wisatawan itu, juga memiliki panorama bawah laut yang sangat indah, baik dari segi keragaman terumbu karang maupun jenis ikannya.

Di kawasan itu, yang bisa disaksikan bukan hanya terumbu karang dan ikan, tetapi juga puing-puing pesawat tempur dan ranjau laut peninggalan Perang Dunia II, karena saat itu, Pulau Morotai merupakan pangkalan militer Sekutu saat menghadapi Jepang.

Jika ingin memancing, perairan di sekitar objek wisata Pantai Bido menawarkan kenikmatan memancing yang sulit didapatkan di daerah lain, karena perairan itu bisa didapatkan ikan tuna strip kuning dengan berat sampai di atas 100 kg.

Di kawasan objek wisata Pantai Bido, ada pula jenis kelapa khas dengan nama kelapa Bido yang dewasa ini banyak diminati baik dalam maupun luar negeri, karena selain rasanya lezat juga produksinya tinggi yakni dalam satu tandan bisa mencapai di atas 20 buah.

Untuk mencapai objek wisata Pulau Bido, dapat ditempuh dengan menggunakan transportasi udara melalui Ternate, kemudian melanjutkan ke Daruba selanjutnya menggunakan mobil menuju objek wisata itu.

Sementara itu, untuk akomodasi di Kota Daruba terdapat banyak hotel dan penginapan dengan tarif cukup murah.

Di kabupaten perbatasan itu, bisa dinikmati objek wisata menarik lainnya seperti Pulau Dodola, objek wisata Galo-Galo, gua tempat persembunyian tentara Jepang dan tempat permandian Panglima Sekutu Jenderal Mc Arthur dan berbagai peninggalan Perang Dunia II.

BERITA TERKAIT

Tips Wisata Kala Berpuasa

Berwisata kerap diidentikkan dengan aktivitas bersenang-senang yang pada akhirnya menguras tenaga dan stamina. Tak heran jika banyak orang yang cenderung…

Masjid Lancip, Objek Wisata Religi di Kalimantan Selatan

Kabupaten Hulu Sungai Utara, Provinsi Kalimantan Selatan, memiliki banyak obyek wisata religi dan sarat nilai sejarah. Salah satunya Masjid As…

Pemerintah Diminta Percepat Kebijakan Wisata Alam

Pemerintah Diminta Percepat Kebijakan Wisata Alam NERACA Jakarta - Pemerintah perlu mempercepat pelaksanaan kebijakan terkait kegiatan wisata alam dan petualangan…

BERITA LAINNYA DI WISATA INDONESIA

Eksplorasi Khazanah Cirebon dan Kuningan

Sebagai orang yang akrab dengan iklim pesisir Pantai Utara Jawa (Pantura), memilih tempat berlibur di kawasan yang nyaris serupa nampaknya…

Tips Wisata Kala Berpuasa

Berwisata kerap diidentikkan dengan aktivitas bersenang-senang yang pada akhirnya menguras tenaga dan stamina. Tak heran jika banyak orang yang cenderung…

Masjid Lancip, Objek Wisata Religi di Kalimantan Selatan

Kabupaten Hulu Sungai Utara, Provinsi Kalimantan Selatan, memiliki banyak obyek wisata religi dan sarat nilai sejarah. Salah satunya Masjid As…