Kreasi Taman Kecil Nan Cantik

Bila kita mempunyai halaman rumah yang sedikit atau agak sempit, biasanya kita cenderung untuk membiarkannya apa adanya atau hanya mengisinya dengan pot-pot tanaman hias saja. Sebenarnya kita bisa merubah pandangan yang demikian dengan cara menata ulang sedemikian rupa agar halaman yang sempit tersebut bisa terlihat indah dan luas. Hal tersebut bisa kita wujudkan dengan menata halaman kita yang sempit tersebut dengan cara-cara yang mudah untuk dilakukan. Ratna Listy memberikan tips-nya untuk Anda.

Tata dahulu bentuk permukaan tanahnya dengan bentuk tatanan datar dan ada yang membukit. Pada bagian yang membukit usahakan tidak terlalu tinggi (kira-kira maksimal 50 cm tingginya) lalu tutuplah sebagian besar tanah tersebut dengan rumput yang pendek dan tebal. Sisakan beberapa tempat atau deret yang tetap terbuka permukaannya untuk kita tanami dengan tanaman hias atau bunga. Halaman Ratna Listy sangat menarik dengan beberapa tumbuhan di bagian terasnya sehingga menyajikan kesan natural.

Usahakan menanam tanaman hias atau bunga tersebut pada bagian sisi pinggir halaman kita. Untuk variasi atau jenis tanaman terserah selera kita masing-masing. Seleb bermata indah ini menanam cabai, sayuran kesukaannya. "Kalau tidak ada cabai, rasanya makanan kurang lengkap. Saya suka sekali makanan pedas, karena itu saya menanam bibit cabai sendiri di rumah, hehehe," gelak Ratna.

Untuk bagian tanah yang membukit, tanamilah dengan tanaman hias yang tidak begitu tinggi. Jadi intinya seluruh tananman hias yang kita tanam adalah tanaman hias dengan jenis yang tidak tinggi atau yang pendek-pendek saja. Kembali pada tanaman di bagian tanah yang membukit, bila tanaman tersebut tumbuh meninggi segerahlah kita pangkas ujung-ujungnya. Jika Anda nyaman, usahakan untuk tidak memasang pagar yang terlalu tinggi sehingga taman jadi terlihat sempit. Biarkan halaman Anda tanpa pagar atau setidaknya, buat pagar hidup dari tanaman tertentu.

Bila kita berkeinginan untuk membuat kolam ikan, buatlah degan bentuk seperti benang yang menjuntai, jadi tidak berbentuk bulat atau lebar. Bentuklah dengan mengikuti alur batas pinggir halaman secara memanjang tetapi tetap mempunyai bentuk atau penampilan yang artistik/menarik. Setelah taman kita telah terbentuk atau jadi, maka taman kita di lahan sempit tersebut akan terlihat indah, bersih dan luas.

Semoga tips dari Ratna Listy tersebut bisa menata dan merehab halaman sempit untuk menjadi taman yang indah dan enak dinikmati. Selamat mencoba!

Related posts