Varian All New Honda Brio Mulai Diekspor ke Pasar Filipina

PT Honda Prospect Motor mulai mengirimkan All New Honda Brio dari pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, untuk diekspor ke Filipina. Selain ke Filipina, HPM juga berencana mengekspor Honda Brio ke Vietnam pada 2019. Completely Built Up (CBU) Honda Freed telah diekspor ke sejumlah negara ASEAN.

"Honda Brio adalah model spesial karena dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang spesifik di Indonesia dan Asia," kata Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor Takehiro Watanabe sebagaimana disalin dari laman Antara. "Setelah mendapat sambutan luar biasa di pasar domestik, kami yakin All New Honda Brio yang diproduksi di Indonesia juga akan sukses di negara lain di kawasan," katanya.

Sebelum Honda Brio, HPM telah mengekspor mobil Completely Built Up (CBU) Honda Freed ke beberapa negara ASEAN seperti Thailand, Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam sejak 2009 hingga 2014.

HPM juga mengekspor komponen mobil sejak 1992 ke berbagai negara seperti Jepang, Thailand, Malaysia, dan negara lainnya. Model ekspor All New Honda Brio diproduksi di pabrik HPM Karawang, Jawa Barat. Seremonial produksi pertama telah dilakukan di pabrik HPM Karawang pada Maret 2019 yang dihadiri Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Chief Officer Operasi Regional (Asia & Oseania) Honda Motor Co., Ltd., dan Presiden & CEO Asian Honda Motor Co., Ltd., Masayuki Igarashi.

Honda Brio pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada 2012. Pada 2013, HPM mengenalkan Honda Brio Satya yang mendukung program LCGC. Model Brio Satya sangat diterima para pelanggan di Indonesia dengan lebih dari 280 ribu unit penjualan dan 32 penghargaan bergengsi sampai sekarang.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto turut menghadiri seremoni PT HPM Export Production Line Off dan Peringatan Ultah ke-20 PT HPM di Pabrik Honda Prospect Motor Karawang, Jawa Barat.

"Ekspor perdana All New Brio pada 2019 direncanakan ke Filipina dan Vietnam dengan nilai ekspor mencapai Rp1 triliun dengan tingkat komponen dalam negeri mencapai 89 persen," kata Menteri Airlangga dalam sambutannya.

Airlangga menjelaskan PT HPM sejak 2013 telah melakukan ekspor mobil CKD (tidak dalam bentuk utuh/harus dirakit) untuk 11 model kendaraan bermotor roda empat merek Honda ke 12 negara tujuan ekspor di Asia dan Amerika.

Sampai 2018, nilai ekspor PT HPM mencapai Rp12 triliun dan ditargetkan mencapai Rp25,5 triliun pada 2021. Total produksi akumulasi dari HPM hingga kini mencapai 1,3 juta unit kendaraan.

Investasi PT HPM di Indonesia pada 2019 telah mencapai Rp4,2 triliun. Saat ini perusahaan telah memiliki dua pabrik yang mampu meningkatkan mencapai 200.000 unit per tahun dan menyerap tenaga kerja sekitar 6.900 orang.

Selain dalam bentuk CKD, PT HPM juga melakukan ekspor kendaraan bermotor dalam bentuk CBU (diekspor dalam keadaan utuh) yaitu Honda Freed yang diprodujsu di Pabrik Karawang tahun 2011-2014 ke Thailand dan Malaysia. Dukungan Kemenperin ini merupakan upaya terciptanya penambahan investasi baru maupun perluasan untuk merealisasikan target produksi 1,5 juta unit kendaraan pada 2020.

Dalam kesempatan yang sama, Chief Operating Officer for Regional Operations (Asia and Oceania) Honda Motor, Masayuki Igarashi, mengatakan Indonesia telah menjadi pasar yang penting untuk bisnis Honda dan menjadi kontributor utama dalam penjualan di wilayah Asia dan Oseania. "Untuk mewujudkan komitmen kami terhadap pasar Indonesia, kami telah meningkatkan investasi melalui pengembangan berbagai fasilitas," kata Masayuki.

BERITA TERKAIT

Antisipasi Perang Dagang AS-China, Harga Tesla Bakal Naik Dua Kali

Manufaktur kendaraan listrik asal Palo Alto, Amerika Serikat, Tesla bakal menaikkan harga produknya di China, kenaikan pertama akan dilakukan pada…

Januari-Juli 2019, Suzuki Ekspor 37.295 Mobil

Suzuki Indonesia mengekspor 37.295 mobil pada periode Januari hingga Juli 2019, dengan All New Ertiga sebagai produk utama sebanyak 14.865…

Produksi Sepeda Motor Ditargetkan 10 Juta Unit di 2025

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menegaskan, pemerintah terus berupaya mempercepat pertumbuhan industri sepeda motor listrik di dalam negeri. Upaya ini selaras…

BERITA LAINNYA DI OTOMOTIF

Kendaraan e-AMMDes Diciptakan Dengan Teknologi Elektrik

Kementerian Perindustrian melakukan kerja sama dengan Institut Teknologi Bandung, Astra Otoparts, dan PT. Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) untuk mendorong…

All New Nissan Juke Generasi Terbaru Akan Hadir di Pasar Eropa

All New Nissan Juke generasi terbaru akan tiba untuk menyapa penggemarnya di Eropa, setelah hampir satu dekade menunggu perubahan terbaru…

Hyundai Kona Dapat Skor Tertinggi TXI Study 2019

  Hyundai Kona mendapat skor tertinggi dari J.D Power Tech Experience Index (TXI) Study 2019, Amerika Serikat (AS) atas kepuasan…