Agen Sambut Baik Turunnya Harga Tiket

Sejumlah agen perjalanan di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, menyambut gembira kebijakan Pemerintah Pusat yang telah mengeluarkan aturan baru terkait penurunan harga tiket pesawat terbang domestik pertanggal 1 April 2019.

Agen Biro Perjalanan Samarinda, Sri Lestari, mengatakan dalam kurun tiga bulan terakhir bisnis perjalanan mengalami penurunan drastis, karena kenaikan harga tiket pesawat dan ditambah penerapan aturan beberapa Maskapai bagasi berbayar. "Kalau memang ada aturan turun, tentu kami sangat senang, pasalnya jangkauan konsumen kami rata- rata menengah kebawah, sehingga ketika harga tiket naik, sudah pasti bisnis akan sepi," kata Sri kepada awak media di Samarinda.

Dia mempunyai beberapa gerai biro perjalanan di Samarinda dan mengatakan pada saat harga tiket masih wajar, usaha yang dilakoninya mampu menjual ratusan tiket penerbangan dalam tempo satu bulan. "Tapi dalam tiga bulan terakhir, memang sangat sepi, khususnya untuk perjalanan melalui Bandara Sepinggan, Balikpapan," katanya.

Kondisi yang sama juga dirasakan oleh jasa transortasi Bandara khususnya yang melayani rute Samarinda- Balikpapan. "Hari biasa kami selalu bisa dapat penumpang, namun saat sepi saat ini terkadang kami bisa pulang hingga malam, karena memang penumpang lagi sepi," kata Gatot supir taksi Bandara Sepinggan.

Gatot mengatakan lega mendengar kabar bakal turunnya harga tiket pesawat, karena dia berharap imbasnya bisa menambah lonjakan penumpang pesawat udara.

Pemerintah Pusat melalui Permenhub Nomor 20 tahun 2019 telah mengubah aturan tarif batas bawah Penerbangan Domestik ekonomi menjadi 35 persen dari tarif batas atas. Sebelumnya, tarif batas bawah hanya 30 persen dari tarif batas atas. Aturan ini, mulai berlaku pada 1 April 2019.

Fakta di lapangan, harga tiket online pertanggal 1 April 2019 belum terjadi penurunan. Justru sejumlah rute seperti Samarinda-Banjarmasin yang biasanya dibandrol Rp630 ribu, malah naik beberapa puluh ribu.

Sementara Maskapai Garuda Indonesia menetapkan mulai 1 April harga tiket pesawat Garuda dari dan ke Ambon mengalami penurunan dari sebelumnya mencapai Rp3 juta hingga Rp4 juta menjadi Rp2,6 jutaan. "Garuda telah menyesuaikan tarifnya sesuai dengan harapan pemerintah yakni Permenhub Nomor 20 Tahun 2019 dengan turunan Keputusan Menteri (Kepmen) Nomor 72 Tahun 2019," kata General Manager PT Garuda Indonesia cabang Ambon, Karyadi kepada Antara.

Ia mengatakan, dalam aturan disebutkan, batas bawah tiket pesawat ditetapkan sebesar 35 persen dari tarif batas atas.

Karyadi mengakui, selaku maskapai penerbangan Full Service Carier (FSC), pihaknya menyesuaikan aturan yang ditetapkan pemerintah. "Prinsipnya pada kondisi normal kami menyesuaikan TBA dan TBB yakni tidak melebihi ketentuan pemerintah, tetapi hal tersebut tidak berlaku saat "high season" seperti hari raya, liburan sekolah dan lainnya," ujarnya.

Selain mendukung aturan pemerintah, Garuda lanjutnya juga mulai 1 April - 13 Mei 2019 memberikan potongan harga hingga 50 persen sebagai bentuk dukungan HUT BUMN.

Promo potongan harga tiket penerbangan dikemas dalam Garuda Indonesia Online Travel Festival untuk channel penjualan Online Travel Agent (OTA), aplikasi mobile apps, Linkaja, hingga situs resmi maskapai. "Potongan harga tiket hingga 50 persen merupakan program reguler, kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik, dengan merencanakan perjalanan jauh hari dengan melakukan pembelian tiket melalui chanel online Garuda Indonesia

Pihaknya berharap, adanya potongan harga dan tarif yang lebih rendah ini dapat mengakomodir kepentingan pemerintah dan seluruh masyarakat pengguna penerbangan termasuk pelaku pariwisata akan dibuat secara reguler.

Upaya ini merupakan bagian dari dukungan Garuda bagi seluruh masyarakat dalam menunjang pergerakan perekonomian nasional khususnya sektor pariwisata, mengingat layanan transportasi udara memegang peranan penting dalam menunjang pertumbuhan infrastruktur perekonomian. (ant)

BERITA TERKAIT

Pemprov Banten Gelar Pasar Murah Stabilkan Harga Bahan Pokok

Pemprov Banten Gelar Pasar Murah Stabilkan Harga Bahan Pokok  NERACA Serang - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten melalui Dinas Perindustrian dan…

Sambut Libur Lebaran, BTN Siapkan Dana Tunai Rp 14,58 Triliun

Melayani kebutuhan dana tunai bagi nasabah menjelang dan sesudah Hari Raya Idul Fitri 1440 H, PT Bank Tabungan Negara (Persero)…

HARGA BAWANG MERAH ANJLOK

Pekerja menata karung berisi bawang merah di pusat perdagangan bawang komplek pasar Legi Parakan, Temanggung, Jawa Tengah Selasa (21/5/2019). Sejumlah…

BERITA LAINNYA DI BISNIS INDONESIA

Ayo, Menjajal Rute Mudik

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Kepolisian Republik Indonesia sebagai pihak yang bertanggungjawab langsung untuk mencegah kemacetan telah mempersiapkan sejumlah langkah. Salah…

Mengintip Tol Sumut Yang Manjakan Pemudik

Belum lengkap rasanya jika menyambut Hari Raya Idul Fitri tanpa mudik Lebaran. Untuk tahun ini, para pemudik terutama yang melintas…

Kesiapan Jalur Mudik Lintas Timur Sumatera

Kerusakan Jalan Lintas Timur, tepatnya di perbatasan dua provinsi Sumatera Selatan dan Jambi, di Kecamatan Bayung Lincir, Kabupaten Musi Banyuasin,…