CSR Telkom Untuk UMKM Manado Rp15,3 M

NERACA

Manado--PT Telkom Manado menargetkan penyaluran dana tanggung jawab sosial perusahaan sebesar Rp2,5 miliar pada 2012 kepada masyarakat di wilayah kerjanya. "Bila CSR 2012 mampu tersalur seluruhnya, total yang sudah direalisasikan Telkom untuk masyarakat Sulut akan mencapai Rp17,8 miliar," kata Kepala PT Telkom Manado Aristo Pangaribuan di Manado, Selasa.

Aristo mengatakan, hingga 2011, Telkom telah menyalurkan dana tersebut sebesar Rp15,3 miliar. Salah satu sasaran penyaluran CSR Telkom, kata Aristo, adalah untuk membantu pemberdayaan usaha mikro kecil menengah(UMKM) di daerah ini. "Pemberdayaan UMKM untuk 2012 diawali dengan pelatihan kepada mitra binaan agar mereka dapat memanfaatkan bantuan Telkom tersebut dengan baik dan mampu mendorong berkembangnya sektor riil," tambahnya

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulut, Robby Assah mengatakan, kepedulian Telkom yang terus menerus memberdayakan UMKM harus dicontoh BUMN lainnya. "BUMN agar menyalurkan dana CSR guna memberdayakan UMKM yang jumlahnya cukup banyak di Sulut," kata Robby.

Kepada pelaku usaha UMKM, Robby mengatakan, pentingnya motivasi yang kuat agar mampu menjalan usaha dengan baik. "Dalam memulai suatu usaha yang paling penting adalah motivasinya dulu, biar tanpa modal, kalau motivasi kuat, pasti usahanya akhirnya mampu berjalan," kata Robby.

Motivasi akan membuat orang mampu berpikir, termasuk mau mendapatkan modal dari mana, apalagi kalau dibarengi kejujuran pelaku usaha kecil, karena modal kepercayaan juga sangat penting, katanya. "Meminjam uang di bank yang paling utama kepercayaan, kalau bank tidak percaya pasti modal sulit diperoleh, bila bank sudah percaya maka soal modal tidak menjadi masalah," kata Robby. **cahyo

Related posts