Ruangan multifungsi ala Ratna Listy





Rumah Ratna Listy tergolong cluster yang termasuk ukuran sedang. Luas tanahnya sekitar 180 meter persegi, sementara luas bangunan 2 lantai mencapai 215 meter persegi. Namun dengan penataan yang baik bisa membuatnya terlihat lega.

Dalam merenovasi rumahnya, Ratna banyak membaca ide lewat buku maupun internet. "Seperti kamar mandi, misalnya. Saya baca di salah satu buku bahwa di bawah tangga bisa difungsikan sebagai ruang kamar mandi dengan level yang lebih bawah dari level ruangan sebelumnya. Maka saya buat kamar mandi gaya serupa. Pintunya dibuat berpori agar tidak terlalu lembap," jelasnya.

Lalu perabotan yang berfungsi outfit dengan tempat juga dipilihnya bahkan dibuat secara custom alias buat sendiri sehingga interiornya pas dengan ruangan.

Seperti buffet pada ruang keluarga. Perabotan ini dikhususkan untuk menaruh buku-buku serta benda penting seperti piala penghargaan. "Lemari ini buat sendiri dan tingginya menyentuh langit-langit. Pintu-pintu kecilnya juga kedap sehingga tak banyak udara yang masuk. Karena kan banyak buku-buku sebagai aset berharga. Takutnya cepat dimakan rayap atau berjamur sebab tingkat kelembapan di area Cibubur ini cukup tinggi," tutur Ratna.

Demikian juga dengan lemari tempat menyimpan busana, aksesoris, sepatu dan tas yang dimiliki oleh Ratna. Lebar lemari tersebut dibuat persis selebar dinding pada sandarannya, juga menyentuh langit-langit. Ia termasuk yang telaten dalam merawat kostum panggungnya. Setiap busana disimpan lengkap bersama penutup dan diberi wewangian lemari agar tidak berbau apek. "Saya juga memilih furniture dari bahan-bahan berkualitas seperti kayu jati sehingga tak mudah rusak atau dimakan rayap," imbuhnya.

Selain itu, beberapa ruang juga memakai sliding door atau pintu bergeser. Hal ini sesuai dengan kaidah penggunaan material bagi rumah mungil - sedang, seperti ruang mushola, misalnya. "Sliding door-nya bahkan ada hiasan sticker yang ditempelkan anak-anak saya, hehehe," gelak Ratna kegelian.

Untuk memfungsigandakan kamar anak-anaknya, Ratna memilih tempat tidur bersusun dua dengan tangga. "Terkadang anak-anak masih tidur dengan orangtuanya. Jadi, kalau ada tamu datang, mereka bisa menggunakan kamar anak-anak. Begitu pula jika teman mereka menginap," tukas Ratna. Baginya, memilih furnitur sama pentingnya agar tatanan ruang bisa fungsional dan tertata dengan baik.

Ratna juga memberikan space khusus dalam rumahnya untuk digunakan sebagai kantor suami serta bisnisnya. Di ruang kerja suami dibuat se-simple mungkin agar tidak terjadi berantakan maupun kehilangan berkas. "Ruang kerja suami juga letaknya dekat dengan kamar tidur pribadi di bagian atas dan menghadap ke balkon. Jadi bisa memandang kearah luar untuk melihat taman-taman yang hijau," jelas Ratna. Sementara ruangan bagi bisnis kecantikannya bisa dia tempatkan di mana saja asalkan tetap tertata rapi. "Saya berjualan masker dari lumpur Laut Mati. Barang ini impor dari Yordania. Sebenarnya bisnis ini tidak perlu ruangan khusus sebab penjualannya dari mulut ke mulut hingga online internet. Jadi, ketika ada yang berminat, barang baru dikirim. Paling hanya stock barang saya tumpuk di ruangan khusus agar tidak mengganggu area lain, khususnya area keluarga," jelasnya lagi.

Dengan penggunaan furnitur yang tepat dan ruangan yang multifungsi ala Ratna Listy, kondisi rumah bisa diatur dengan baik sehingga tetap nyaman bagi keluarga.

Ratna juga memberikan perhatian khusus terhadap furnitur-furnitur di rumahnya. Bila dalam lemari pakaian, Ia menaruh pewangi khusus agar dalam lemari tidak berbau apek, jika di buffet buku, Ia menaruh kapur barus. Demikian juga dalam kloset, wangi dan harum berkat pewangi kloset. "Walaupun ruangan tidak terlalu 'wah', tetapi jika bersih tetaplah terlihat indah," imbuh perempuan lembut ini.

Related posts