Resensi Buku : - Working The Crowd: Social Media Marketing for Business

Neraca
Terlibat dalam dunia digital memungkinkan kita memecahkan masalah bisnis yang spesifik, dengan menghubungkan lebih efektif dengan pelanggan, atau untuk mendengarkan tantangan mereka.
 
Mengetahui apa tantangan yang ingin Anda atasi, pada dasarnya  membantu mengatur bagian pertama dari gerakan strategi Anda. Di sisi lain memiliki rencana yang jelas akan sangat membantu menuntun Anda dalam melangkah ke depan.
 
Melibatkan dengan media sosial seperti Facebook, YouTube, dan Twitter sekarang menjadi bagian penting dari komunikasi bisnis global. Blog, microblogs, jejaring sosial dan situs berita sosial telah menjadi alat baru pemasaran dan penjualan yang efektif. Buku yang ditulis Eileen Brown ini bisa menjadi sumber yang bagus untuk siapa pun dalam merencanakan strategi media sosial atau kampanye individu.
 
Ditulis dalam format yang mudah dibaca, buku ini menyoroti konsep-konsep penting media social seperti bagaimana menghubungkan antara reputasi dan koneksi, relationship dan engagement, hingga bagaimana cara membuat suatu pesan memiliki gaung yang besar.
 
Selain itu, membahas tentang hal-hal yang mungkin saja di luar pengamatan kita secara awam namun memiliki implikasi yang cukup penting.
 
Salah satunya adalah tetang konsep pseudonyms dan anonymous dalam media social. Dua hal ini, sempat menjadi perdebatan public setelah Google melarang penggunakan nama samara atau tanpa nama pada akun Googlenya. Di sini Eileen memberikan beberapa ilustrasi keberhasilan dan kegagalan penggunaan pseudonim sehingga pembaca seakan diberi alternatif untuk memilih mana yang lebih baik.
 
Di akhir setiap bab penulis memberikan ringkasan dalam bentuk daftar poin-poin. Penulis membahas berbagai pilihan topik media sosial, termasuk bagaimana media sosial bekerja, evaluasi singkat tentang tools dan situs, bagaimana menemukan audiens Anda dan membangun kehadiran Anda melalui influencer - hub dan router, penggunaan metrik, serta bagaimana menciptakan buzz,  kampanye dan strategi untuk mencapai di luar jaringan Anda.
 
Menurut Eileen, saat ini sudah terlalu banyak orang yang melibatkan diri dalam Internet. Mereka  berinteraksi satu sama lain secara sosial, atas dasar rasa saling percaya dan komunal. Fenomena ini membuat ledakan interaktivitas  dan keterkaitan digital menjadi begitu kuat.
 
Dalam situasi ini, jika jaringan social dan dengan demikian media social yang menjadi jantung koneksi ini berhasil bila mampu menciptakan, memelihara dan menumbuhkan interaksi yang berharga. Jika itu berhasil, jaringan dan dengan demikian bisnis Anda dapat bertumbuh dan berkembang. Artinya, perusahaan yang memiliki strategi keterlibatan sosial yang efektif, dengan implementasi perencanaan yang  dikelola berdasarkan skala waktu dan terstruktur, akan mampu menemukan pelanggan mereka, mengidentifikasi siapa penggerak dan shaker, dan terhubung secara efektif dengan mereka.
 
Buku ini memang diharapkan dapat menarik pemula. Atau mungkin departemen-departemen teknis di luar pemasaran yang mencari pemahaman tentang media social yang kini sedang hype . Juga pemasar online  berpengalaman namun ingin memperdalam pengetahuan mereka untuk mengkonfirmasi asumsi dan hipotesis yang selama ini mereka bangun.
 
Menurut saya, buku ini merupakan karya terbaik ketika menggambarkan langkah-langkah spesifik sekitar topik tertentu, karena dalam buku ini penulis berhasil menggambarkan beberapa kasus dan menyampaikan pengalaman pribadinya. Banyak contoh dalam buku ini, seperti Dell, Starbucks, Farmville dan NASA, yang disajikan.
 
Kasus-kasus tersebut menawarkan cerita menarik dari suatu keberhasilan dan kegagalan. Bahkan, diskusi tentang beberapa masalah di media sosial yang tidak biasa dalam buku bisnis menjadikan bagian-bagian dari buku menjadi lebih menarik.
 
Di sisi lain, penulis memang sempat terjebak ke dalam beberapa generalisasi, pengulangan dan beberapa pernyataan yang tidak didukung dengan fakta yang lebih meyakinkan. Tapi ketika Anda berpikir bahkan jangkauan pembahasan topik masih terlalu mendasar, penulis berusaha membangun di atas dasar umum dan menambah tingkat yang lebih tinggi dengan menampilkan saran, informasi dan contoh-contoh ilustrasi.
 
Bagaimanapun secara keseluruhan buku ini memberikan wawasan kepada pembacanya tentang sebuah paradigma bahwa penggunaan media sosial untuk kegiatan membangun jejaring bisnis tergantung pada tujuan dan titik awal perusahaan.

BERITA TERKAIT

Love The Coopers: Kejutan untuk Klan Cooper

Film komedi barat berjudul “Love The Coopers” ini merupakan film yang berceritakan mengenai empat generasi dari klan Cooper yang datang…

Wujudkan Impian dengan Zikir 99 Asmaul Husna

Menurut etimologi,  Asmaul Husna berasal dari kata Al Asma dan Al Husna, yang artinya nama-nama yang indah. Secara istilah Asmaul…

Pride and Prejudice and Zombies

Pride and Prejudice and Zombies adalah salah satu film horor arahan arahan sutradara Burr Steers yang rilis di awal tahun…

BERITA LAINNYA DI

Love The Coopers: Kejutan untuk Klan Cooper

Film komedi barat berjudul “Love The Coopers” ini merupakan film yang berceritakan mengenai empat generasi dari klan Cooper yang datang…

Wujudkan Impian dengan Zikir 99 Asmaul Husna

Menurut etimologi,  Asmaul Husna berasal dari kata Al Asma dan Al Husna, yang artinya nama-nama yang indah. Secara istilah Asmaul…

Pride and Prejudice and Zombies

Pride and Prejudice and Zombies adalah salah satu film horor arahan arahan sutradara Burr Steers yang rilis di awal tahun…