Tertarik Dengan Investasi Sukuk Ritel SR-004

NERACA

Pemerintah baru-baru ini mengeluarkan sukuk ritel seri SR-004 dengan imbal hasil yang ditawarkan sebesar 6,25%. Penawaran sukuk dilakukan mulai 5-16 Maret 2012. Ini menjadi banyaknya jenis investasi di pasar modal.

Sukuk ritel SR-004 ini akan memiliki jangka waktu tiga tahun dengan tanggal jatuh tempo 21 September 2015. Instrumen investasi ini berakad ijarah asset to be leased. Pemerintah menginginkan pengluaran sukuk ritel seri 004 ini akan menambah investor untuk investasi di pasar modal.

Sedangkan, nilai nominal sukuk ritel per unitnya adalah satu juta dan minimum pemesanan lima juta, sementara untuk pemesanannya maksimum adalah lima milliard. Sedangkan untuk pembayaran imbal hasil sukuk ritel SR-004 ini akan dilakukan tiap tanggal 21 mulai April 2012.

Pemesanan sukuk ritel seri SR-004 dapat dilakukan melalui dua puluh empat agen penjual (terdiri dari 13 Bank dan 11 Perusahaan Efek) yang telah ditunjuk Pejabat Pembuat Komitmen melalui surat nomor S-01/PPK.SR/2012 tanggal 4 Januari 2012.

Walau sukuk ritel diterbitkan berdasarkan prinsip syariah, tapi investasi sukuk ritel boleh dilakukan oleh siapapun juga. Selain sebagai alat investasi, sukuk ritel bisa juga sebagai bentuk partisipasi kita dalam membangun negeri Indonesia.

Bila mau investasi Sukuk ritel, kita harus menganalisa apa keuntungan dan kerugian investasi sukuk. Jangan investasi, dengan hasil yang menggiurkan kita harus berhati-hati dalam memilih investasi, jangan terpengaruh dengan iming-iming keuntungan besar, kita harus cerdas dalam memilih investasi.

Related posts