Hyundai Hadapi Penurunan Penjualan pada Maret 2019

Hyundai Motor Co, produsen mobil terbesar di Korea Selatan, pada Senin, mengumumkan penjualannya turun sebesar 2,2 persen pada Maret 2019 dibanding periode yang sama pada 2018 menyusul permintaan luar negeri yang melemah.

Kantor Berita Yonhap melaporkan pabrikan Hyundai hanya menjual sekitar 389.160 unit kendaraan pada Maret 2019 atau turun dari 397.747 unit kendaraan pada Maret 2018. Hyundai memang mencatatkan kenaikan penjualan domestik sebesar 3,7 persen menjadi 70.111 unit pada Maret 2019 dibanding 67.577 pada Maret 2018. Tapi, penjualan luar negeri turun 3,4 persen menjadi 319.049 dari 330.170 selama periode yang sama.

Permintaan yang kuat terhadap model baru SUV Santa Fe dan Palisade membantu untuk mendongkrak penjualan domestik pada Maret. Hanya saja, permintaan yang lemah datang dari Cina dan pasar negara berkembang, seperti Amerika Latin, justru berkontribusi pada penurunan angka penjualan.

Untuk membantu menopang penjualan di luar negeri, pembuat sedan Sonata dan Elantra itu berencana untuk meluncurkan kendaraan andalan mereka yaitu Palisade SUV di Amerika Serikat dan pasar negara lain pada 2019.

Pada kuartal pertama 2019, penjualan keseluruhan turun 2,8 persen menjadi 1.020.374 kendaraan dari 1.049.389 unit kendaraan pada periode yang sama 2018. Demikian disalin dari laman kantor berita Antara.

Sebelumnya, Hyundai hanya membukukan penjualan global 313.172 unit pada Februari lalu, naik kurang dari 1 persen dibanding periode sama tahun lalu, sementara perusahaan masih berharap dari Kona, Tucson, dan Santa Fe.

Kenaikan tipis penjualan Hyundai itu pun lebih banyak disokong dari penjualan domestik, yang naik 6,4 persen menjadi 53.406 unit berkat SUV populer Santa Fe, sedan sedang, dan Sonata yang memimpin pertumbuhan, kata Hyundai dalam pernyataan resmi, dikutip Senin.

Sementara penjualan di pasar luar negeri, Hyundai mengakui turun 0,9 persen dengan volume 259.766 unit karena permintaan konsumen yang melambat baik di Eropa maupun Amerika Latin.

Di pasar Rusia, Brasil, dan Asia Pasifik, Hyundai mengalami pertumbuhan penjualan yang sehat. Hyundai mengharapkan Kona terbaru yang menyabet banyak penghargaan, bersama SUV Tucson dan Santa Fe, bisa menciptakan momentum baru di pasar utama, termasuk AS.

Sebagai catatan, bahwa penjualan Hyundai di Korea didasarkan pada penjualan ritel, sedangkan penjualan luar negeri (global tidak termasuk Korea) didasarkan pada jumlah pengiriman.

Penjualan mobil diesel pabrikan Korea Selatan, Hyundai dan Kia, mengalami penurunan dalam tiga tahun terakhir, imbas peraturan emisi yang lebih ketat, menurut data industri dilansir Yonhap, disalin dari Antara.

Penjualan mobil bertenaga diesel menyumbang 33,8 persen dari 1.013.259 sedan dan kendaraan segmen rekreasi yang dijual Hyundai dan Kia di pasar domestik tahun lalu, menurut Asosiasi Produsen Otomotif Korea (KAMA).

Jumlah itu turun dari 34,1 persen pada 2017 dan 39,9 persen pada 2016 karena permintaan kendaraan hibrida dan listrik yang meningkat dalam beberapa tahun terakhir, kata KAMA. Secara keseluruhan di 2018, Hyundai dan Kia menjual total 7,39 juta kendaraan di seluruh dunia, naik 2 persen dari 7,25 juta unit yang mereka jual setahun sebelumnya.

Sebagaimana diketahui, Hyundai dan Kia yang di bawah naungan Hyundai Motor Group, merupakan produsen ternama Korea Selatan yang produknya sudah sangat mengglobal dan perusahaan ini termasuk dalam lima besar perusahaan otomotif dunia.

BERITA TERKAIT

Masjid Kesultanan Ternate Jadi Tujuan Wisatawan pada Ramadan

Masjid Kesultanan Ternate menjadi tujuan utama bagi wisatawan saat berkunjung di wilayah di Maluku Utara (Malut) pada Bulan Suci Ramadan.…

Meraih Ramadhan Berkualitas - BNI Syariah Ajak Masyarakat Ramah Pada Lingkungan

Memaknai bulan Ramadhan tidak hanya sekedar ibadah puasa semata, tetapi banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan sebagai ibadah, seperti merubah…

Mobilio dan Brio Dorong Penjualan Honda Melesat Hingga 43%

  PT Honda Prospect Motor (HPM) mencatatkan peningkatan penjualan 43 persen pada April sebanyak 11.631 unit, dibandingkan bulan sebelumnya 8.144…

BERITA LAINNYA DI OTOMOTIF

BMW Rilis Seri 8 Coupe Dalam Bentuk Dua Versi

BMW Indonesia meluncurkan mobil sport Seri 8 Coupe terbaru dalam bentuk dua versi yang dijual dengan harga Rp3,4 miliar untuk…

Mazda Perkenalkan CX-3 GT Sport Nav Plus untuk Inggris

Mazda memperkenalkan mobil CX-3 edisi terbatas dengan mesin 2.0 liter yang hanya diproduksi 500 unit untuk pasar Inggris. Eksekutif Mazda…

Renault Kenalkan Tiga Purwarupa Mobil Listrik

Grup otomotif Prancis, Renault, memperkenalkan tiga prototipe (purwarupa) mobil listrik yang digadang-gadang menjadi solusi mobilitas di masa depan. Mobil pertama…