Nissan Tuntas Jual Divisi Baterai Kendaraan Listrik

Nissan Motor Co, Ltd tuntas menjual anak usahanya yang selama ini memproduksi baterai kendaraan listrik, dan transaksinya diselesaikan belum lama ini. Nissan tetap bermitra dengan bekas perusahaannya yang dijual ke Envision Group itu sebagai pemasok penting untuk Nissan, kata Chief Competitive Officer Nissan Yasuhiro Yamauchi dalam pernyataannya, disalin dari laman Antara.

"Perusahaan baru memiliki peluang untuk tumbuh sebagai perusahaan baterai dengan peningkatan daya saing di bawah Envision. Nissan akan terus bekerja dengan perusahaan baru sebagai pemasok penting karena kami berkonsentrasi energi untuk mengembangkan dan memproduksi kendaraan listrik yang terkemuka di pasar,” jelasnya.

Perusahaan baterai baru di bawah Envision Group itu mulai beroperasi 1 April kemarin. Penyelesaian transaksi ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan perjanjian definitif dengan Envision, perusahaan operator energi berkelanjutan. Kesepakatan itu sekaligus membatalkan rencana transaksi sebelumnya dengan pihak lain.

Akuisisi itu mencakup Nissan Automotive Energy Supply Corporation dan operasi pembuatan baterai di Smyrna, Tennessee, yang dimiliki oleh Nissan North America Inc. (NNA), dan di Sunderland, Inggris, yang dimiliki oleh Nissan Motor Manufacturing (UK) Ltd (NMUK).

Envision juga mengakuisisi operasi pengembangan dan produksi baterai Nissan Jepang yang berlokasi di Oppama, Atsugi dan Zama. Tanpa menyebut nilai transaksinya, Nissan sepakat mempertahankan hanya 25 persen saham di perusahaan baterai yang diakusisi oleh Envision tersebut.

Bukan hanya Tesla, produsen mobil yang menempuh cara berjualan secara online, Nissan pun memulai hal sama dengan meluncurkan Nissan City Hub yang menyajikan pengalaman pelanggan baik online maupun offline.

Meskipun baru di Velizy 2, Paris, Prancis, penjualan online mobil Nissan ini disebut akan menjadi strategi komersial global Nissan. Pabrikan Jepang ini bakal membuka fasilitas serupa di kota-kota besar di dunia.

"Nissan City Hub akan menempatkan orang di jantung visi kami untuk ritel mendatang, semua saat mereka akan berbelanja normal," kata Leon Dorssers, wakil presiden Nissan Motor Co, Ltd, untuk penjualan dan ritel global.

"Pembukaan hari ini menandai langkah maju baru dalam strategi komersial global kami, menggunakan e-commerce dan teknologi mobilitas baru untuk meningkatkan pengalaman pelanggan baik online maupun offline," katanya dalam pernyataan resmi Nissan.

Nissan City Hub adalah pendekatan baru yang revolusioner, mengintegrasikan ekosistem digital dengan konsep toko yang menarik. Untuk membeli Nissan LEAF atau Qashqai, konsumen hanya perlu beberapa klik saja. Solusi e-commerce baru yang ditawarkan kepada konsumen di Nissan City Hub telah dikembangkan untuk memastikan kemudahan penggunaan.

BERITA TERKAIT

Lindungi UKM Industri Otomotif

NERACA Jakarta – Sebagai upaya melindungi UKM (Usaha Kecil Menengah) industri otomotif khususnya produsen knalpot, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM)…

Warna Baru Filano Hybrid-Connected Lebih Berkelas

NERACA Jakarta – Produk CLASSY Yamaha terus memiliki banyak peminat, seperti Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected. atas dasar itulah Yamaha Grand Filano…

ECSTAR Oil 0W-16 SN Siap Lindungi Komponen Mesin

NERACA Jakarta – Sebagai perusahaan otomotif yang bertanggung jawab dalam menyediakan layanan purna jual yang bertujuan untuk menjaga kualitas produknya,…

BERITA LAINNYA DI Otomotif

Lindungi UKM Industri Otomotif

NERACA Jakarta – Sebagai upaya melindungi UKM (Usaha Kecil Menengah) industri otomotif khususnya produsen knalpot, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM)…

Warna Baru Filano Hybrid-Connected Lebih Berkelas

NERACA Jakarta – Produk CLASSY Yamaha terus memiliki banyak peminat, seperti Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected. atas dasar itulah Yamaha Grand Filano…

ECSTAR Oil 0W-16 SN Siap Lindungi Komponen Mesin

NERACA Jakarta – Sebagai perusahaan otomotif yang bertanggung jawab dalam menyediakan layanan purna jual yang bertujuan untuk menjaga kualitas produknya,…