Ford Hentikan Produksi Varian C-MAX untuk Efisiensi

Ford memutuskan untuk menghentikan produksi hatchback C-Max dan minivan C-Max Mav di Jerman sebagai bagian dari efisiensi dan pengurangan biaya operasi di pasar yang merupakan rumah pesaing Eropanya, Volkswagen dan BMW.

Ford C-Max dan C-Max MAV dihapus dari siklus produksi normal di pabrik Saarlouis, Jerman pada Juni mendatang, demikian Ford Eropa mengkonfirmasi dalam pernyataannya, seperti disalin dari laman Antara.

"Tindakan yang diumumkan hari ini merupakan langkah penting menuju memberikan produk yang diinginkan pelanggan kami dan bisnis yang lebih kompetitif bagi para pemangku kepentingan kami," kata Steven Armstrong, Ketua Dewan Pengawas Ford-Werke GmbH.

Menyusul dihentikannya produksi C-Max dan C-Max MAV, Ford akan fokus berinvestasi pada Ford Focus dan model-model lain yang lebih menguntungkan bagi perusahaan dan kelangsungan usaha. "Kami akan terus berinvestasi dalam Fokus dan produk-produk yang terbukti memberikan bisnis yang lebih sehat untuk kita maju,” jelas Armstrong.

Ford Eropa pada Januari lalu telah mengumumkan rencananya untuk menerapkan strategi transformasi yang bertujuan memperkuat merek Ford dan menciptakan bisnis yang menguntungkan secara berkelanjutan di Eropa.

Sebagai bagian dari upaya desain ulang global Ford, strategi tersebut mencakup perubahan pada portofolio kendaraan Ford, memperluas penawaran dan volume di segmen kendaraan yang paling menguntungkan, sembari menghentikan produksi kendaraan yang kurang menguntungkan dan mengatasi pasar yang berkinerja buruk.

Ford-Werke GmbH telah memberi tahu tenaga kerja di Saarlouis pada bulan Desember 2018 tentang rencana dihentikannya produksi C-MAX dan Grand C-MAX karena penurunan tajam permintaan pada untuk Multi Activity Vehicle (MAV).

Ford juga mengaku telah berkonsultasi dengan perwakilan karyawan selama beberapa bulan berikutnya. Kedua belah pihak sepakat untuk mengakhiri produksi C-Max dan beralih dari pola operasi tiga shift menjadi dua sift tanpa sift malam.

Secara paralel Ford terus berinvestasi dalam Ford Focus baru di Saarlouis, merespons permintaan tinggi, terutama untuk varian Wagon, Active, dan ST, untuk mempertahankan daya saing melalui siklus produk.

"Kami telah membuat keputusan penting untuk bersama-sama membentuk masa depan Ford di Jerman dan di Eropa," kata Gunnar Herrmann, Ketua Dewan, Ford- Werke GmbH.

BERITA TERKAIT

Tingkatkan Kapasitas Produksi - Impack Anggarkan Capex Rp 188 Miliar

NERACA Jakarta – Danai pengembangan bisnisnya, PT Impack Pratama Industri Tbk (IMPC) tahun ini menyiapkan belanja modal sebesar Rp 188…

Permintaan Pasar Meningkat - Produksi Batu Bara Golden Energy Tumbuh 45%

NERACA Jakarta – Kuartal pertama 2019, PT Golden Eagle Energy Tbk (SMMT) membukukan pertumbuhan produksi batu bara 45%. “Produksi batu…

Mengawal Kontribusi Pajak untuk Menjadi Manfaat

  Oleh: Rifky Bagas Nugrahanto, Staf Ditjen Pajak Berbagai upaya mencapai target pembangunan yang telah ditetapkan di tahun 2019, pemerintah…

BERITA LAINNYA DI OTOMOTIF

BMW Rilis Seri 8 Coupe Dalam Bentuk Dua Versi

BMW Indonesia meluncurkan mobil sport Seri 8 Coupe terbaru dalam bentuk dua versi yang dijual dengan harga Rp3,4 miliar untuk…

Mazda Perkenalkan CX-3 GT Sport Nav Plus untuk Inggris

Mazda memperkenalkan mobil CX-3 edisi terbatas dengan mesin 2.0 liter yang hanya diproduksi 500 unit untuk pasar Inggris. Eksekutif Mazda…

Renault Kenalkan Tiga Purwarupa Mobil Listrik

Grup otomotif Prancis, Renault, memperkenalkan tiga prototipe (purwarupa) mobil listrik yang digadang-gadang menjadi solusi mobilitas di masa depan. Mobil pertama…