Menjual Elektronik Via Elektronik

NERACA

Besarnya permintaan pasar akan barang elektronik, tak ayal banyak masyarakat yang mencoba peruntungan dengan mengeluti bisnis elektronik, persaingan pasar pun semakin ketat. Tak aneh pula bila mereka saling bersaing dengan menjual barang elektronik dengan harga murah namun kualitasnya belum terjamin.

Oleh karena itu sebaiknya bagi para konsumen memperhatikan kiat berbelanja barang elektronik, agar tidak salah dalam membeli barang elektronik.

Tengok saja mulai dari barang elektronik seperti handphone yang memudahkan orang untuk berkomunikasi dengan kerabat maupun relasinya, computer dan laptop yang membantu semua orang lebih mudah mengerjakan pekerjaan maupun tugas kantornya, radio dan televisi yang memberikan informasi dan hiburan bagi masyarakat luas, bahkan barang elektronik seperti magic jar, blender dan kulkas yang memudahkan para ibu rumah tangga untuk mengerjakan pekerjaan rumahnya. Serta masih banyak lagi barang elektronik yang memberikan kemudahan bagi para penggunanya.

Untuk memulai perburuan anda terhadap barang elektronik, sebaiknya carilah toko elektronik yang memiliki berbagai pilihan produk. Pada toko yang memiliki banyak varian produk, Anda dapat membandingkan produk tertentu dengan berbagai merek yang ditawarkan. Sehingga Anda mengetahui kualitas produk dari berbagai merek, sebelum Anda memilih untuk membeli salah satu produk. Bila perlu sebaiknya lebih aman membeli produk, di toko langganan Anda sehingga kemungkinan tertipu oleh berbagai penawaran sangatlah kecil.

Lalu upayakan untuk memilih barang elektronik yang asli, agar kualitas barang juga terjamin. Karena saat ini barang elektronik bajakan juga banyak beredar dipasaran, dan dijual dengan harga lebih murah namun kualitasnya jauh berbeda dengan kualitas produk aslinya. Oleh karena itu sebaiknya carilah informasi terlebih dahulu mengenai produk yang ingin Anda cari, dan pastikan Anda mengetahui ciri produk yang benar-benar asli.

Bertanya seputar produk dengan penjual mutlak Anda lakukan, mulai kelebihannya, kekurangannya, serta cara mengoperasikan menu-menu yang ada pada barang elektronik tersebut. Sehingga Anda tidak salah memilih produk yang sesuai dengan keinginan Anda. Jika perlua ajaklah rekan atau kerabat dekat yang lebih paham dengan barang elektronik.

Dan sebelum memutuskan membeli produk, Anda wajib untuk mencoba atau melakukan tes pada produk tersebut. Sehingga Anda mengetahui pasti bahwa produk tersebut kualitasnya benar-benar terjamin, dan tidak ada kerusakan sekecil apapun. Karena jika Anda tidak mencobanya, dan kemudian hari Anda komplain maka yang akan disalahkan atas kerusakan tersebut adalah Anda.

Setelah Anda membayar, mintalah kwitansi yang disertai dengan kartu garansi. Hal ini sangatlah penting, karena dengan adanya kartu garansi Anda mendapatkan jaminan jika barang elektronik yang Anda beli mengalami kerusakan. Bila perlu tanyakan berapa lama garansi toko dan garansi servis.

Sehingga pada saat complain Anda tidak dipersulit karena sudah memiliki kartu garansi resmi

Bisnis paling jamak di dunia maya adalah berjualan. Produknya terserah Anda, mulai buku elektronik, aplikasi perangkat lunak (software), produk elektronik, hingga barang bekas. Prinsipnya, Anda harus jeli melihat kebutuhan pasar. Paling gampang memang meniru jenis yang sudah sukses. Tapi, Anda juga bisa membidik ceruk pasar yang belum tergarap pemain lain.

Model bisnis online juga cukup marak dilakukan, via jejaring sosial, web, dan lainnya. Namun model bisnis online beragam, ada beberapa prinsip yang benar-benar harus Anda pegang saat memulai. Pertama, tak melanggar etika atau hukum. Kedua, apa pun bisnisnya, jika Anda serius, harus ada modal. Bisnis online tak harus bermodal besar. Tetapi jika Anda berpikir mau berbisnis tanpa modal, itu tidak bagus.

Ketiga, keseriusan dan keuletan. Ketekunan dalam mengelola dan membesarkan bisnis sifatnya wajib. Bisnis tak bisa besar sendiri. Anda harus membesarkan dan merawatnya. Keempat, gunakan semua bentuk pemasaran alias platform dalam berbisnis, mulai jejaring sosial, aplikasi telepon genggam, hingga media cetak atau televisi.

Related posts