Satukan Tekad Lawan Hoax dan Jangan Golput Demi Indonesia

Oleh: Andri Hermawan, Pemerhati Sosial Media

Perkembangan teknologi informasi seolah merupakan hal yang dianggap mustahil di masa lalu. Akses yang cepat dan tidak terbatas dimensi jarak menjadi hal yang lumrah. Hal tersebut memberikan dampak positif terhadap perkembangan peradaban manusia. Berbagai kemudahan telah meningkatkan taraf kehidupan terutama di bidang sosial ekonomi.

Namun dibalik kemajuan tersebut ada juga dampak negatif yang ditimbulkan. Sangat terbuka kemungkinan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Baik untuk motif ekonomi, politik, bahkan hingga menimbulkan kekacauan yang menimbulkan konflik horizontal dan vertikal antar kelompok masyarakat.

Begitulah yang terjadi menjelang pelaksanaan Pemilu 2019. Berita palsu nan begitu menakutkan mengisi penuh sesak ruang media publik. Sekat antara benar dan salah di media sosial sukar dibedakan. Bahkan salah jadi benar, benar jadi salah, atau bahkan yang bercampur baur.

Mengingat pentingnya pesta demokrasi yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat, perlu sinergitas dan niat yang teguh dari semua pihak. Untuk meyakinkan diri bahwa hoax adalah musuh bersama. Tidak melakukan penyebaran berita tanpa mengkonfirmasi kebenarannya terlebih dahulu.

Oleh karena itu, sebagai warga negara yang bermartabat kita harus turut serta dalam meredam berita hoax yang menyebar di dunia maya. Apabila kita mampu membedakan dengan cerdas antara berita asli dan palsu maka berarti kita telah berpastisipasi untuk membangun Indonesia menuju arah yang lebih maju dan baik.

Meredam berita hoax bertujuan untuk menciptakan pemilu 2019 yang damai, bermartabat dan berkualitas. Supaya tidak mencoreng nilai-nilai demokrasi di Indonesia dan keberlanjutan kepemimpinan nasional berjalan lebih baik seperti yang kita harapkan.

Demi suksesnya pemilu 2019, mari bersatu meredam hoax!! Gunakan Hak Pilih secara cerdas dan jangan Golput serta Mari kita sukseskan Keberlanjutan Kepemimpinan Nasional guna menjamin keberlangsungan Pembangunan Nasional.

Pemilu yang aman, damai, dan demokratis berguna untuk kemajuan bangsa. Karena nasib bangsa ditentukan pada Pemilu. Pembangunan nasional tidak boleh terhambat oleh penyebaran berita palsu oleh pihak tidak bertanggungjawab. Agar Indonesia menjadi negara besar yang ditakuti dan disegani, pembenahan dan pembangunan nasional harus dilaksanakan secara berkesinambungan. Oleh karena itu, mari kita bulatkan tekad lawan hoax dan jangan takut memilih demi melanjutkan pembangunan Indonesia yang berkesinambungan demi Indonesia yang Semakin Maju.

BERITA TERKAIT

Komitmen Jokowi Memperkuat KPK

Oleh : Nova Manurung, Pengamat Masalah Sosial Politik   Sikap Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) terkait KPK dipertanyakan, terlebih kini…

Virtual Office sebagai Tempat Pengukuhan PKP

  Oleh: Devitasari Ratna Septi  Aningtiyas, PNS Ditjen Pajak Kemenkeu Pengusaha Kena Pajak yang selanjutnya disebut dengan PKP adalah pengusaha…

Swasembada Bawang Putih Bukan Ilusi

Oleh: Anthony Budiawan, Managing Director Political Economy and Policy Studies (PEPS) Kebutuhan bawang putih konsumsi nasional sekitar 550.000 ton hingga…

BERITA LAINNYA DI OPINI

E-Commerce Dukung UMKM dan Pertumbuhan Ekonomi

Oleh: Ika Puspita Karyati, Staf Pusdiklat Keuangan Umum BPPK, Kemenkeu   Kita telah memasuki era digital, dimana semua hal memungkinkan…

Memilih Menteri Merupakan Hak Prerogatif Presiden

  Oleh : Rendi Alfiansyah, Pengamat Masalah Sosial Politik   Pemilu 2019 telah usai, masyarakat-pun mulai menerka – nerka siapa…

Menelisik Sosok Firli, Ketua KPK yang Baru

  Oleh : Dwi Ayu, Pemerhati Sosial Politik   Irjen Pol. Firli Bahuri, menjadi satu – satunya calon pimpinan KPK…