Asuransi Bumiputeramuda Raih Peringkat BBB+

Kekuatan finansial PT Asuransi Umum Bumiputeramuda 1967 meraih peringkat BBB+ dari Pefindo. Peringkat tersebut mencerminkan kekuatan pasar perusahaan yang relatif lebih kuat dalam produk kecelakaan diri serta kesehatan dan kapitalisasi perusahaan.

Analis Pefindo Hendro Utomo mengatakan, outlook peringkat itu adalah stabil. Namun, peringkat tersebut dibatasi oleh kebijakan investasi yang agresif dan persaingan yang ketat di segmen ritel, “Peringkat BBB+ ini merupakan prestasi Asuransi Bumiputeramuda yang dinilai stabil keuangannya,”katanya di Jakarta, Senin (19/3).

Didirikan pada 1967, Asuransi Umum Bumiputeramuda merupakan anak perusahaan dari Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912. Perusahaan ini sengaja didirikan untuk memberikan jasa asuransi non-jiwa untuk melengkapi layanan asuransi jiwa diberikan oleh induknya.

Perusahaan ini didukung oleh 462 karyawan di samping 1.013 agen asuransi dan 130 perusahaan pialang asuransi. Perusahaan memiliki jaringan berupa 1 kantor pusat dan 48 kantor cabang. Pada 30 September 2011, perusahaan dimiliki oleh AJB Bumiputera 1912 dan 0,7% oleh PT Eurasia Wisata. AJBP juga menunjukkan dukungannya dengan menyuntikkan tambahan modal beberapa kali.

Namun, lanjutnya, AJBP memiliki kapasitas yang terbatas untuk mendukung perusahaan lebih lanjut dikarenakan profit kredit yang relatif lebih lemah dibanding ABMD. (bani)

Related posts