Bukalapak Luncurkan Modal Mitra - Ketika Memajukan Pengusaha Kecil Tidak Sekedar Modal

Semangat untuk selalu memberdayakan dan memajukan pengusaha kecil agar naik kelas menjadi roda penggerak perekonomian Indonesia, khususnya pelaku industri usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) terus dilakukan Bukalapak sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar di Indonesia. Apalagi Bukalapak menyadari kemajuan bisnis e-commercenya selama ini tidak bisa lepas dari peran pelaku usaha kecil.

Kali ini lewat kerjasama dengan tiga lembaga pendanaan peer to peer lending yaitu Amartha, Modalku dan PohonDana, Bukalapak menyiapkan program Modal Mitra. Modal Mitra merupakan program solusi pembiayaan untuk modal usaha yang diperuntukkan khusus bagi pemilik warung yang sudah bergabung sebagai Mitra Bukalapak guna mengembangkan usaha mereka.“Kami ingin memberikan kemudahan kepada para pelaku usaha kecil yang ingin menaik kelaskan usahanya bersama Bukalapak. Modal Mitra ini dapat dimanfaatkan oleh para pemilik warung sebagai modal tambahan untuk membeli barang kebutuhan jualan warung sehingga jumlah dan variasi barang yang dijual semakin beragam. Hal ini akan menguntungkan bagi pemilik usaha warung yang memiliki keterbatasan modal untuk membeli barang secara tunai,”kata Sigit Suryawan, Associate Vice President of Financing Solution Bukalapak  di Jakarta, kemarin.

Dalam proses pengajuan Modal Mitra, Bukalapak mempermudah langkah yang harus dilakukan oleh para pemilik usaha warung. Mereka yang telah terverifikasi datanya ketika mendaftar sebagai Mitra Bukalapak dan aktif bertransaksi, dapat mengajukan pembiayaan di aplikasi Mitra Bukalapak dengan proses yang cepat. Jika pengajuan disetujui, maka dana akan masuk ke Saldo Mitra pemilik warung. Dengan demikian, arus kas bisnis warung tidak akan bercampur dengan dana pribadi dan akan terkelola lebih baik.

Pembiayaan Modal Mitra yang ditawarkan kepada para pemilik warung saat ini mulai dari Rp1 juta hingga Rp10 juta Rupiah. Pemilik warung kemudian dapat memilih masa pengembalian atau tenor hingga 6 bulan dan dapat dicicil secara mingguan mulai dari Rp90 ribu Rupiah. Modal Mitra yang diberikan oleh Bukalapak ini dapat digunakan untuk berbelanja barang-barang grosir kebutuhan jualan warung dan produk virtual di aplikasi Mitra Bukalapak. “Bukalapak terus berupaya untuk menaik kelaskan para pelaku usaha kecil di Indonesia dengan dukungan teknologi. Kedepannya kami berharap dapat bekerjasama dengan banyak pihak yang mempunyai semangat yang sama dengan kami yaitu untuk mengarahkan pertumbuhan perekonomian Indonesia ke arah yang lebih baik”, tutup Sigit. 

 

Bantu Ngelapak

 

Pemberdayaan Bukalapak untuk pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) ataupun UMKM tidak hanya sebatas memberikan modal, tetapi juga membantu kelas ngelapak. Dimana kelas ngelapak sendiri tidak hanya dikhususkan bagi anggota Bukalapak, tetapi juga masyarakat umum yang ingin mengenal kiat dan seluk beluk dalam mengoptimalkan berjualan online di Bukalapak. Kelas ini memiliki kelas online (webinar) dan kelas offline yang diselenggarakan di Bukalapak Learning Center di Jakarta. Kelas yang memiliki kapasitas 30 orang ini memiliki tenaga pengajar dari para Pelapak Jawara Bukalapak.

Muhammad Fikri, Head of Community Management Bukalapak pernah bilang, kelas Ngelapak ini merupakan komitmen Bukalapak untuk secara berkesinambungan memberikan pelatihan kepada para UKM di Indonesia, khususnya yang masih pemula agar bisnis mereka berkembang dan harapannya dapat meraih omset secara maksimal. “Saat ini kelas Ngelapak ini masih bertempat di kantor Bukalapak Kemang, namun kelas Ngelapak pindah di gedung SMESCO agar dapat menampung pelapak lebih banyak,”paparnya.

Tidak hanya itu, Bukalapak juga mensuport kehadiran komunitas Bukalapak atau mereka yang sudah terlebih dahulu mulai berbisnis atau berjualan di Bukalapak untuk saling berbagi pengalaman dan ilmunya lewat kegiatan rutinitas kopidarat komunitas Bukalapak. Saat ini, komunitas Bukalapak tersebar di lebih dari 80 kota di seluruh Indonesia yang terbentuk dari inisiatif para pelapak sendiri. Dengan adanya komunitas-komunitas ini, Muhammad Fikri menyatakan bahwa Bukalapak ingin membantu dan berkerja sama dengan para pelaku UKM dari Sabang sampai Merauke untuk terhubung meskipun berada di lokasi yang berbeda,”Di komunitas Bukalapak, kita percaya dengan konsep gotong royong dan kolaborasi. Sukses sendirian itu biasa, sukses bersama-sama itu baru luar biasa! Rasa kebersamaan dan persaudaraan dalam berkomunitas ini menjadi penting agar setiap orang dapat menjadi pahlawan ekonomi bangsa,” ujar Muhammad Fikri.

Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga mendukung upaya Bukalapak untuk secara bersama-sama mengembangkan potensi UKM di Indonesia melalui berbagai kegiatan. Untuk itu Bukalapak dan Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia membuat kesepakatan kerjasama. Agar misi untuk menjadikan Indonesia negara ekonomi digital se-Asia tenggara pada tahun 2020 dapat terwujud. Sebagai informasi, didirikan pada 2010 dan berpusat di Jakarta, Bukalapak telah berkembang menjadi unicorn keempat Indonesia dan bernilai miliaran dolar. Bukalapak menampung empat juta usaha kecil dan menengah (UKM), 500.000 warung dan 700.000 usaha mikro independen di Indonesia pada platform mereka.

Kata M. Fajrin Rasyid, Co-founder dan Presiden Bukalapak, pihaknya memulai bisnis dengan visi untuk menjembatani kesenjangan antara penjual dan pembeli Indonesia, dan hingga kini bangga dengan pencapaian perusahaan di pasar. “Platform kami telah mendukung usaha mikro, kecil dan menengah untuk berpartisipasi dalam kegiatan perdagangan, dan kami berkomitmen untuk memajukan kehidupan para pengusaha ini melalui teknologi kami,”tandasya.

 

BERITA TERKAIT

Waskita Gelar Doa Bersama dan Beri Santunan Anak Yatim Piatu

  Waskita Gelar Doa Bersama dan Beri Santunan Anak Yatim Piatu NERACA Jakarta - Di bulan suci Ramadhan PT Waskita…

50 Tahun Nestle MILO - Donasikan 500 Ribu Gelas MILO Bagi Anak Indonesia

Rayakan hari jadi ke-50 dan juga juga memperingati bulan Ramadan, Nestlé MILO bekerja sama dengan Foodbank of Indonesia (FOI) mengadakan…

Boikot Produk Terafiliasi Israel - Pendapatan Merek Global Makin Tergerus

Gerakan boikot konsumen muslim sebagai protes atas pembersihan etnis yang dilakukan militer Israel di Gaza, Palestina, bukannya surut malah makin…

BERITA LAINNYA DI CSR

Waskita Gelar Doa Bersama dan Beri Santunan Anak Yatim Piatu

  Waskita Gelar Doa Bersama dan Beri Santunan Anak Yatim Piatu NERACA Jakarta - Di bulan suci Ramadhan PT Waskita…

50 Tahun Nestle MILO - Donasikan 500 Ribu Gelas MILO Bagi Anak Indonesia

Rayakan hari jadi ke-50 dan juga juga memperingati bulan Ramadan, Nestlé MILO bekerja sama dengan Foodbank of Indonesia (FOI) mengadakan…

Boikot Produk Terafiliasi Israel - Pendapatan Merek Global Makin Tergerus

Gerakan boikot konsumen muslim sebagai protes atas pembersihan etnis yang dilakukan militer Israel di Gaza, Palestina, bukannya surut malah makin…