Tips Bisnis Elektronik

NERACA

Banyaknya usaha elektronik yg bermunculan saat ini, karena kebutuhan masyarakat akan barang elektronik juga semakin meningkat, berikut tips dalam berbisnis elektronik;

Informasi Usaha

Untuk memulai Usaha ini sebelumnya siapkan lokasi usaha yang strategis, usahakan pilih lokasi yang berada di pusat keramaian. Setelah lokasi usaha terpenuhi, selanjutnya cari informasi distributor barang elektronik yang dapat menyuplai produk elektronik dengan harga miring. Misalnya dengan bekerja sama dengan toko grosir elektronik yang ada di Glodok atau Mangga Dua. Untuk produk-produk elektronik yang saat ini beredar di pasaran antara lain merek Sony, Panasonic, Sharp, LG, Toshiba, dan lainnya.

Prospek Usaha

Usaha elektronik memiliki prospek Usaha yang sangat cerah, karena saat ini perkembangan teknologi sangat pesat. Dan masyarakat pun memanfaatkan perkembangan teknologi tersebut untuk mempermudah pekerjaan mereka, salah satunya dgn menggunakan produk elektronik. Tingginya minat dan daya beli konsumen akan barang elektronik, memberikan keuntungan tersendiri bagi para pelaku usaha elektronik.

Kekurangan Usaha

Kendala dalam menjalankan Usaha ini adalah kurangnya modal untuk mengembangkan usaha. Karena untuk membuka Usaha elektronik, membutuhkan modal usaha yang tidak sedikit dan ketatnya persaingan dalam bisnis ini. Kendala yang lainnya yaitu harga barang elektronik yang naik turun, seiring naik turunnya nilai rupiah.

Strategi Bisnis

Strategi pemasaran yang dapat dijalankan Usaha elektronik adalah dengan membagikan brosur maupun pamflet di kota Anda dan sekitarnya. Selain itu Anda juga bisa memasang iklan di berbagai media, seperti media cetak, media elektronik, maupun memasang papan iklan di berbagai lokasi strategis yang ada di kota Anda. Sehingga masyarakat mengetahui informasi mengenai keberadaan usaha Anda.

Bila perlu berikan bonus dan potongan harga untuk pembelian produk tertentu. Sehingga konsumen tertarik untuk membeli produk elektronik pada Anda. Di samping pemasaran secara offline, usaha elektronik juga bisa dipasarkan melalui media online. Sehingga jangkauan pasar usaha Anda semakin luas.

Kunci sukses

Kunci kesuksesan Usaha elektronik yaitu jeli melihat pasar dan mengikuti perkembangan teknologi saat ini. Dengan menyediakan produk elektronik yang up to date, sehingga konsumen dapat menemukan produk baru yang ingin mereka cari. Di samping itu berikan harga yang bersaing dengan Usaha lain yang bergerak di bidang yang sama, sehingga loyalitas konsumen semakin tinggi.

Related posts