Perpustakaan dengan Koleksi Katalog Terbanyak Di Dunia

Perpustakaan adalah sumber berbagai macam informasi mulai dari ilmu pengetahuan, teknologi, sejarah dan masih banyak lagi. Perpustakaan tidak hanya menyimpan buku, jurnal, dokumen tapi juga katalog. Berikut adalah perpustakaan di dunia yang memiliki jumlah katalog terbanyak pada 2018.

1. Library of Congress (Amerika Serikat/AS)

Perpustkaan yang berada di Amerika Serikat ini memiliki katalog sebanyak 164 juta dengan anggaran tahunan : US$ 642,4 juta. Library of Congress yang berada di Amerika Serikat (AS) ini memiliki koleksi buku dalam 450 bahasa. Menurut situs resminya, sekitar dua pertiga dari total buku yang diperoleh setiap tahun menggunakan bahasa asing (selain bahasa Inggris). Perpustakaan ini menampung 38 juta bahan cetak, sekitar 3,6 juta rekaman suara, 14 juta dan lebih banyak gambar, 70 juta naskah langka dan sekitar 5,5 juta peta.

2. British Library (Inggris)

Perpustakaan ini memiliki katalog lebih dari 150 juta dengan anggaran tahunan sebesar 141 juta poundsterling. British Library yang terletak di Euston Road, London ini merupakan salah satu perpustakaan riset utama di dunia yang berdiri sejak 1973. Koleksi sejarah terpenting perpustakaan termasuk banyak naskah langka Sir Hans Sloane dan Robert Jarley. Itu juga termasuk King's Library (koleksi buku yang dikumpulkan oleh King George III) dan Old Royal Library. Disamping itu, perpustakaan ini juga memiliki koleksi online lengkap. Galeri gambar online-nya memberi Anda akses ke lebih dari 30.000 gambar dari buku-buku kuno dan abad pertengahan, termasuk fasilitas khusus "putar halaman virtual" dari beberapa buku dan dokumen terkenal seperti notebook Leonardo da Vinci.

3. New York Public Library (Amerika Serikat)

Perpustakaan ini memiliki jumlah katalog sebesar 55 juta dengan anggaran tahunan sebesar US$250 juta. Berdasarkan jumlah total item yang dikatalogkan, NYPL adalah perpustakaan terbesar ketiga di dunia dan terbesar kedua di AS. Sifatnya yang terbuka dan akses publik diberikan kepada lebih dari 18 juta orang pengunjung setiap tahun, menjadikan perpustakaan ini paling banyak dikunjungi di dunia.

Saat ini ada 87 cabang NYPL di seluruh kota, 39 di Manhattan, 35 di Bronx dan sisanya di Staten Island. Koleksi Digital perpustakaan berisi lebih dari 700.000 gambar dari berbagai koleksi perpustakaan. Pada 2006, situs web ini terdaftar sebagai salah satu dari 50 Situs Web Paling Keren 2005 oleh Time Magazine.

4. Library and Archives Canada (Kanada)

Di perpusatakaan ini, jumlah katalognya mencapai 54 juta dan juga mempunyai anggaran tahunan sebesar 116,9 juta dollar Kanada. Library and Archives Canada (LAC) menampung lebih dari 20 juta buku, koleksi 24 juta gambar dan data digital lebih dari 1.000 terabyte. Sebagian besar data online yang tersedia adalah tesis doktoral, buku-buku populer dan barang rapuh dan rentan. Beberapa dokumen penting dalam penyimpanan data online perpustakaan adalah proklamasi Undang-Undang Konstitusi Kanada dan Undang-Undang Amerika Utara Inggris.

5. Russian State Library (Rusia)

Perpusatakaan yang terletak di ibukota Rusia ini memiliki jumlah katalog sebanyak 44 juta dengan anggaran tahunannya 1,6 miliar Rubel. Perpustakaan Negara Rusia di Moskow adalah yang terbesar di negara ini. Didirikan pada 1 Juli 1862, Russian State Library merupakan perpustakaan tertua di Moskow. Perpustakaan menampung 44 juta item yang menakjubkan dimana 17 juta adalah buku, 13 juta adalah jurnal dan dokumen dalam 247 bahasa yang berbeda.

6. National Diet Library (Jepang)

Perpustakaan ini memiliki jumlah katalog sebanyak 41,88 juta dengan anggaran yang disiapkan setiap tahunnya 21,8 miliar Yen. Japanese National Diet Library atau NDL didirikan pada 1948 dan memiliki dua fasilitas utama, satu di Tokyo dan lainnya di Kyoto. Sebagai perpustakaan terbesar di Jepang, NDL memiliki koleksi publikasi nasional dan internasional dalam bahasa asing terbesar untuk tujuan penelitian. Saat ini perpustakaan menampung 30 juta dokumen tentang pendudukan pascaperang Jepang, setengah juta buku sains canggih dan sekitar 440.000 peta Jepang dan negara-negara lain.

7. Bibliotheque Nationale de France (BNF/Prancis)

Perpusatakaan yang berada Perancis ini memiliki jumlah katalog sebanyak 40 juta dengan dengan anggaran sebesar 254 juta euro. Sebagai perpustakaan nasional Prancis, BNF bertindak sebagai tempat penyimpanan setiap publikasi di negara ini. Asal usul perpustakaan ini dapat ditelusuri kembali ke Perpustakaan Kerajaan yang didirikan di Istana Louvre oleh Charles V pada 1368.

BERITA TERKAIT

Sektor Riil - Kontribusi Manufaktur Capai 20%, RI Duduki Posisi ke-5 Dunia

NERACA Jakarta – Industri manufaktur memegang peranan penting terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Saat ini, industri manufaktur mampu memberikan kontribusi kepada…

AMMDes Bisa Diaplikasikan dengan Alat Pembuat Es Serpihan

NERACA Jakarta – Kementerian Perindustrian secara konsisten dan berkelanjutan terus mendorong pemanfaatan dan pengembangan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) untuk…

Hati-Hati dengan "Debt Trap Diplomacy" China

Oleh: Djony Edward Pemerintah Indonesia menawarkan 28 proyek senilai USD91,1 miliar atau setara Rp1.295,8 triliun kepada pemerintah China setelah empat…

BERITA LAINNYA DI PENDIDIKAN

Pentingnya Peran Peneliti untuk Mitigasi Bencana

  Kepala Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Kebudayaan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Sri Sunarti Purwaningsih menilai pentingnya peran peneliti dan…

Perlukah Fatwa Haram untuk Games PUBG?

      Games Player Unknown's Battle Grounds (PUBG) semakin banyak menjadi perbincangan. Selain di kalangan anak muda yang gemar…

Pendidikan Swasta Perlu Diperkuat

    Guru Besar Universitas Indonesia (UI) Prof Rhenald Kasali melihat laporan bank Dunia tentang indeks Modal Insani 2018 menguatkan…