Kacang Terbaik Penurun Kadar Kolesterol

Sebagian orang masih menganggap kacang sebagai makanan asin, berlemak, dan berkalori tinggi. Namun, sejumlah ahli gizi telah menyimpulkan bahwa kacang adalah makanan sehat yang ampuh menurunkan kadar kolesterol.

Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa beberapa jenis kacang dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Food and Drug Administration (FDA) bahkan telah menegaskan beberapa jenis kacang termasuk kacang tanah, kacang almond, kacang hazelnut memenuhi syarat kesehatan.Kacang-kacangan jenis itu diklaim mampu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. Merangkum berbagai sumber, berikut beberapa jenis kacang yang ampuh menurunkan kadar kolesterol.

Kacang kenari

Sejumlah penelitian kecil menunjukkan bahwa kenari membantu menurunkan kadar kolesterol. Mengutip jurnal Diabetes Care, satu studi pada tahun 2004 menemukan, rata-rata orang yang getol mengonsumsi kenari mengalami peningkatan kolesterol baik dan penurunan 10 persen kolesterol jahat. Pada tahun yang sama, FDA juga telah memberikan label 'sehat' pada kenari yang dipercaya dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Kacang almond

Sama seperti kacang lainnya, almond kaya akan protein, serat, lemak tak jenuh, mineral, dan nutrisi. Almond juga kaya vitamin E dan antioksidan. Seorang peneliti bernama David Jenkins telah banyak melakukan penelitian tentang dampak mengonsumsi almond. Mengutip WebMD, konsumsi dua genggam almond harian dapat menurunkan 9,4 persen kadar kolesterol jahat.

Biji rami

Menambahkan tiga sendok makan biji rami ke dalam sajian makanan dapat membantu menurunkan kolesterol jahat. Namun, cara ini hanya berlaku pada pria, tidak pada wanita. Mengutip Live Strong, penelitian yang dilakukan oleh Nutrition and Wellness Research Center, Iowa State University, Amerika Serikat, melihat adanya penurunan kadar kolesterol pada pria sebesar 10 persen dengan menambahkan tiga sendok biji rami ke dalam makanan. Penurunan kadar kolesterol ini didorong oleh adanya senyawa kimia pelindung jantung dalam biji rami.

Biji Wijen

Biji wijen mengandung lignan dan pitosterol. Studi yang dilakukan Virginia Polytechnic Institute, State University, pada tahun 2005 menemukan, kadar kolesterol sebesar 6 persen setelah menambahkan 1,5 ons biji wijen ke dalam makanan.

Di sisi lain, Kacang merupakan salah satu makanan sehat yang baik dikonsumsi untuk tubuh. Kaya akan antioksidan, serat, protein, vitamin, mineral, dan lemak tak jenuh, kacang disebut-sebut mampu menurunkan risiko berbagai penyakit.

"Kandungan yang ada di dalam kacang membuat Anda kenyang, membantu membangun tulang dan otot agar lebih kuat, serta menjauhkan Anda dari berbagai penyakit," ujar pakar nutrisi, Maggie Michalczyk, mengutip Women's Health Magz.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di New England Journal of Medicine menunjukkan bahwa mengonsumsi segenggam kacang dalam sehari mampu menambah angka harapan hidup. Almond bisa jadi salah satu jenis kacang paling populer. Almond dihadirkan pada banyak sajian masakan. Namun, almond bukan satu-satunya kacang sehat yang bisa Anda konsumsi.

BERITA TERKAIT

WISATA HALAL TERBAIK

Sejumlah wisatawan menaiki kapal cepat menuju kawasan wisata Gili Trawangan di pelabuhan Teluk Nare, Kecamatan Pemenang, Lombok Utara, NTB, Selasa…

UPT PBB-P2 dan BPHTB Sukabumi Terus Berikan Pelayanan Terbaik - Masyarakat Kini Bisa Bayar PBB di Minimarket

UPT PBB-P2 dan BPHTB Sukabumi Terus Berikan Pelayanan Terbaik Masyarakat Kini Bisa Bayar PBB di Minimarket NERACA Sukabumi - UPT…

All New Ertiga Mobil Terbaik Versi Otomotif Award 2019

Suzuki All New Ertiga meraih penghargaan mobil terbaik atau "Car of The Year" pada ajang Otomotif Award 2019. Kendaraan keluarga…

BERITA LAINNYA DI KESEHATAN

Angka Harapan Hidup Global Meningkat

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat peningkatan angka harapan hidup global sebesar 5,5 tahun dalam rentang 2000 hingga 2016. Wanita diprediksi…

Olahraga Secara Rutin Bisa Cegah Cacat Saat Tua

Kehilangan kemampuan bergerak melakukan aktivitas sehari-hari merupakan masalah yang banyak dialami orang tua. Untuk mencegah masalah kemampuan gerak ini, peneliti…

Makanan Ini Bisa Mencegah Penyakit Jantung dan Darah Tinggi

Menjaga kesehatan jantung tak hanya dengan menghindari makanan cepat saji dan makanan yang diproses berlebihan. Beberapa makanan bahkan baik dikonsumsi…