Penjualan Mitsubishi Xpander Tembus 100.000 Unit Dalam 18 Bulan

Penjualan Mitsubishi Xpander telah menembus angka 100.000 unit dalam 18 bulan, sejak diluncurkan pada Agustus 2017 hingga awal Maret 2019. Capaian penjualan itu menjadikan Mitsubishi Xpander sebagai model kendaraan yang mencapai penjualan tercepat ke 100.000 ribu unit untuk small MPV (multi-purpose vehicle).

Demikian disampaikan Presdir PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Tiga Sales Indonesia (MMKSI) Naoya Nakamura, di Jakarta, sebagaimana disalin dari Antara. Ia mengatakan dalam dua bulan terakhir 2019 penjualan Mitsubishi Xpander berhasil mengalahkan Toyota Avanza sebagai kendaraan terlaris. Nakamura mengakui Mitsubishi Xpander dan Pajero Sport menjadi andalan MMKSI untuk mendulang penjualan di segmen kendaraan penumpang.

Pada 2019 MMKSI menargetkan penjualan sebesar 150.000 unit, naik tipis dibandingkan 2018 yang mencapai 146.805 unit. "Lebih dari 50 persennya (penjualan 2019) adalah Mitsubishi Xpander," kata Nakamura.

Target terhadap tersebut sangat beralasan mengingat pada 2018 kontribusi penjualan terbesar adalah Mitsubishi Xpander dengan 75.772 unit atau sekitar 51 persen dari total penjualan MMKS tahun lalu.

Diakui Nakamura, tantangan terbesar penjualan Mitsubishi Xpander adalah memenuhi pesanan lebih cepat, mengingat inden masih sekitar satu bulan. "Karena itu sudah ada komitmen produksi akan dinaikkan dari 120.000 unit menjadi 160.000 unit," katanya.

Nakamura juga menginformasikan bahwa Mitsubishi akan meningkatkan ekspor Xpander, di samping memperkuat penguasaan pasar LMPV dalam negeri yang tahun lalu mencapai 27,8 persen.

Sepanjang Januari hingga Desember 2018, kendaraan keluarga Mitsubishi Xpander berhasil menguasai segmen Small MPV di kelas 1.500cc dengan pangsa pasar sebesar 44,1 persen. Berdasarkan peringkat, wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) mendominasi penjualan Xpander dengan kontribusi terhadap penjualan nasional sebesar 39 persen, disusul wilayah Sumatera sebesar 17 persen dan posisi ketiga ditempati Jawa Timur dengan kontribusi penjualan 16 persen.

Berdasarkan data wholesales (penjualan pabrik ke diler) Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dirilis pertengahan Januari 2019, Xpander telah terjual sebanyak 75.075 unit.

Director of Sales & Marketing Division MMKSI, Irwan Kuncoro, mengatakan bahwa Xpander diterima pasar otomotif nasional berkat kombinasi fungsional, fitur, desain dan kenyamanan yang ditawarkan. Untuk itu, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) berupaya menyelesaikan waktu tunggu pemesanan (indent) yang sudah mendekati 100.000 unit.

"Melihat capaian ini, tentunya kami akan terus berupaya untuk melanjutkan kesuksesan Xpander dengan memberikan layanan terbaik untuk konsumen. Salah satunya ialah dengan menangani waktu tunggu pemesanan atau indent, dimana hingga saat ini sudah mendekati 100.000 unit Xpander yang telah dikirimkan kepada konsumen," kata Irwan dalam keterangan tertulisnya.

Saat ini, jumlah pemesanan Xpander mencapai lebih dari 115.000 unit, sehingga PT MMKSI dan PT MMKI berupaya memenuhi permintaan konsumen dengan cara mengurangi masa. Diharapkan pada tahun 2019 konsumen dapat dengan lebih mudah untuk mendapatkan produk dan layanan Mitsubishi Motors di Indonesia.

MMKSI mengaku tidak terlalu optimistis terhadap pasar mobil di Indonesia tahun 2019, sehingga hanya memproyeksikan pertumbuhan penjualan Mitsubishi sekitar dua persen.

BERITA TERKAIT

Gubernur Banten Evaluasi Pokja Unit Layanan Pengadaan Barang dan Jasa

Gubernur Banten Evaluasi Pokja Unit Layanan Pengadaan Barang dan Jasa NERACA Serang - Gubernur Banten Wahidin Halim akan mengevaluasi pokja…

LMPI Targetkan Penjualan Rp 523,89 Miliar

NERACA Jakarta – Meskipun sepanjang tahun 2018 kemarin, PT Langgeng Makmur Industri Tbk (LMPI) masih mencatatkan rugi sebesar Rp 46,39…

ARNA Bukukan Penjualan Rp 561,23 Miliar

Di kuartal pertama tahun ini, PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) membukukan penjualan bersih sebesar Rp561,23 miliar atau naik 13,44% dibandingkan…

BERITA LAINNYA DI OTOMOTIF

Pertumbuhan Otomotif Jadi Magnet DFSK Bermain di SUV

Pasar otomotif Indonesia menjadi salah satu magnet bagi perusahaan otomotif dunia untuk menawarkan portofolio kendaraannya di tanah air, termasuk jenama…

BMW Rilis Generasi Keempat

Produsen mobil asal Jerman BMW meluncurkan All-New BMW X5 generasi keempat yang dirakit di pabrikan Sunter, Jakarta, dengan segmen Sports…

Hyundai Kona Akan Resmi Diluncurkan di IIMS 2019

PT Hyundai Mobil Indonesia akan meluncurkan mobil berjenis compact sport utility vehicle, Hyundai Kona, pada gelaran Indonesia International Motor Show…