Obligasi Astra Financa Naik Peringkat Jadi AA

Obligasi I/2011 yang dikeluarkan PT Toyota Astra Financial Services senilai Rp1,2 triliun naik peringkat dari 'idAA-' menjadi 'idAA oleh Pefindo.

Menurut analis Pefindo Dipo Akbar Panuntun, kenaikan peringkat tersebut mencerminkan pandangan Pefindo bahwa permodalan Toyota yang dibawah rata-rata tida merisaukan, karena dimitigasi oleh dukungan yang kuat oleh pemegang saham. "Telah ditetapkan suatu mekanisme yang memastikan Toyota Atra akan memiliki permodalan yang cukup dalam perkembangkan bisnisnya," kata Dipo di Jakarta, Rabu (14/3).

Prospek dari peringkat tersebut adalah stabil. Peringkat tersebut, sambungnya, mencerminkan dukungan yang kuat dari pemegang saham, posisi yang dominan dalam pembuatan mobil merek Toyota, dan kualitas aset yang sangat bagus. Akan tetapi, peringkat tersebut juga dibatasi oleh portofolio yang kurang terdiversifikasi.

Toyota merupakan perusahaan pembiayaan mobil dengan tujuan utama mendukung penjualan kredit untuk mobil merek Toyota. Toyota juga merupakan perusahaan patungan antara Astra Internasional dan Toyota Financial Services International, yang merupakan anak perusahaan langsung dari Toyota Motor Corporation, Jepan.

Sebelumnya, riset Fitch Rating menulistikan Toyota Astra berencana menerbitkan obligasi II-2012 senilai Rp1,5 triliun dengan tenor maksimum empat tahun. Peringkat obligasi itu di level AAA. Peringkat TAFS diyakini sebagai refleksi kuatnya dukungan pemegang saham perseroan, yakni Toyota Financial Services Corporation, anak usaha dari Toyota Motor Corporation, salah satu perusahaan manufaktur terbesar di dunia. (bani)

Related posts