Pers Membangun Peradaban Masyarakat Papua

Peranan pers di era perkembangan digital saat ini tidak saja berfungsi untuk menyebarkan informasi, melakukan kontrol sosial serta menyalurkan aspirasi warga tetapi telah berkotribusi nyata membangun peradaban masyarakat lokal.

Media massa yang menjamin kebebasan dan independensi harus digaungkan kalangan pekerja media di tanah Papua khususnya di Kabupaten Biak Numfor.

Bangsa Pelaksana Tugas Bupati Biak Herry Ario Naap mengakui peran Pers selain menyajikan beragam informasi lewat tulisan juga mampu membangun jati diri/karakter bangsa. Bahkan kontribusi Pers dalam era kemajuan digital saat ini, menurut Plt Bupati Herry Naap merupakan sarana penyambung informasi baik tentang berita bersifat riil maupun yang bersifat sekedar opini atau gagasan masyarakat.

Pers sebagai media pembentuk opini publik di tengah masyarakat menjadi sebagai salah satu kekuatan lembaga non pemerintah.

Media massa khususnya pada siaran televisi melalui tayangan-tayangannya yang dipercaya, menurut Plt Bupati Herry Naap, dapat mempengaruhi karakter para pemirsanya.

Sudah saatnya semua pihak ikut peduli dan mendorong media massa, lanjutnya, supaya pers dapat memperkuat karakter bangsa melalui pilihan berita atau konten berita yang mencerahkan para penonton/pembacanya, sehingga kebebasan pers dapat memperkuat karakter bangsa bukan sebaliknya melemahkan karakter bangsa.

Plt Bupati Herry Naap berharap media massa/pers jangan sekadar menjadi unit bisnis dan media hiburan dengan sekedar menjadi unit bisnis untuk penyelenggaraan media massa akan menjadi sangat pragmatis, hanya soal untung rugi dan mengabaikan nilai dan prinsip serta pendidikan publik.

Undang-Undang No. 40 tahun 1999 tentang Pers, menyebutkan bahwa pers mempunyai beberapa fungsi antara lain sebagai media informasi, hiburan, pendidikan dan kontrol sosial.

Terbinanya watak dan jati diri bangsa yang beriman dan bertakwa, mencerdaskan kehidupan bangsa, memajukan kesejahteraan umum, dalam rangka membangun masyarakat yang mandiri, demokratis, adil dan sejahtera.

Oleh karena itu media massa tidak boleh melupakan fungsi pers di dalam penyelenggaraan kehidupan politik.

Peran media massa/pers, menurut Plt Bupati Herry Naap, harus menjadi pelopor dalam pembangunan daerah, mencegah berita hoaks serta menanamkan pemahaman terhadap pembangunan karakter bangsa hingga mendorong munculnya kebanggaan akan Tanah Air.

Pers juga berkewajiban menjaga independensi dan obyektifitas, menurut Plt Bupati Herry Naap, harus mampu diwujudkan insan pers terutama dalam melakukan liputan berita secara profesional serta mengecek informasi secara valid.

Keberhasilan memgembangkan industri pariwisata di daerah, menurut Kadis Pariwisata Turbey Onisimus Dangeubun, sangat dipengaruhi langsung oleh keterlibatan pemberitaan media massa di tengah kehidupan masyarakat Biak Numfor.

"Informasi disampaikan melalui media massa juga dapat mempengaruhi jumlah kunjungan wisatawan ke Biak, peranan pers sangat menyatu dengan program pengembangan industri pariwisata daerah," ujar Kadis Pariwisata Biak Turbey Onisimus Dangeubun.

Ia berharap peranan pers dalam mendorong pengembangan industri pariwisata daerah terus digelorakan dengan menyajikan informasi menyangkut keragam kesenian budaya asli Papua, keindahan alam laut pulau Papua hingga potensi kuliner Papua yang khas. (ant)

BERITA TERKAIT

Membangun Ekosistem Ekonomi Syariah

Oleh : Agus Yuliawan  Pemerhati Ekonomi Syariah Allhamdulilah dalam debat terakhir capres dan cawapres yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum…

Kasus 81 Kontainer Kayu Ilegal Asal Papua Segera Disidangkan

Kasus 81 Kontainer Kayu Ilegal Asal Papua Segera Disidangkan NERACA Jakarta - Kejaksaan Agung menyatakan dua berkas perkara 81 kontainer…

UPT PBB-P2 dan BPHTB Sukabumi Terus Berikan Pelayanan Terbaik - Masyarakat Kini Bisa Bayar PBB di Minimarket

UPT PBB-P2 dan BPHTB Sukabumi Terus Berikan Pelayanan Terbaik Masyarakat Kini Bisa Bayar PBB di Minimarket NERACA Sukabumi - UPT…

BERITA LAINNYA DI BISNIS INDONESIA

Yang Bangkit Pasca Bencana Alam

Keseriusan pemerintah pusat untuk menyemarakkan kembali sektor pariwisata pantai dengan memberikan kemudahan kepada semua pihak yang terlibat, diantaranya mencabut larangan…

Membahas Upaya Pemulihan Pariwisata Lombok

Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) dari 16 provinsi mengikuti rapat kerja nasional di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, dengan salah…

Bangkit Pasca Bencana Alam

Keseriusan pemerintah pusat untuk menyemarakkan kembali sektor pariwisata pantai dengan memberikan kemudahan kepada semua pihak yang terlibat, diantaranya mencabut larangan…