Pers Membangun Peradaban Masyarakat Papua

Peranan pers di era perkembangan digital saat ini tidak saja berfungsi untuk menyebarkan informasi, melakukan kontrol sosial serta menyalurkan aspirasi warga tetapi telah berkotribusi nyata membangun peradaban masyarakat lokal.

Media massa yang menjamin kebebasan dan independensi harus digaungkan kalangan pekerja media di tanah Papua khususnya di Kabupaten Biak Numfor.

Bangsa Pelaksana Tugas Bupati Biak Herry Ario Naap mengakui peran Pers selain menyajikan beragam informasi lewat tulisan juga mampu membangun jati diri/karakter bangsa. Bahkan kontribusi Pers dalam era kemajuan digital saat ini, menurut Plt Bupati Herry Naap merupakan sarana penyambung informasi baik tentang berita bersifat riil maupun yang bersifat sekedar opini atau gagasan masyarakat.

Pers sebagai media pembentuk opini publik di tengah masyarakat menjadi sebagai salah satu kekuatan lembaga non pemerintah.

Media massa khususnya pada siaran televisi melalui tayangan-tayangannya yang dipercaya, menurut Plt Bupati Herry Naap, dapat mempengaruhi karakter para pemirsanya.

Sudah saatnya semua pihak ikut peduli dan mendorong media massa, lanjutnya, supaya pers dapat memperkuat karakter bangsa melalui pilihan berita atau konten berita yang mencerahkan para penonton/pembacanya, sehingga kebebasan pers dapat memperkuat karakter bangsa bukan sebaliknya melemahkan karakter bangsa.

Plt Bupati Herry Naap berharap media massa/pers jangan sekadar menjadi unit bisnis dan media hiburan dengan sekedar menjadi unit bisnis untuk penyelenggaraan media massa akan menjadi sangat pragmatis, hanya soal untung rugi dan mengabaikan nilai dan prinsip serta pendidikan publik.

Undang-Undang No. 40 tahun 1999 tentang Pers, menyebutkan bahwa pers mempunyai beberapa fungsi antara lain sebagai media informasi, hiburan, pendidikan dan kontrol sosial.

Terbinanya watak dan jati diri bangsa yang beriman dan bertakwa, mencerdaskan kehidupan bangsa, memajukan kesejahteraan umum, dalam rangka membangun masyarakat yang mandiri, demokratis, adil dan sejahtera.

Oleh karena itu media massa tidak boleh melupakan fungsi pers di dalam penyelenggaraan kehidupan politik.

Peran media massa/pers, menurut Plt Bupati Herry Naap, harus menjadi pelopor dalam pembangunan daerah, mencegah berita hoaks serta menanamkan pemahaman terhadap pembangunan karakter bangsa hingga mendorong munculnya kebanggaan akan Tanah Air.

Pers juga berkewajiban menjaga independensi dan obyektifitas, menurut Plt Bupati Herry Naap, harus mampu diwujudkan insan pers terutama dalam melakukan liputan berita secara profesional serta mengecek informasi secara valid.

Keberhasilan memgembangkan industri pariwisata di daerah, menurut Kadis Pariwisata Turbey Onisimus Dangeubun, sangat dipengaruhi langsung oleh keterlibatan pemberitaan media massa di tengah kehidupan masyarakat Biak Numfor.

"Informasi disampaikan melalui media massa juga dapat mempengaruhi jumlah kunjungan wisatawan ke Biak, peranan pers sangat menyatu dengan program pengembangan industri pariwisata daerah," ujar Kadis Pariwisata Biak Turbey Onisimus Dangeubun.

Ia berharap peranan pers dalam mendorong pengembangan industri pariwisata daerah terus digelorakan dengan menyajikan informasi menyangkut keragam kesenian budaya asli Papua, keindahan alam laut pulau Papua hingga potensi kuliner Papua yang khas. (ant)

BERITA TERKAIT

Said Abdullah: Pendekatan Ekonomi dan Keamanan Jadi Lokomotif Penyelesaian Masalah Papua

  NERACA   Jakarta - Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, Said Abdullah menegaskan sinergitas antara aspek ekonomi dan…

Hukum yang Berorientasi ke Masyarakat Topang Kesejahteraan

Hukum yang Berorientasi ke Masyarakat Topang Kesejahteraan   NERACA Jakarta - Pengamat politik, hukum, dan tata negara Prof. Asep Warlan Yusuf…

New TRITON Mudahkan Masyarakat dan Pelaku Industri di Sektor Perkebunan

New TRITON Mudahkan Masyarakat dan Pelaku Industri di Sektor Perkebunan NERACA Pekanbaru – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia…

BERITA LAINNYA DI BISNIS INDONESIA

Daerah Mendukung Pemindahan Ibukota Negara

Daerah Mendukung Pemindahan Ibukota Negara DPD RI berkomitmen mendukung rencana Pemerintah untuk segera merealisasikan pemindahan Ibu kota negara dari Jakarta…

Menangkap Peluang Pemindahan Ibukota Negara

Rektor Universitas Tanjungpura Pontianak, Prof DR Garuda Wiko SH, MSI mengatakan pemerintah provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) harus mengambil peluang sebesar-besarnya…

Pemindahan Ibukota Tak Ganggu Anggaran Lain di APBN

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas memastikan kebutuhan anggaran pemindahan ibu kota negara dari APBN, tidak akan diambil dari penerimaan APBN murni…