Transaksi MBC 2012 Tembus Rp 650,25 Miliar

NERACA

Hingga berakhirnya MBC Jakarta 2012, panitia menorehkan kesuksesan dengan total transaksi di delapan kota yang berhasil menembus jumlah total Rp 650,25 miliar. Jumlah ini melampaui total transaksi MBC pada tahun 2011 kemarin, yang berhasil membukukan nilai transaksi sebesar Rp 615,9 miliar.

Setelah berlangsung dari tanggal 29 Februari – 4 Maret 2012, pagelaran Mega Bazaar Computer (MBC) 2012 yang berlangsung di Jakarta, Surabaya, Bandung, Makassar dan Malang resmi ditutup 4 Maret 2012. Sedangkan MBC Semarang berakhir pada 6 Maret dan Jogjakarta pada 7 Maret 2012.

Awalnya, Dyandra Promosindo selaku penyelenggara MBC 2012 menetapkan target total transaksi sebesar Rp 650 miliar dengan total 220.000 pengunjung dan ternyata target tersebut berhasil dilampaui. Hingga berakhirnya MBC Jakarta 2012, panitia menorehkan kesuksesan dengan total transaksi di delapan kota yang berhasil menembus jumlah total Rp 650,25 miliar. Dengan rincian transaksi MBC 2012 (Delapan Kota) yakni, di Jakarta Rp 608 miliar, Medan Rp 10,25 miliar, Bandung Rp 2,5 miliar, Malang 1,4 miliar, Surabaya 7 miliar, Makasar 12 miliar, Semarang 2,4 miliar, Yogyakarta 6,7 Miliar.

Jumlah ini melebihi angka total transaksi MBC pada 2011 lalu, yang berhasil membukukan nilai transaksi sebesar Rp 615,9 miliar. Penyelenggaraan MBC 2012 di Jakarta sendiri sukses meraup Rp 608 miliar dengan total pengunjung sebanyak 216.444 orang.

Beragam produk yang dipamerkan pun diserbu para pengunjung. Selama MBC Jakarta 2012, produk yang paling diminati adalah PC Tablet, smartphone, laptop, netbook, dan berbagai aksesoris pendukungnya, seperti mouse, headset, dan external harddisk. “Antusiasme pengunjung untuk bertransaksi di pameran MBC ini menunjukkan bahwa daya serap masyarakat untuk produk teknologi informasi juga meningkat. Hal ini tentu merupakan sesuatu yang positif mengingat negara kita juga terus berupaya untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam teknologi informasi,” kata IT Division Manager Dyandra Promosindo Sri Vista Limbong.

Vista juga menyampaikan optimismenya terhadap sambutan masyarakat di delapan kota besar. “Sekali lagi kami sangat gembira, animo masyarakat terhadap perkembangan dunia informasi dan komunikasi sangat tinggi. Ini menjadi bukti bahwa industri produk komputer dan teknologi informasi mampu diserap dengan baik oleh pasar di Indonesia. Saya optimistis pasar Indonesia mampu bersaing dengan pasar China dan India,” kata dia.

Tak hanya area pameran MBC 2012 saja yang dipadati pengunjung, arena pameran fotografi Focus pun tak henti dipenuhi. Berbagai talkshow yang digelar di panggung utama maupun di masing-masing booth seperti Nikon, Sigma, dan Sony. Selain itu, masing-masing vendor pun juga menggelar beragam kompetisi dengan hadiah menarik. Tak pelak para penggemar fotografi pun enggan melewatkan kesempatan akbar untuk memperoleh ilmu sekaligus hadiah.

Di Plenary Hall, para penggemar game memuaskan rasa penasarannya dengan mencoba game online terbaru seperti Mercury Red, Harvest Moon Indonesia, dan Realms of the Titans yang dibesut oleh Prodigy Infinitech. Selain itu, para gamer juga berkompetisi dalam berbagai jenis game di platform pilihannya. Hotgame misalnya menggelar kompetisi Winning Eleven 2012 dan Tekken Hybrid di console PlayStation3. Ada pula kompetisi arcade game Pump It Up yang digemari oleh para gamer yang memiliki gerak kaki lincah.

Kemeriahan dalam MBC 2012 ini membuktikan adanya keterkaitan minat pengunjung untuk produk komputer beserta aksesorisnya, gadget fotografi, dan dunia game. Dyandra Promosindo selaku penyelenggara Mega Bazaar Computer menyadari betapa pentingnya acara ini dan berkomitmen untuk terus menyelenggarakannya secara rutin.

Pengundian Doorprize

Puncak acara MBC Jakarta 2012 ditandai dengan pengundian aneka doorprize yang berlangsung meriah di area Plenary Hall. Dalam pengundian tersebut, doorprize berupa dua unit lemari es LG dimenangkan oleh Bagus Darmawan dan Slamet Hariyanto, sedangkan dua monitor LG Cycle berhasil diusung oleh Anton Jonathan dan Christi PW , 2 unit LG Home Theatre dimenangkan oleh Dian Endri dan Melly, 2 unit smartphone Blackberry dimenangkan Susi Handayani dan Rachmiyati Bany. Lalu, 6 unit sepeda Wimcycle masing-masing berhasil dibawa pulang oleh Adam, Dicky Josua, Hendi, Elvin Chandra, Willy Windoko dan Nanis Raharani. Untuk daftar pemenang doorprize dari 7 daerah penyelenggaraan MBC lainnya dapat dilihat di www.megabazaarcomputer.com. Sedangkan grand prize berupa satu unit mobil Daihatsu All New Xenia rencananya akan diundi pada tanggal 30 Maret 2012 mendatang.

Vista mengatakan bahwa Dyandra Promosindo menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh exhibitor, para pengunjung, dan seluruh pihak yang mendukung pelaksanaan MBC dan IGF 2012. “Keberhasilan pelaksanaan MBC Jakarta ini tentu tidak terlepas dari kerjasama semua pihak, baik para peserta pameran, vendor terkait, media massa, dan terutama masyarakat penggemar teknologi informasi di Indonesia. Kami berharap, MBC dapat terus diselenggarakan dengan kualitas prima agar masyarakat bisa lebih nyaman dan puas,” katanya.

Related posts