Strategi Jitu Memasarkan Handicraft

Neraca. Sebagus apapun produk dari bisnis yang kita miliki, tanpa pemasaran yang baik menjadi tidak ada artinya, karena itu pemasaran merupakan ujung tombak dari bisnis yang kita miliki. Pemasaran bisnis usaha kecil tidak semata-mata menjual hasil produksi, tetapi juga menciptakan image bahwa produk kita baik dan diperlukan. Tugas staff pemasaran adalah menjual sekaligus membangun image produk.

Dalam mencapai target pemasaran ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar pemasaran dapat dilakukan dengan baik dan sesuai dengan target yang diharapkan bahkan lebih seperti;

Selalu menambah pengetahuan kita dari sisi manapun akan produk yang kita tawarkansehingga kita bisa memberi pengertian kepada konsumen, apa keunggulan produk yang kita tawarkan dengan produk lain yang sejenis. Tidak bosan belajar dari siapa saja agar bisa maju. Selalu melebihkan target yang diberikan kepada kita. Semisal kita diberi targetmenjual 100 barang dalam sebulan maka kita harus mencatat bahwa target lebih dari 100. Tapi ingat untuk awal-awal jangan terlalu tinggi dalam melebihkannya, yang rasional saja semisalmenjadi 110 barang. Selalu catat dan pantau perkembangan penjualan yang terjadi dari hari kehari,minggu ke minggu. Sehingga bila ada hambatan bisa cepat ditanggulangi. Memantau dan memotivasi pasar yang sudah ada agar selalu berkembang. Selalu mencari peluang pasar baru, ingat jangan hanya mengAndalkan satu duasumber pendapatan, dapatkan sebanyak-banyaknya. Selalu menjaga hubungan baik dengan para pelanggan kita siapapun dia, mulai dari konsumen langsung,agen sampai distributor. Perhatikan bulan-bulan “paceklik ”bagi usaha Anda, usahakan inovasi penuh jauh hari sebelumnya untuk mengantisipasinya. Jaga kejujuran kita, kualitas produk dan pelayanan yang kita berikan. Jangan lupa untuk selalu beribadah dan berdoa serta beramal.

Pelanggan perlu merasa bahwa mereka penting bagi Anda ! Ketika Anda berfokus pada pelanggan Anda dan mendapatkan kepercayaan mereka, mereka tidak hanya akan merekomendasikan Anda tetapi mereka juga akan tetap setia kepada Anda. Ingat, rekomendasi pribadi dan kata-dari mulut ke mulut adalah strategi pemasaran yang paling mahal namun paling efektif untuk bisnis Anda.

Dan sebuah rencana yang baik membantu Anda meningkatkan peluang Anda untuk berhasil dan dapat membantu Anda menentukan konsep bisnis Anda, memperkirakan biaya, memprediksi penjualan dan mengendalikan risiko Anda. Karena saat Anda memutuskan bergelut dengan bisnis dan tanpa perencanaan adalah seperti mengemudi ke negeri asing tanpa peta jalan.

Related posts