Yang Unik Yang Menarik

Neraca. Kerajinan unik yang kini mendapat perhatian dunia adalah menyulap bahan serat alam seperti Pohon Gebang, Daun Pandan dan sebagainya menjadi kerajinan tangan yang unik. Konn bahan serat alam dapat berubah menjadi hasil kerajinan tangan yang artistik dansangat unik.

Bagi sebagian orang tentu tidak akan menyangka tanaman berbatang tunggal dengan tinggi sekitar 15-20 cm dengan daun berbentuk kipas dan bertangkai panjang tersebut ternyata punya nilai ekonomis yang tinggi, setelah menjadi aneka kerajinan tangan.

Atau tanaman gulma enceng gondok yang banyak ditemukan di rawa-rawa atau sawah dapat diubah menjadi kerajinan tangan yang menarik. Handicraf berbahan dasar serat alam memiliki keindahan tersendiri, terkesan natural dan ramah lingkungan.

Proses membuat kerajinan tangan dari serat alam menjadi kerajinan tangan meliputi beberapa proses. Tanaman Pohon gebang pertama kali dibelah, direndam, dan selanjutnya dijemur. Setelah serat cukup kering kemudian dirangkai menjadi tali berukuran kecil. Dengan tali-tali berukuran kecil tersebut siap dianyam menjadi kerajinan seperti tas, topi, keranjang dan lain-lain.

Proses selanjutnya adalah pewarnaan, pelapisan tas bagian dalam, dan proses finishing seperti pemberin furnish dan memberikan berbagai macam aksesoris. Berbagai macam kerajinan yang sudah melewati proses-proses tersebut telah menjadi kerajinan tangan serat alam yang siap untuk dipasarkan. Berikut beberapa contoh produksi kerajinan tangan serat alam.

Produk lain adalah bunga kering. Ini menjadi favorit masyarakat Jepang. Terutama dalam menambahkan hiasan rumah dengan aneka macam bunga merupakan hal yang sering dilakukan orang. Kerajinan hiasan bunga kering sudah cukup populer dibuat oleh banyak pengrajin di berbagai tempat.

Kerajinan Bunga kering awalnya merupakan pemanfaatan bunga yang sudah tidak terpakai dan menjadi limbah, dengan merangkainya sedemikian rupa dan diberikan berbagai macam asesoris bisa menjadi barang kerajinan dan hiasan bernilai seni tinggi.

Selain itu kerajinan bunga kering telah menjadi peluang bisnis bagi para pengrajin yang menggelutinya. Karena dengan memanfaatkan barang-barang limbah dan tidak terpakai bisa menjadi barang berharga cukup mahal dan banyak diminati masyarakat.

Sesungguhnya membuat kerajinan bunga kering tidaklah hal yang sulit, yang diperlukan adalah ketelatenan dan ketelitian dalam merangkainya. Karena itu kebanyakan pengrajin bunga kering adalah kaum ibu.

Dengan beberapa peralatan pembantu yang cukup sederhana misalnya gunting, cutter, lem dan beberapa peralatan sederhana lainnya bisa menghasilkan hasil,kerajinan tangan yang bermutu tinggi. Karena proses yang tidak terlalu rumit dan membutuhkan peralatan yang mahal, usaha kerajinan bunga kering mudah diaplikasikan pada skala usaha kecil dan menengah (UKM).

Sebagai sebuah karya seni kerajinan tangan memang dituntut untuk melakukan inovasi-inovasi terhadap produknya. Banyak jenis dan macam kerajinan tangan yang dapat dihasilkan. Seperti; Kerajinan batu alam yang merupakan hasil kerajinan tangan yang dibuat dari bahan dasar batu alam.

Produknya berupa hiasan untuk rumah dan taman. Produk Kerajinan Tangan dari Batu alam antara lain Roster dinding,Ornamen dinding, Lampu Taman, Air Mancur, Relief Ornamen, Patung Taman, Relief Papan Nama dan aneka macam souvenir dengan bahan dasar batu alam.

Lalu kerajinan tangan berbahan dasar logam seperti kuningan dan alumunium. Produknya antara lain kerajinan priring buah, pot alumunium dan lain sebagainya. Kerajinan kayu terbuat dari berbagai macam kayu berkualitas tinggi dan didesain oleh ahli-ahli di bidangnya. Produk Kerajinan dari kayu antara lain kotak perhiasan, meubel dan furniture, Relief dan aneka souvenir kerajinan tangan dari bahan kayu.

Kerajinan gerabah seperti produk kerajinan tangan dari bahan dasar gerabah antara lain hiasan keramik. Kemudian kerajinan tembaga, yakni produk-produk kerajinan tangan dengan bahan dasar tembaga antara lain kawat tembaga, vas dan Guci, Lampu Lampion,Kursi Taman, Lampu taman , teko, wastafel dan lain-lain. Kerajinan Souvenir pernikahan, seperti souvenir berbentuk asbak, boneka, tempat pensil, tempat tisu, gantungan kunci dan lain-lain.

Related posts