Tips Ampuh Menambah Energi di Siang Hari

Minimnya energi tubuh membuat aktivitas harian terasa menjengkelkan. Waktu pulang kantor belum tiba, mata sudah terkulai. Jika begitu, artinya Anda perlu mendapatkan lebih banyak energi. Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan energi adalah dengan tidur cukup dan berkualitas pada malam hari sebelumnya. Namun, terkadang itu saja tidak cukup. Ada saja hal-hal yang membuat energi loyo. Namun, Anda tak perlu khawatir. Beberapa kiat bisa dilakukan demi menambah energi tubuh. Berikut mengutip Women's Health Magz.

1. Pilih kopi, jangan minuman berenergi

Kopi dan minuman berenergi sama-sama mengandung kafein yang mampu membuat Anda bersemangat. Namun, kopi dipercaya lebih baik dalam memberikan energi untuk tubuh. "Minuman berenergi hanya akan memberi Anda dorongan sementara," ujar ahli nutrisi, Allison Childres. Pasalnya, minuman energi diketahui kerap mengandung kafein yang bercampur dengan zat-zat stimulan lainnya seperti guarana dan yerba mate. Sekitar 8-12 ons kopi adalah pilihan yang baik untuk menambah energi tubuh. Namun, berhati-hatilah dengan waktu. Terlalu sore atau malam meminum kopi hanya dapat mengganggu tidur Anda yang seharusnya berkualitas.

2. Hidrasi tubuh dengan air

Tak semua orang bisa meminum air mineral sebanyak yang dimampu. Dehidrasi adalah salah satu alasan energi tubuh menyusut. Sebagian besar dari kita, ujar Childres, menjalani hari dalam kondisi dehidrasi. "Ketika tubuh mengalami dehidrasi, Anda akan merasa lelah dan lamban," ujarnya.

Childres mengatakan, hampir semua jenis minuman (kecuali alkohol) diperhitungkan dalam asupan harian. Jadi, jika Anda tak berkesempatan meminum air putih, Anda bisa mengkombinasikannya dengan jus, teh, atau minuman lainnya.

3. Camilan mengandung karbohidrat dan protein

Energi tubuh Anda berasal dari kalori yang Anda konsumsi. Jika Anda lemas, artinya Anda memerlukan tenaga tambahan. Namun, bukan berarti Anda bisa sembarangan mencari camilan di minimarket. Ada formula sederhana untuk menentukan camilan berenergi yang sempurna. "Pilihlah yang mengandung karbohidrat dan protein," ujar Childres.

Karbohidrat akan memberi tubuh Anda bahan bakar, sementara protein akan membantu Anda kenyang dalam waktu lebih lama. "Cobalah dengan sebuah apel dan sepotong keju, cracker dengan mentega kacang," kata Childres.

4. Bergerak di tengah aktivitas kerja

Solusinya sederhana jika Anda tiba-tiba mengantuk di tengah aktivitas kerja. Jawabannya adalah bergerak dan jalan-jalan. Bergerak adalah sumber energi yang meningkatkan sirkulasi Anda dan menjaga otot tetap aktif. Tak selalu harus keluar ruangan menghirup udara segar, cukup berjalan keliling kantor. Childres menyarankan untuk membiarkan tubuh bergerak setiap satu jam sekali. "Lakukan secara teratur dan tetap fokus pada pikiran. Istirahat sejenak baik untuk pikiran Anda," ujar Childres.

5. Pergi keluar saat istirahat makan siang

Cuaca yang cerah tak hanya baik untuk suasana hati, tapi juga untuk kesehatan fisik. "Matahari bisa sangat menyegarkan dan bisa merangsang produksi vitamin D," ujar Childres. Semua orang membutuhkan vitamin D untuk kesehatan tulang. Sedikit catatan, jika cuaca sedang amat terik, pastikan melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari. Anda juga hanya memerlukan waktu sekitar 10-15 menit terkena paparan sinar matahari.

6. Tidur siang selama 20 menit

Jika Anda memiliki banyak pekerjaan, tak ada salahnya meluangkan sedikit waktu untuk tidur siang. Namun, Anda tidak perlu tidur siang terlalu lama. "Panjang ideal untuk tidur siang biasanya sekitar 20 menit," ujar Childres. Tidur terlalu lama, kata Childres, hanya akan membuat seseorang lebih mengantuk. Semakin lama Anda memasuki siklus tidur, semakin besar kemungkinan Anda tidur dengan nyenyak.

BERITA TERKAIT

Laba Bersih Medco Energi Tumbuh 29,68%

NERACA Jakarta - Kuartal pertama 2019, PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC). membukukan pertumbuhan laba bersih US$ 28,05 juta atau…

Energi Mulai Produksi Gas di Blok Bentu

NERACA Jakarta — Di kuartal kedua tahun ini, PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG) memastikan akan memulai produksi gas dari…

Saham Alfa Energi Masuk Pengawasan BEI

NERACA Jakarta – Lantaran telah terjadi aktivitas saham di luar kebiasaan, perdagangan saham PT Alfa Energi Investama Tbk (FIRE) masuk…

BERITA LAINNYA DI KESEHATAN

Batam Antisipasi Penularan Cacar Monyet dari Singapura

Pemerintah Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, mengantisipasi penularan virus cacar monyet atau monkeypox, setelah Kementerian Kesehatan Singapura mengumumkan penemuan penderita…

Cara Tepat Mencegah Dehidrasi saat Berpuasa

Di bulan Ramadan, tubuh menahan haus dan lapar selama lebih dari 12 jam. Artinya, ketika berpuasa, tubuh tidak menerima asupan…

Agar ASI Tetap Lancar saat Bulan Ramadan

Memasuki bulan Ramadan, umat Islam harus beradaptasi dengan penyesuaian waktu makan. Utamanya, bagi ibu menyusui yang membutuhkan asupan demi air…