Sepanjang Februari 2012, Penjualan Yamaha Tumbuh 26%

NERACA

Jakarta - Penjualan sepeda motor Yamaha Indonesia tumbuh 26% pada Februari 2012 lalu bila dibandingkan Januari 2012 lalu menjadi 257.881 unit. Yamaha Indonesia mengklaim, pertumbuhan penjualan motor ini berkat munculnya produk baru.

Public Relation Corporate & Communication Head Yamaha Indonesia Indra Dwi Sunda mengatakan, tahun ini Yamaha Indonesia meluncurkan Mio J dan Mio Fino. Penjualan Mio J mencapai 29.356 unit dan Mio Fino sebesar 19.883 unit. Penjualan sepeda motor skutik lama, Mio, masih mendominasi penjualan pada Februari lalu. Penjualan Mio mencapai 43.607 unit. Selain itu, penjualan jenis lainnya seperti Soul yang terjual 17.635 unit dan Xeon yang terjual 20.139 unit. Sedangkan, sepeda motor sport naik 17% dibanding Januari 2012 menjadi 33.466 unit.

Tahun ini, lanjutnya, Yamaha menargetkan menguasai 50% pasar sepeda motor di Indonesia. Untuk mencapai target itu, Yamaha terus menambah varian produk sepada motornya dan menambah jaringan bengkelnya yang saat ini telah ada sekitar 3.000 jaringan bengkel dengan tenaga mekanik hingga 14.000 orang. “Konsumen saat ini kan tidak memiliki banyak pilihan. Yang kita lakukan adalah mengenalkan produk baru kita nanti dan tahun ini kita menargetkan penjualan hingga 3,7 unit tahun ini,” ungkapnya di Jakarta, Senin.

Sementara itu, nasib naas menimpa PT Astra Honda Motor (AHM). Penjualannya melorot sebesar 8% pada Februari lalu dibandingkan Januari 2012 lalu menjadi 355.580 unit. “Karena memang Februari memiliki hari kerja yang lebih sedikit dibanding bulan lainnya,” kata Sigit Kumala, Manajer Umum Senior AHM.

Dia mengatakan, skuter matik masih menjadi andalan untuk mendongkrak penjualannya di tahun ini. “Vario itu rata-rata terjual 60.000 unit perbulannya. Dengan keluarnya Vario PGM-FI, kita harap penjualannya mencapai 70.000 unit perbulannya,” ujarnya.

Sigit berharap produk baru Honda bisa menggenjot penjualannya hingga mencapai target penjualan mencapai 4,6 juta unit sepeda motor hingga akhir 2012. Selain itu, dukungan pasca penjualan pun akan menjadi tumpuan Honda dalam menjaring konsumen yang ada saat ini. “Jaringan diler kita ada 1.800 di seluruh indonesia dan bengkel resmi kita ada 3.700. ini akan terus kami tingkatkan untuk menopang layanan pasca penjualan,” jelasnya.

Sebelumnya, Presiden Direktur AHM Yusuke Hoke mengaku optimis AHM targetkan penjualan skutik Honda 4,6 sampai 4,8 juta unit sampai akhir 2012. Lebih jauh lagi Hoke memaparkan, AHM menargetkan penguasaan pasar sepeda motor bertransmisskutik) sebesar 57-60 % di Indonesia.

Tahun lalu, lanjut dia, AHM telah memimpin pasar skutik di Indonesia dengan angka 57,4 %. Pada 2011 penjualan skutik Honda mencapai sekitar 2,38 juta unit atau naik 53,5 % dibandingkan tahun sebelumnya. “Pertumbuhan penjualan skutik Honda tersebut lebih tinggi dibandingkan peningkatan penjualan skutik nasional yang mencapai 22,9 %. Pada 2011 penjualan skutik secara nasional mencapai sekitar 4,1 juta unit naik dibandingkan tahun sebelumnya 3,376 juta unit,” papar Hori.

Untuk mencapai penguasaan pasar skutik sebesar 57-60 % tahun ini, kata Hori, AHM memperkuat lini penjualan skutik kelas atas dengan meluncurkan Honda Vario Techno 125 PGM-FI yang harganya berkisar antara Rp15,1 juta per unit untuk standar dan Rp15,9 juta per unit untuk varian yang menggunakan sistem combi brake.

"Seri Vario merupakan salah satu produk terlaris kami. Kami optimistis Vario Techno 125 PGM-FI mampu memenuhi kebutuhan konsumen terhadap sepeda motor yang futuristik dengan teknologi yang handal," ujarnya.

Eksekutif Wakil Presdir AHM Johannes Loman menambahkan, pihaknya menargetkan penjualan produk baru tersebut menembus angka 70 ribu unit per bulan. Skutik, diakui Johannes Loman, menjadi andalan penjualan AHM. "Sejak diluncurkan pertama kali tahun 2006 sampai sekarang penjualan Vario telah mencapai hampir 3 juta unit," ujarnya.

BERITA TERKAIT

Di Pameran Seafood Amerika, Potensi Perdagangan Capai USD58,47 Juta

NERACA Jakarta –Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berhasil membawa produk perikanan Indonesia bersinar di ajang Seafood Expo North America (SENA)…

Jelang HBKN, Jaga Stabilitas Harga dan Pasokan Bapok

NERACA Jakarta – Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus meningkatkan koordinasi dengan instansi terkait dalam  menjaga stabilitas harga dan pasokan barang kebutuhan…

Sistem Keamanan Pangan Segar Daerah Dioptimalkan

NERACA Makassar – Badan Pangan Nasional/National Food Agency (Bapanas/NFA) telah menerbitkan Perbadan Nomor 12 Tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan…

BERITA LAINNYA DI Perdagangan

Di Pameran Seafood Amerika, Potensi Perdagangan Capai USD58,47 Juta

NERACA Jakarta –Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berhasil membawa produk perikanan Indonesia bersinar di ajang Seafood Expo North America (SENA)…

Jelang HBKN, Jaga Stabilitas Harga dan Pasokan Bapok

NERACA Jakarta – Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus meningkatkan koordinasi dengan instansi terkait dalam  menjaga stabilitas harga dan pasokan barang kebutuhan…

Sistem Keamanan Pangan Segar Daerah Dioptimalkan

NERACA Makassar – Badan Pangan Nasional/National Food Agency (Bapanas/NFA) telah menerbitkan Perbadan Nomor 12 Tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan…