Tak Semua Mahal di Mal

Neraca

Tak lengkap rasanya menikmati wisata belanja di Jakarta tanpa datang ke puluhan mal yang tersebar di seluruh wilayah ibukota, mulai dari timur, barat, selatan, utara hingga pusat. Ada pendapat bahwa memasuki area mal pastilah barang yang ditawarkan berharga sangat tinggi dibandingkan dengan pasar tradisional maupun ITC atau pusat grosir lainnya. Tetapi kenyamanan yang ditawarkan oleh mal dalam berbelanja menjadi nilai plus. Apalagi di mal jarang terjadi pencopetan maupun tindak kriminal lain seperti pelecehan seksual maupun penculikan anak.

Tetapi, kembali ke persoalan biaya belanja yang ada di mal dengan pasar dan pusat grosir. Tentunya kedua tempat yang disebut belakangan menjadi pilihan bagi Anda yang ingin berhemat sebab harganya jauh lebih murah. Tak peduli kualitas maupun kenyamanan, terjangkau kantong menjadi pilihan utama. Meski demikian, mal tetap diminati berdasarkan banyak pertimbangan, terutama aman dan nyaman.

Tak selamanya Mal identik dengan mahal. Belasan mal bahkan memberikan penawaran diskon dan promo unik untuk menjangkau segala lapisan masyarakat. Biasanya tawaran ini dikemas dalam event seperti “Midnight Sale” atau bazaar. Senayan City, misalnya. Shopping Centre yang terletak di kawasan selatan Jakarta ini rutin mengadakan “Midnight Shopping”. Sebuah event belanja hingga tengah malam yang memberikan penawaran-penawaran murah di setiap tenantnya. “Diskon yang ditawarkan bisa mencapai 70% dari harga normal, lho. Soal kualitas tentu tak perlu diragukan lagi,” tutur Very Setiady, Marketing Director Senayan City yang ditemui Neraca beberapa waktu lalu. Mal yang biasa dipanggil Sency ini bahkan mengadakan 3 kali sensasi belanja tengah malam setiap tahunnya. “Biasanya di bulan Ramadhan, akhir tahun serta ulang tahun Senayan City,” jelasnya lagi.

Ditambah bazaar yang kerap diadakan dari brand-brand ternama seperti Crocs, Zara, The Little Things She Needs, Stradivarius dan masih banyak lagi. “Tahun 2011 kami pernah mengadakan bazaar dari Metrox yang sangat fenomenal. Brand yang ditawarkan mulai dari Crocs, Adidas, The Little Things She Needs dan masih banyak lagi, harganya bisa mencapai puluhan ribu saja, lho,” imbuh Very lagi. Langkah ini pun dilakukan oleh Shopping Centre lain seperti Gandaria City yang baru-baru ini mengadakan “MAP Bazaar & Sale”. Belasan merk yang bernaung di bawah bendera PT Mitra Adi Perkasa (MAP) digelar dengan diskon mencapai 70%. Murah meriah untuk barang branded berkelas Internasional.

Baik belanja tengah malam maupun bazaar diakui Very akan selalu diadakan, “Hal ini untuk membuat transaksi jual beli di mal lebih bergairah lagi,” tuturnya. Untuk mengetahui jadwal belanja tengah malam maupun bazaar murah yang diadakan di mal, Anda bisa mencarinya lewat Facebook, Twitter maupun Website pribadi masing-masing shopping centre.

Salah satu mal yang mengupdate promo tenant-nya adalah Central Park Mal. Shopping Centre terbesar di Asia Tenggara ini menyadari betul bahwa event maupun promosi sangat penting diadakan agar banyak pengunjung yang berminat datang ke Mal, terutama di hari raya (Imlek, Idul Fitri atau Natal) hingga liburan anak sekolah. Masyarakat urban memang kerap memilih mal sebagai tempat tujuan akhir pekan, entah untuk berbelanja atau sekadar hang out.

Walaupun online shopping menjamur, tetapi tidak lantas menurunkan pamor shopping centre. “Mal tetap dijadikan sebagai alternatif hiburan orang yang hendak week end sebab semua ada di sini, mulai dari wisata belanja, kuliner bahkan tempat bermain anak,” tutur Very yang menjabat sebagai Executive Director Central Park Mall yang bersama Senayan City berada di bawah PT. Agung Podomoro Land.

Intinya, Anda memang harus jeli mencari informasi mengenai promo menarik di mal yang sedang dan akan berlangsung. Selamat berbelanja! (rani)

Related posts