Donasi Rp 500 juta Untuk Penderita Kanker - Four Seasons Hotel Jakarta :

NERACA

Penggalangan dana dari Jakarta RACE (Run Against Cancer Everyone), Four Seasons Hotel Jakarta menyerahkan donasi sebesar Rp 500 juta kepada penerima manfaat melalui Yayasan Kanker Indonesia (YKI). Setiap tahun, Four Seasons Hotel and Resort menyelenggarakan kegiatan lari dalam upaya menggalang dana di 86 propertinya di 35 negara.

Four Seasons Hotel Jakarta menyerahkan donasi sebesar Rp 500 juta kepada YKI. Hasil dari penggalangan dana kegiatan Jakarta RACE tersebut diserahkan di Yayasan Kanker Indonesia dengan menggunakan momentum peringatan bulan kesadaran kanker kolorektal.

“Kami senang sekali bisa terlibat dalam pengendalian kanker di Indonesia dan kami terus berkomitmen untuk menyelenggarakan Jakarta RACE setiap tahunnya. Donasi yang kami teruskan kepada YKI sesungguhnya berasal dari peserta Jakarta RACE,” kata General Manager Four Seasons Hotel Vikram Reddy.

Penyerahan donasi juga turut dihadiri oleh perwakilan-perwakilan dari PT Roche Indonesia dan HSBC Indonesia selaku mitra utama Jakarta RACE 2011. “Kami senang sekali melihat hasil penggalangan dana dari Jakarta RACE dan untuk akhirnya dapat menyerahkan kepada para penerima manfaat dari donasi ini. Bagi HSBC Indonesia, program Jakarta RACE telah menjadi bagian penting dari aktifitas keterlibatan karyawan, tetapi juga telah menjadi bagian dari kampanye kami dalam merangkul keragaman dan mendorong karyawan kami untuk terbuka dan mengasihi mereka yang kurang beruntung. Mengikuti program-program Jakarta RACE dan YKI adalah bukti dari komitmen kami dalam pilar kesinambungan HSBC, yaitu keanekaragaman & kebersamaan,” kata Heead of Group Communication and Corporate Sustainability HSBC Indonesia Maya S. Rizano.

Berkaitan dengan dana ini, YKI akan menggunakannya dalam serangkaian kegiatan edukasi, deteksi dini dan pemberian bantuan langsung kepada pasien kanker yang tidak mampu. Salah satu bentuk nyata program YKI ini adalah kegiatan edukasi masyarakat melalui media dan pemberian pap smear gratis sebagai upaya deteksi dini kanker.

“Kami sangat mengapresiasi bantuan dari Four Seasons dalam menggalang dana bersama dengan mitra-mitra pendukung PT Roche Indonesia dan HSBC Indonesia, dan mempercayakan YKI dalam merealisasikan kegiatan pengendalian kanker guna menekan angka kematian di Indonesia. Maka dari itu kami mendorong masyarakat untuk sayangi keluarga dan menyelamatkan hidup dengan melakukan deteksi dini karena hidup Anda terlalu berharga,” kata Ketua Umum YKI Prof. DR. Dr. Nila Moeloek.

Angka kematian kanker kolorektal dapat dicegah

Masyarakat Indonesia masih banyak yang memiliki pemahaman bahwa kanker adalah penyakit yang mematikan dan baru perlu dikhawatirkan ketika sudah melampaui usia produktif. Sesungguhnya kanker juga menyerang orang muda namun penderita dapat bertahan hidup lebih dari lima tahun bila kanker terdeteksi dini dan segera diobati, tidak terkecuali pada kasus kanker kolorektal.

Menurut World Health Organization (WHO), kanker kolorektal merupakan penyebab jenis kanker yang memakan korban jiwwa terbanyak urutan ke-3 secara global, melebihi angka kematian akibat kanker payudara. Sementara, 50% dari angka kematian kanker kolorektal dapat dicegah.

Di Indonesia, 30% dari jumlah penderita kanker kolorektal masih dalam usia produktif. Lebih lanjut, kanker kolorektal tidak mengenal gender dimana rasio pasien kanker kolorektal pada pria dan perempuan hampir berbanding secara berimbang (60% pria dan 40% perempuan).

Sebagai spesialis Penyakit Dalam dan Konsultan dalam Hematologi dan Onkologi Medik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, DR. Dr. Aru Sudoyo menghimbau untuk jangan ragu dan takut mendeteksi dini kanker kolorektal. Menurut dia, kanker kolorektal bisa disembuhkan. Semakin dini diketahui, semakin besar pula angka harapan hidup pasien hingga 95%. Selain itu, telah banyak inovasi dalam pengobatan kanker yang dapat membantu pasien mencapai kesembuhan dengan hasil yang cukup signifikan.

Sesuai dengan visinya, YKI berharap pemerintah dapat meningkatkan upaya dalam pengendalian kanker. “kami mengapresiasi dukungan pemerintah terhadap kanker dan melangkah kedepan, kami berharap pemerintah terus memperhatikan kanker dan semakin membantu masyarakat pada pengendalian kanker secara nyata. Karena setiap hidup masyarakat berharga,” tambah Nila Moeloek.

Awal mula kegiatan sosial

Lari kegiatan sosial ini bermula ketika pemilik Four Seasons Hotel and Resorts Isadore Sharp berkomitmen untuk terlibat dalam pengendalian kanker pada tahun 1981. Sejak tahun itu pula, Four Seasons Hotel and Resort melakukan kegiatan penggalangan dana untuk riset dan upaya dalam menemukan obat untuk menyenbuhkan kanker. Setiap tahun, Four Seasons Hotel and Resort menyelenggarakan kegiatan lari dalam upaya menggalang dana di 86 propertinya di 35 negara.

Di Indonesia, dana yang tergalang dari Jakarta Race disalurkan melalui YKI. Kegiatan yang dilakukan YKI adalah mengedukasi masyarakat tentang pengendalian kanker serta memberika bantuan langsung kepada pasien kanker yang tidak mempu.

Yayasan Kanker Indonesia (YKI) adalah organisasi nirlaba yang bersifat sosial dan kemanusiaan di bidang kesehatan, khususnya dalam upaya penanggulangan kanker. Tujuan YKI adalah mengupayakan penanggulangan kanker dengan menyelenggarakan kegiatan di bidang promotif, preventif dan suportif.

Menyadari bahwa penanggulangan kanker hanya mungkin berhasil bila dilakukan oleh semua pihak, maka YKI melaksanakan kegiatannya dengan bekerjasama dengan semua pihak, baik pemerintah, organisasi profesi, lembaga swadaya masyarakat, swasta dan dunia usaha baik di dalam maupun luar negeri.

Related posts