BJB Salurkan Kredit Rp300 M - Gandeng Anak Usaha Astra

NERACA

Jakarta---PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR) memberikan kredit sekitar Rp300 miliar kepada PT Serasi Autoraya, yang tak lain adalah anak usaha PT Astra Internasional, Tbk. Fasilitas pembiayaan investasi tersebut diberikan melalui kantor cabang Rawamangun dengan jangka waktu empat tahun.

Tujuan dari pembiayaan ini adalah untuk pembelian property plant, equipment dan equipment for hire dalam rangka pengembangan bisnisnya di bidang pengangkutan dan jasa transportasi. Seperti diketahui, Serasi Autoraya merupakan perusahaan jasa transportasi dan logistik terintegrasi yang dimiliki oleh PT Astra Internasional Tbk dan PT Arya kharisma dengan kepemilikan saham masing-masing 99,9995% dan 0,0005%.

Perusahaan memiliki kegiatan usaha penyedia jasa solusi transportasi dan logistik yang terintegrasi berupa jasa layanan penyewaan kendaraan. Saat ini, Serasi memiliki empat cabang usaha, di mana jasa layanan penyewaan kendaraan melalui Trac-Astra Rent a Car merupakan penyumbang terbesar bagi pendapatan SERA, yaitu sebesar 45%.

Sebelumnya, Bank BJBR Arie Yulianto mengungkapkan BJBR menjalin kerja sama dengan PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) dalam penjaminan kredit usaha mikro dan kecil yang akan menjamin pembiayaan usaha mikro dan kecil (UMK) dengan nama Kredit Cinta Rakyat (KCR). "Kerja sama ini merupakan salah satu strategi ekspansi divisi mikro," ujarnya

Program KCR sendiri memberikan plafon hingga Rp50 juta dengan bunga sebesar 9,3%. Premi yang dikenakan perseroan adalah 1,35% dari total kredit UMK yang dijamin.

Menurut Arie, premi asuransi kredit ini tidak dibebankan kepada nasabah namun ditanggung oleh bank, yang berasal dari pos keuntungan. "Ini bagian dari back up risiko kerugian bank, jadi yang menanggung adalah bank bukan nasabah," pungkasnya. **cahyo

Related posts