Presiden Jokowi Dipuji Dunia Internasional

 

Oleh: Rifqi Hirzan, Mahasiswa Hubungan Internasional UI

Dalam 4 tahun masa jabatannya, Presiden Jokowi berhasil membawa nama Republik Indonesia menjadi terpandang di mata internasional. Tak hanya itu, Indonesia mampu menjadi negara yang memiliki pengaruh di kawasan bahkan dunia. Atas kinerjanya membawa Indonesia dalam tren positif di semua bidang, membuat Jokowi menuai banyak pujian dari para pemimpin-pemimpin negara dan tokoh-tokoh besar.

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump memuji kinerja Jokowi di bidang ekonomi yang berhasil mengentas kemiskinan dan menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tinggi. Pujian dilontarkan oleh Trump saat berpidato dalam pembukaan forum Asia Pasific Economic Cooperation (APEC), Da Nang, Vietnam. Trump mengatakan sejak 1990-an, rakyat Indonesia saat ini telah mengangkat diri mereka dari kemiskinan menjadi negara dengan pertumbuhan tercepat di G20.

Sebagai negara demokrasi terbesar ketiga di dunia, Trump menilai telah terjadi perubahan yang luar biasa di Indonesia. Selain itu, dia menekankan bahwa negara-negara di Asia Pasifik harus menjadi lebih terbuka dan bebas dalam perdagangan dunia. Indonesia selama beberapa dekade telah membangun institusi domestik dan demokratis untuk mengelola wilayah luas yang terdiri dari 17 ribu pulau. Trump yang terkenal sebagai Presiden yang keras dan jarang memuji justru memberi pujian terhadap Presiden Indonesia.

Selain Trump, Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull juga memuji Presiden Jokowi atas keberhasilannya memimpin negara multikultural seperti Indonesia. Turnbull menyatakan Indonesia berperilaku positif dalam melaksanakan sinergi Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP). Peningkatan indeks kemudahan berbisnis yang terjadi di Indonesia juga menjadi sorotan. Tidak mudah memimpin negara dengan struktur masyarakat yang kompleks dan beragam, bahkan Australia sendiri hanya memiliki penduduk asli Aborigin dan penduduk pendatang kulit putih namun permasalahannya sudah sangat banyak.

Menurut Turnbull, Jokowi adalah seorang Presiden yang sukses merawat keberagaman di negaranya.  Selain tu juga berhasil mewujudkan kepemimpinan di Indonesia, yang merupakan perpaduan antara demokrasi, Islam, dan moderasi. Jokowi adalah salah satu panutan pemimpin dunia saat ini. Pujian tersebut dikatakan Turnbull dalam sambutannya saat bertemu dengan para pelajar yang tergabung dalam Outstanding Youth for The World (OYTW) di Exhibition Hall, International Convention Centre, Sydney.

Sementara, pujian lain datang dari Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe yang memuji iklim investasi Indonesia karena semakin kondusif sejak beberapa tahun terakhir. Pernyataan ini disampaikannya langsung kepada Jokowi dalam pertemuan bilateral di Hotel Diamond, Manila, Filipina. Shinzo Abe dan Jokowi melakukan pertemuan bilateral sekaligus mempersiapkan berbagai kegiatan bersama menjelang tahun 2019 sebagai puncak perayaan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang.

Tak hanya dari pemimpin negara. Pujian lain juga datang dari Presiden Bank Pembangunan Asia (ADB) Takehiko Nakao yang menilai fundamental ekonomi Indonesia sampai saat ini masih cukup kuat dalam menahan gejolak dari ketidakpastian global. Nakao menyampaikan, secara pribadi dia memuji kepemimpinan Jokowi bersama jajarannya yang telah mengelola perekonomian dengan baik. Menurut Nakao, perekonomian Indonesia mempunyai dasar yang kuat, di mana proyeksi terhadap pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) tahun ini sebesar 5,2 persen.

Presiden Dewan Olimpiade Asia (OCA) Syeikh Ahmad Al Fahad Al Sabah dan Presiden Komite Olimpiade International (IOC) Thomas Bach juga menyampaikan pujian serupa saat berkunjung di Istana Kepresiden Bogor, Jawa Barat. Presiden Joko Widodo bersama Ketua Inasgoc Erick Thohir dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melakukan pembicaraan terkait penyelenggaraan Asian Games 2018, dalam kesempatan itu Syeikh ahmad dan Thomas memuji perhelatan Asian Games 2018. Kedua tokoh olahraga itu sangat menghargai dan kagum atas kesuksesan dalam menyelanggarakan perhelatan Asian Games di Indonesia.

Sementara pendiri sekaligus CEO Alibaba Group Jack Ma yang berkunjung ke Indonesia juga memberikan apresiasi untuk Indonesia dan Presiden Jokowi terutama dalam penyelenggaraan Event Internasional seperti Asian Games. Menurut Jack Ma Indonesia telah berhasil melakukannya, bahkan dinilai sebagai penyelenggara Asian Games terbaik sepanjang sejarah. Jack Ma menilai gelaran ini sangat sukses dan tidak mudah menyelanggarakan acara yang sebesar ini. Terkait dengan aksi Jokowi yang mengendarai sepeda motor saat upacara pembukaan Asian Games 2018, menurut Jack Ma itu adalah hal yang inovatif dan mengesankan.

Jokowi memang sosok yang sering dijatuhkan oleh oposisi, namun di dunia internasional nama Jokowi sering dipuji-puji. Leadership atau kepemimpinan Jokowi diakui dunia. Bahkan majalah terkemuka Amerika Serikat, FORTUNE memasukkan nama Joko Widodo itu sebagai salah satu dari 50 pemimpin terhebat dunia. Jokowi sebelumnya pernah masuk dalam daftar 25 walikota terbaik sedunia dalam rilis yang dipublikasikan The City Mayors Foundation, London, Inggris. Pria berusia 53 tahun itu juga meraih peringkat 3 sebagai walikota terbaik dunia versi situs worldmayor.com.

Kinerja Jokowi juga beberapa kali masuk laporan media asing. Seperti New York Times yang melaporkan blusukan Jokowi lewat artikel bertajuk, "In Indonesia, a Governor at Home on the Streets". Sosok Jokowi dikenal sebagai pengusaha yang rendah hati. Sikapnya yang toleran juga menarik perhatian banyak orang. Maka, tidak heran, dalam ulasan Time dia mendapat pujian dari Mantan Presiden Bank Dunia, Paul Wolfowitz. Tentunya sebagai masyarakat Indonesia, kita bangga memiliki Presiden seperti Joko Widodo.

BERITA TERKAIT

Bansos Pangan atau Beras oleh Bapanas dan Bulog Langgar UU Pangan dan UU Kesejahteraan Sosial?

  Oleh: Anthony Budiawan, Managing Director PEPS (Political Economy and Policy Studies) Presiden Joko Widodo memutuskan perpanjangan pemberian Bantuan Sosial…

Pembangunan Papua Jadi Daya Tarik Investasi dan Ekonomi

  Oleh : Clara Anastasya Wompere, Pemerhati Ekonomi Pembangunan   Bumi Cenderawasih memang menjadi fokus pembangunan yang signifikan di era…

Pastikan Stabilitas Harga dan Stok Beras, Pemerintah Komitmen Ketahanan Pangan

  Oleh : Nesya Alisha, Pengamat Pangan Mewujudkan ketahanan pangan di Indonesia sangat penting karena memiliki dampak besar pada stabilitas…

BERITA LAINNYA DI Opini

Bansos Pangan atau Beras oleh Bapanas dan Bulog Langgar UU Pangan dan UU Kesejahteraan Sosial?

  Oleh: Anthony Budiawan, Managing Director PEPS (Political Economy and Policy Studies) Presiden Joko Widodo memutuskan perpanjangan pemberian Bantuan Sosial…

Pembangunan Papua Jadi Daya Tarik Investasi dan Ekonomi

  Oleh : Clara Anastasya Wompere, Pemerhati Ekonomi Pembangunan   Bumi Cenderawasih memang menjadi fokus pembangunan yang signifikan di era…

Pastikan Stabilitas Harga dan Stok Beras, Pemerintah Komitmen Ketahanan Pangan

  Oleh : Nesya Alisha, Pengamat Pangan Mewujudkan ketahanan pangan di Indonesia sangat penting karena memiliki dampak besar pada stabilitas…