Diklaim Stabil, Matahari Putra Prima Dapat Peringkat A+

PT Matahari Putra Prima Tbk (MPAA) meraih peringkat A+ dari Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) untuk obligasi III/2009. "Selain itu, diberikan pula peringkat `A+(sy)` untuk Sukuk Ijarah II/2009 yang diterbitkan oleh MPAA," kata analis Pefindo Anies Setyaningrum dalam siaran persnya di Jakarta akhir pekan kemarin.

Menurut Anies, peringkat tersebut mencerminkan posisi perusahaan yang kuat dalam pasar ritel makanan serta lokasi toko yang tersebar dengan baik. Namun, peringkat tersebut dibatasi oleh margin bisnis ritel makanan yang tipis, struktur modal yang relatif agresif dan kompetisi yang ketat pada industri.

Pefindo, lanjut Anise juga memberikan outlook `negatif` terhadap rating MPAA yang sekaligus mencerminkan tingkat leverage keuangan yang meningkat. Anies melanjutkan untuk mendukung pertambahan aktivitas bisnis agar sejalan dengan ekspansi bisnis yang agresif, MPAA menggunakan fasilitas pinjaman dari bank, namun ekspansi tersebut memerlukan waktu untuk dapat tercermin pada kontribusi arus kas. "Peringkat akan diturunkan jika MPAA menambah hutang lebih besar daripada proyeksi dan/atau tidak dapat mempertahankan kekuatan bisnisnya,”paparnya.

Kata Anies menambahkan Pefindo akan mengubah outlook menjadi `Stabil` jika MPAA dapat memperbaiki leverage keuangannya dan jika program ekspansinya berjalan dengan baik. Per 30 September 2011, pemegang saham utama MPAA adalah PT Multipolar Corporation Tbk dengan kepemilikan saham sebesar 50,2308% dan PT Star Pacific Tbk dengan kepemilikan saham 6,2927%. (bani)

Related posts