Bapepam-LK Rilis Aturan Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur

Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) menerbitkan peraturan tentang pedoman pemeriksaan perusahaan pembiayaan infrastruktur pada akhir Februari lalu. Penerbitan peraturan tersebut untuk memberi acuan dalam melaksanakan pemeriksaan perusahaan pembiayaan infrastruktur.

Informasi tersebut disampaikan Bapepam-LK dalam siaran persnya di Jakarta, akhir pekan kemarin. Dijelaskan, pokok-pokok peraturan tentang pedoman pemeriksaan perusahaan pembiayaan infrastuktur antara lain Pertama, pemeriksaan perusahaan pembiayaan infrastruktur bertujuan untuk menilai kepatuhan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang perusahaan pembiayaan infrastruktur.

Kedua, pemeriksaan perusahaan pembiayaan infrastuktur dilakukan secara berkala paling sedikit satu pemeriksaan dalam tiga tahun dan atau setiap waktu bila diperlukan. Ketiga, pemeriksaan berkala dilakukan terhadap seluruh aspek penyelenggaraan usaha perusahaan pembiayaan infrastruktur.

Keempat, pemeriksaan setiap waktu dilakukan terhadap aspek tertentu dari penyelenggaraan usaha perusahaan pembiayaan infrastruktur. Kelima, pemeriksaan perusahaan pembiayaan infrastruktur dilakukan dengan tahapan yang meliputi perencanaan pemeriksaan, persiapan pemeriksaan, pemeriksaan lapangan, penyusunan laporan, dan tindaklanjut hasil pemeriksaan. Peraturan ini mulai berlaku pada 29 Februari 2012.

Saat ini dua perusahaan pembiayaan khusus infrastruktur antara lain PT Sarana Multi Infrastruktur dan PT Indonesia Infrastruktur Finance. (bani)

Related posts