Perluas Jangkauan Hingga Ke Pelosok - Sisternet Berbasis Online Makin Berdayakan Perempuan

Dalam rangka mengoptimalkan pemberdayaan perempuan lewat program sisternet agar tepat sasaran dan terukur, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meluncurkan modul belajar program sisternet yang berbasis online. Dengan sarana baru bernama “Modul Pintar Sisternet” ini, masyarakat luas terutama kaum perempuan bisa mendapatkan materi belajar mengenai berbagai hal, yang sangat erat dengan aktivitas mereka baik di rumah maupun di tengah masyarakat dan dunia kerja. Diharapkan hadir secara online, nantinya masyarakat bisa mengaksesnya kapan saja dan di mana saja.

Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin mengatakan, teknologi digital memberikan kesempatan yang luas kepada kaum perempuan untuk bisa menciptakan berbagai sarana yang bisa mempermudah aktivitas. Salah satunya untuk akses ke materi-materi peningkatan kompetensi atau keahlian, serta penyebaran informasi positif. “Dengan kemudahan seperti itu pula maka kami menghadirkan “Modul Pintar Sisternet” ini, yang akan memberikan kemudahan akses bagi kaum perempuan mendapatkan materi belajar secara online, dimanapun, kapanpun, dengan beragam perangkat digital,”ungkapnya.

Sejak diluncurkan 4 tahun yang lalu, sampai saat ini tidak kurang dari 13 ribu orang kaum perempuan sudah pernah mengikuti kelas-kelas program sisternet. Banyak masukan dan dukungan yang XL Axiata terima, yang di antaranya berharap materi-materi belajar sisternet bisa diakses secara online, sehingga masyarakat hingga pelosok daerah bisa mengaksesnya. Dukungan tersebut semakin besar ketika pihaknya mulai aktif menjalin kerjasama dengan sejumlah kementerian, berkolaborasi menyampaikan berbagai materi edukasi yang adalah bagian dari program pemerintah.

Melihat besarnya dampak positif bagi perempuan, tidak heran peluncuran modul pintar sisternet juga mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Saat ini, program sisternet aktif menjalin kerjasama dengan sejumlah kementerian. Melalui program ini, XL Axiata mendukung upaya kementerian-kementerian dalam memanfaatkan sarana digital untuk menyampaikan pesan dan informasi kepada masyarakat luas. Asal tahu saja, kerjasama telah dan masih dilaksanakan dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Kesehatan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlinduangan Anak, serta Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Sementara itu, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Rosarita Niken Widiastuti mengatakan, dalam menyampaikan pesan mengenai program-program pemerintah yang menyangkut berbagai hal, pihaknya membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, termasuk melalui program-program edukatif yang diselenggarakan oleh kalangan swasta, seperti program sisternet. “Kami mengapresiasi program sisternet yang dilaksanakan secara komprehensif dan mampu menjangkau masyarakat, terutama kalangan perempuan hingga ke pelosok-pelosok daerah. Karena itu, kami sangat mendukung inisiatif untuk meluncurkan modul pintar sisternet yang bisa menjadi sarana penyebaran informasi dan sekaligus edukasi yang bermanfaat bagi masyarakat luas,”tandasnya.

Dengan tersedianya modul online ini, Rosarita Niken menambahkan, Kemenkominfo berharap masyarakat terutama kaum perempuan bisa semakin mudah mendapatkan materi belajar, termasuk juga materi-materi yang disediakan oleh pemerintah. Menurutnya, banyak materi edukatif yang perlu pemerintah sampaikan kepada masyarakat, yang bisa meningkatkan pengetahuan juga kesadaran atas berbagai hal, termasuk pemecahan problem sosial di masyarakat.

 

BERITA TERKAIT

Waskita Gelar Doa Bersama dan Beri Santunan Anak Yatim Piatu

  Waskita Gelar Doa Bersama dan Beri Santunan Anak Yatim Piatu NERACA Jakarta - Di bulan suci Ramadhan PT Waskita…

50 Tahun Nestle MILO - Donasikan 500 Ribu Gelas MILO Bagi Anak Indonesia

Rayakan hari jadi ke-50 dan juga juga memperingati bulan Ramadan, Nestlé MILO bekerja sama dengan Foodbank of Indonesia (FOI) mengadakan…

Boikot Produk Terafiliasi Israel - Pendapatan Merek Global Makin Tergerus

Gerakan boikot konsumen muslim sebagai protes atas pembersihan etnis yang dilakukan militer Israel di Gaza, Palestina, bukannya surut malah makin…

BERITA LAINNYA DI CSR

Waskita Gelar Doa Bersama dan Beri Santunan Anak Yatim Piatu

  Waskita Gelar Doa Bersama dan Beri Santunan Anak Yatim Piatu NERACA Jakarta - Di bulan suci Ramadhan PT Waskita…

50 Tahun Nestle MILO - Donasikan 500 Ribu Gelas MILO Bagi Anak Indonesia

Rayakan hari jadi ke-50 dan juga juga memperingati bulan Ramadan, Nestlé MILO bekerja sama dengan Foodbank of Indonesia (FOI) mengadakan…

Boikot Produk Terafiliasi Israel - Pendapatan Merek Global Makin Tergerus

Gerakan boikot konsumen muslim sebagai protes atas pembersihan etnis yang dilakukan militer Israel di Gaza, Palestina, bukannya surut malah makin…