Targetkan Listing Bulan Juni, Bank Jatim Tunjuk Mandiri dan Bahana

Menyusul kesuksesan Bank Jabar Banten yang sudah IPO, Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur (BPD Jatim) menargetkan di Juni mendatang sudah bisa melakukan penawaran saham perdana (IPO) di bursa., “Kalau lancar kita harapkan Juni sudah bisa listed," kata Direktur Utama Bank Jatim Hadi Sukrianto di Jakarta, Kamis (8/3).

Menurut Hadi, pihaknya akan melepas setidaknya 25% dari saham Pemda Jatim ke publik. Adapun dari proses ini, pihaknya menargetkan akan mendapatkan dana minimal Rp1 triliun. "Pasar lagi bagus, semoga bisa lebih," lanjut dia Dari proses ini, pihaknya akan menggunakan dana ini untuk mengembangkan ekspansi kredit.

Sebagai penjamin emisi (underwriter) dari proses ini, pihaknya telah menunjuk Bahana Securities dan Mandiri Sekuritas. Adapun dari dana tersebut, bank milik Pemda Jatim ini akan digunakan untuk ekspansi kredit.

Asal tahu saja, ekspansi kredit tahun ini ditargetkan sebesar 25%, naik dari penyaluran kredit di 2011 lalu di 23,9%. Sebagai informasi, per Desember 2011 lalu, aset BPD Jatim mencapai Rp25 triliun dan rasio kecukupan moddal (CAR) di angka 16,5% dan laba sebesar Rp1,1 triliun. Perseroan sendiri menargetkan kenaikan laba tahun ini sebesar Rp1,2 triliun dan Dana pihak ketiga tumbuh 16,2%. (bani)

Related posts