Volkswagen Segera Mampu Produksi 15 Juta Mobil Listrik

Volkswagen mengumumkan akan memiliki kapasitas untuk membangun hingga 15 juta mobil listrik selama beberapa tahun ke depan, berdasarkan laporan Reuters yang dilansir Fortune, belum lama ini, sebagaimana disalin dari Antara.

Perusahaan asal Jerman itu menginvestasikan lebih dari 11 miliar euro (12,5 miliar dolar AS) untuk kendaraan listrik dan otonom pada 2023, di mana lebih dari 80 persen di antaranya (9 miliar euro) akan dialokasikan untuk mobil listrik.

Angka 15 juta itu merupakan koreksi atas pernyataan Chief Executive Volkswagen, Herbert Diess yang sebelumnya menyebut angka 50 juta unit, dalam sebuah wawancara dengan Automotive News.

Volkswagen sebelumnya mengatakan pihaknya berencana membangun 10 juta kendaraan dalam gelombang pertama mobil elektrik dengan harga terjangkau. VW merencanakan untuk memiliki 27 model kendaraan listrik yang diproduksi pada akhir tahun 2022, dengan mobil-mobil di bawah merek Volkswagen, Audi, dan Skoda.

Model pertama diharapkan keluar tahun depan. Ini adalah bagian dari strategi pembuat mobil untuk keluar dari model mesin pembakaran setelah mobil generasi berikutnya menggunakan teknologi "tradisional", menurut Automotive News.

Volkswagen mengatakan bahwa mereka juga membangun aliansi dengan Ford, dan mungkin menggunakan pabrik perusahaan itu untuk membangun kendaraan di Amerika Serikat. Perusahaan saat ini mengkonversi beberapa pabriknya di Eropa untuk membangun kendaraan listrik daripada mobil bermesin pembakaran.

Sebelumnya, diwartakan, Volkswagen sedang menimbang lokasi pembangunan pabrik baru di Amerika Utara untuk memproduksi kendaraan listrik di pasar Amerika Serikat, kata CEO Volkswagen untuk Amerika yang baru, Scott Keogh, Rabu (28/11).

Dilansir Reuters pada Kamis, Keogh mengatakan bahwa pembangunan pabrik baru diperlukan untuk memproduksi kendaraan yang "masih belum diperkenalkan" di bawah merek Volkswagen, dengan harga antara 30.000 sampai 40.000 dolar AS, yang dijadwalkan pada 2020.

“Kami 100 persen sedang dalam proses ‘membutuhkan pabrik mobil listrik di Amerika Utara', dan kami tengah mendiskusikan itu sekarang,” kata Keogh kepada wartawan di pameran otomotif Los Angeles.

Volkswagen mengumumkan pada awal bulan ini akan menghabiskan hampir 44 miliar euro (50 miliar dolar AS) untuk mengembangkan mobil listrik, swakemudi, dan layanan mobilitas baru pada tahun 2023, sembari menjelajahi area kerja sama dengan produsen mobil asal Amerika Serikat Ford Motor Co.

Untuk memenuhi waktu produksi pada 2020, pembuatan mobil listrik baru ini pada awalnya akan dilakukan di luar Amerika Serikat, setelah itu baru akan diproduksi di pabrik baru yang lokasinya masih belum ditentukan. Pabrik milik Volkswagen di Chattanooga, Tennessee, di mana Passat dan Atlas diproduksi, bisa menjadi salah satu pilihan.

BERITA TERKAIT

Overburden Capai 55 Juta Ton - Samindo Klaim Produksi Lampaui Target

NERACA Jakarta -PT Samindo Resources Tbk (MYOH) telah merampungkan operasional overburden dan produksi tahun lalu dengan capaian melebihi target. Disebutkan,…

Buyback 9,29 Juta Saham - Arwana Realisasikan Dana Rp 3,29 Miliar

NERACA Jakarta – Perusahaan keramik, PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) telah membeli kembali 9,29 juta saham lewat aksi korporasi buyback.…

Program B20 Hemat Impor Solar Hingga US$937,84 juta

      NERACA   Jakarta - Kebijakan pencampuran Bahan Bakar Nabati (BBN) berupa biodiesel sebesar 20 persen (B20) ke…

BERITA LAINNYA DI OTOMOTIF

Pasar Otomotif Indonesia Diprediksi Lebih Positif di 2019

NERACA Jakarta – Pengamat otomotif yang juga dosen Institut Teknologi Bandung, Yannes Martinus Pasaribu memprediksi pasar otomotif dalam negeri tahun…

Ford Gandeng Mahasiswa Untuk Riset Teknologi Swakemudi

Ford Motor Company Amerika meneken kesepakatan dengan Michigan State University (MSU) untuk menggelar penelitian bersama terkait teknologi kendaraan masa depan,…

GM Jual 200.000 Kendaraan Listrik di Amerika pada 2018

General Motors (GM) secara total telah menjual 200.000 kendaraan listrik di Amerika Serikat hingga akhir 2018, memicu penghapusan kredit pajak…