Garap Bisnis Internet Kabel - XL Berambisi Jadi Operator Nomor Dua

NERACA

Jakarta – Selain memacu pertumbuhan bisnis di layanan data lebih agresif lagi, PT XL Axiata Tbk (EXCL) terus mengembangkan produk baru dan teranyar merilis layanan internet kabel ke rumah (XL Home). Pada produk tersebut, perseroan menargetkan 500.000 sambungan internet kabel ke rumah pelanggan atau homepass pada 2019.

Direktur Corporate Strategy & Business Development XL Axiata, Abhijit Navalekar mengatakan, pihaknya ingin menjadi salah satu operator di lini bisnis internet kabel. Komitmen menyambungkan internet ke rumah-rumah dilakukan dengan merambah lima kota baru. Saat ini, layanan telah tersedia di empat kota di Jawa Barat yakni Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Adapun, lima kota baru yang tengah dijalani yaitu Jakarta, Denpasar, Banjarmasin, Balikpapan dan Makassar.”Ekspektasi kami, akhir 2019 bisa sambungkan 500.000 home pass," ujarnya di Jakarta, kemarin.

Dia pun menyatakan perusahaan berambisi menjadi operator internet kabel nomor 2 atau nomor 3 di Indonesia. Sebagai gambaran, telah terdapat beberapa pemain di pasar internet kabel yakni Indihome dengan 4,7 juta pelanggan, First Media di kisaran 2,1 juta dan IM2 dengan 300.000 pelanggan. Menurutnya, dengan XL Home, pelanggan mendapatkan koneksi internet dan saluran televisi lokal. Bagi pelanggan Netflix, pihaknya juga menyediakan akses ke akun Netflix, Iflix dan Catchplay.

Pihaknya menyediakan paket family dengan kecepatan 100 Mbps dengan harga Rp349.000. Kemudian, super user 300 Mbps Rp499.000 dan ultimate dengan kecepatan 1 gbps senilai Rp999.000. "Kami punya ambisi menjadi top 2 or top 3 operator tv kabel Indonesia," katanya.

Dengan berlangganan XL Home, pelanggan langsung mendapatkan perangkat XL Home Entertainment Box dengan teknologi Android terbaru yang disertifikasi oleh Google. Dengan perangkat itu, pelanggan akan bisa mengakses ribuan konten, aplikasi dan saluran televisi lokal maupun internasional. XL Home Entertainment Box memungkinkan pelanggan untuk memilih sendiri hiburan yang diminatinya dan hanya membayar konten atau saluran televisi yang dipilihnya.

Ini yang membedakan dengan layanan broadband lainnya, dimana pilihan paket dan kontennya kurang fleksibel, sehingga pelanggan membeli paket dengan konten atau tayangan yang belum tentu dikehendaki. Karena XL Home juga membidik segmen keluarga muda, maka produk ini juga memperhatikan sisi keamanan bagi anak-anak di bawah umur. Layanan ini menyediakan fitur yang bisa mengatur Kidz Mode, dimana orang tua dapat mengendalikan jenis tontonan bagi anak-anak mereka.

Sementara Gaurav Pradhan, Director Business Development Netflix menyambut baik kerjasama dengan XL Axiata untuk XL Home dan mempermudah penggemar hiburan di Indonesia untuk mengakses layanan Netflix. “Masyarakat Indonesia kini dapat lebih mudah menikmati koleksi film, serial TV, film dokumenter, serta acara keluarga dan anak berkualitas tinggi dari berbagai negara di kenyamanan ruang tamu mereka sendiri,”ujarnya.

BERITA TERKAIT

IHSG Melemah di Tengah Penguatan Bursa Asia

NERACA Jakarta – Mengakhiri perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) Rabu (17/4) sore, indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup…

Danai Refinancing - Ricky Putra Globalindo Jual Tanah 53 Hektar

NERACA Jakarta – Perkuat struktur modal guna mendanai ekspansi bisnisnya, emiten produsen pakaian dalam PT Ricky Putra Globalindo Tbk (RICY)…

Libur Ramadan dan Lebaran - Trafik Layanan Data XL Axiata Meningkat 16%

NERACA Jakarta – Sepanjang libur Ramadan dan hari raya Idulfitr 1445 H, PT XL Axiata Tbk (EXC) atau XL Axiata…

BERITA LAINNYA DI Bursa Saham

IHSG Melemah di Tengah Penguatan Bursa Asia

NERACA Jakarta – Mengakhiri perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) Rabu (17/4) sore, indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup…

Danai Refinancing - Ricky Putra Globalindo Jual Tanah 53 Hektar

NERACA Jakarta – Perkuat struktur modal guna mendanai ekspansi bisnisnya, emiten produsen pakaian dalam PT Ricky Putra Globalindo Tbk (RICY)…

Libur Ramadan dan Lebaran - Trafik Layanan Data XL Axiata Meningkat 16%

NERACA Jakarta – Sepanjang libur Ramadan dan hari raya Idulfitr 1445 H, PT XL Axiata Tbk (EXC) atau XL Axiata…