BRI Kirim Lebih Dari 162 UMKM - Ramaikan Adhikriya Indonesia 2012

NERACA

Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk akan mengirim sebanyak lebih dari 162 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) pada pameran Adhikriya Indonesia 2012 yang berlangsung 7-11 Maret 2012 di Jakarta. “Kita akan kirim lebih dari 162 nasabah UMKM terbaik kita dari Aceh sampai Papua di pameran ini,” ucap Muhamad Ali di Jakarta.

Ali mengatakan, pengusaha UMKM yang akan dikirim bergerak dalam berbagai jenis usaha, mulai dari produk kreatif, fesyen, kerajinan tangan, dan kuliner. “Antara lain juga ada kerajinan gerabah, lukisan kaca, kaligrafi kayu, kopi luwak, briket arang kelapa, sampai dengan kerajinan kulit kayu asli dari Papua,” papar Ali.

Sebab itu, Bank BRI membuka kesempatan yang seluas-luasnya bagi nasabah UMKM BRI yang berkeinginan memperluas pasar produknya. Pihaknya akan mengikutsertakan pelaku UMKM dalam pameran-pameran yang diselenggarakan baik di dalam maupun luar negeri, salah satunya pada pameran Adikarya tersebut.

Dikatakan Ali, kredit UMKM Bank BRI yang telah disalurkan oleh perseroan yakni sebanyak Rp 171,6 triliun, naik sebanyak 13,19% dari periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 151,6 triliun dengan basis nasabah UMKM BRI saat ini berjumlah kurang lebih 27 juta nasabah.

Untuk memudahkan konsumen bertransaksi selama pameran, Bank BRI telah menyediakan 162 mesin EDC di setiap stand nasabah BRI. Dalam pameran ini, BRI juga menyediakan promo Kartu Kredit BRI dan kartu BRIZZI BRI. “Program Cicilan 0.79% + free Voucher Bakerzin bagi pengguna Kartu Kredit BRI. Pun tidak ketinggalan kartu isi ulang BRIZZI yang juga menyediakan hadiah-hadiah menarik seperti Samsung Galaxy Y, dan Blackberry Orlando, bagi konsumen yang beruntung” terang Ali.

Sementara itu, jumlah pemegang kartu BRIZZI sampai dengan Desember 2011 lebih dari 33.000 dan sudah bisa digunakan di 1600 outlet yang telah bekerjasama dengan BRI antara lain Solaria, SPBU Pertamina, Cipaganti Travel, dan Snowbay. Target BRIZZI di 2012 yakni mencapai 750.000 cardholders dengan 4.600 outlet.

Transaksi melalui kartu kredit PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk juga naik, terlihat dari total transaksi kartu kredit BRI (sales volume) per Desember 2011 baik Mastercard maupun Visa mencapai Rp 2,2 triliun. Untuk itu Bank BRI optimistis tahun ini pemegang kartu kredit Bank BRI mencapai 600.000 atau naik signifikan dari 2011 sebanyak 440.000. “Kita optimistis. Sebab tren terus meningkat dan manfaatnya sangat dirasakan nasabah,” ujar Ali.

Ali mengatakan, BRI sudah menerbitkan dua jenis kartu kredit yakni Mastercard (Platinum, Gold, Standard, Corporate, dan Business), serta Visa (BRI Touch). Pendapatan Kartu Kredit BRI juga terus meningkat. “Fee Based Income (FBI) dari bisnis Kartu Kredit BRI ini per Desember 2010 sebesar Rp 81 miliar, kemudian per Desember 2011 meningkat menjadi Rp 96 miliar. Tahun ini kita targetkan dari bisnis Kartu Kredit BRI ini sebesar Rp 143 miliar,” tukas Ali. *rin

Related posts