PERANG DAGANG AS DAN CHINA - JK: Penyebab Perlambatan Ekonomi Dunia

Jakarta-Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan, perang dagang antara Amerika Serikat  dan China menjadi penyebab perlambatan ekonomi dunia. Kondisi global ini turut berpengaruh kepada perekonomian Indonesia, karena China merupakan negara mitra utama tujuan ekspor RI. Sementara itu,  China menggandeng Spanyol dan Portugal untuk menjadi sekutunya untuk memperkuat ekonomi menghadapi perang dengan AS itu.

NERACA  

"Akibat perang dagang ini sekarang saja harga-harga komoditas dunia menurun, karena permintaan barang-barang produksi juga menurun khususnya di China yang menjadi salah satu tujuan ekspor terbesar Indonesia," tutur Wapres di sela acara KTT G20 di Argentina, seperti dikutip dari keterangan resmi, Jumat (30/11).

JK menilai diperlukan solusi untuk mengatasi kondisi tersebut. Jika tidak segera dicarikan solusi, Wapres khawatir akan muncul korban dari negara lain yang sebenarnya tidak ikut campur dalam perang dagang ini. Untuk itu, pertemuan tingkat tinggi G20 yang saat ini digelar di Buenos Aires, Argentina, akan fokus untuk menemukan solusi masalah ekonomi tersebut. Pertemuan tingkat tinggi ini diharapkan JK mampu menuangkan solusi atas penurunan performa ekonomi dunia tersebut melalui iklim perdagangan dunia yang lebih baik.

"Yang perlu dipahami bersama adalah kunci dari permasalahan ekonomi saat ini adalah bagaimana mencari jalan keluar dari perang dagang antara dua raksasa ekonomi yakni Amerika dan China," ujarnya. Kendati demikian, JK mengaku telah melihat perubahan positif ekonomi global. Tanda pertama adalah kegagalan pencapaian kesepakatan di pertemuan APEC 2018.

Menurut Wapres, pengalaman di APEC 2018 itu membuat semua negara khususnya anggota G20 lebih waspada. Dengan demikian pertemuan kali ini diharapkan bisa meraih kesepakatan bersama untuk ekonomi yang lebih baik.

Indikasi lainnya adalah sikap AS yang menurut JK mulai menunjukkan keinginan bekerjasama dengan negara lain. Baru-baru ini misalnya, pemerintah AS mulai membangun komunikasi kembali dengan Kanada dan Meksiko terkait potensi pemberlakuan lagi perjanjian dagang antara negara-negara di Amerika Utara atau yang selama ini dikenal dengan NAFTA.

"Ini step by step (perubahan ke arah lebih baiknya), karena Amerika sendiri yang mula-mula membubarkan NAFTA, sekarang Amerika, Meksiko dengan Kanada kemudian mulai membangun komunikasi kembali. Kita harapkan juga hubungannya dengan China tahap demi tahap akan membaik," ujarnya.

Seperti diketahui, KTT G20 digelar di Buenos Aires, Argentina, di tengah memanasnya perang dagang antara Amerika Serikat dengan China. Pertemuan Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping di sela KTT disebut-sebut bakal menentukan nasib perang dagang kedua negara ke depannya.

Selain itu, Wapres juga menyuarakan pentingnya pengembangan ekonomi digital sebagai model bisnis yang inovatif untuk pemerataan ekonomi, penciptaan lapangan kerja, dan perluasan inklusif keuangan. "Kita harus memastikan semua manfaat era digital dapat dinikmati semua lapisan masyarakat," ujarnya di depan pimpinan G20,

KTT G20 kali ini, Indonesia mengangkat beberapa isu. Terutama terkait manfaat perkembangan teknologi untuk pertumbuhan inklusif dan pembangunan berkelanjutan. Selanjutnya, ekonomi digital juga pernah dibahas dalam pertemuan tahunan IMF/WB Oktober 2018 lalu di Bali. Indonesia juga telah mendorong Bali Fintech Agenda untuk menjadikan fintech sebagai salah satu elemen pendorong pertumbuhan dan peningkatan kesejahteraan.

Tema KTT G20 kali ini adalah Building Consensus for Fair and Sustainable Development dengan penekanan pada tiga pilar prioritas utama, yaitu infrastruktur untuk pembangunan (infrastructure for development), peningkatan keterampilan digital untuk masa depan (future of work), dan masa depan pangan yang berkelanjutan (sustainable food future).

Ketiga pilar prioritas tersebut sejalan dengan kepentingan Indonesia dalam menjadikan pembangunan infrastruktur sebagai motor pertumbuhan ekonomi, meminimalisir dampak negatif dan memanfaatkan perubahan teknologi untuk mendorong pertumbuhan inklusif.

Selain itu, KTT G20 juga mengangkat pembahasan isu-isu global antara lain komitmen atas pentingnya kerjasama multilateralisme dan ekonomi global yang kuat; penggunaan kebijakan moneter, fiskal, dan struktural dalam mendukung pertumbuhan ekonomi yang kuat, berkelanjutan, seimbang, dan inklusif; serta komitmen terhadap perdagangan internasional sebagai sumber pertumbuhan, lapangan kerja.

KTT G20 merupakan forum negara-negara dengan perekonomian terbesar di dunia yang terbentuk sejak tahun 1999 untuk awalnya berkumpul para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank. Sejak tahun 2008, G20 meningkat menjadi forum tingkat Kepala Negara.

Perkuat Ekonomi China

Di tengah kondisi perang dagang yang terus berlangsung dengan AS, China berusaha memperkuat hubungan dengan Spanyol dan Portugal untuk menjadi sekutunya. Sebelumnya, sejumlah anggota Uni Eropa lain mencoba membatasi investasi China.

Presiden China Xi Jinping mengunjungi Spanyol (27/11), sebelum menghadiri pertemuan pemimpin 20 negara dengan perekonomian terbesar di dunia (G20) di Argentina. Jinping juga akan menghampiri Portugal pada 4-5 Desember, sebelum perjalanan pulang ke negaranya.

"Ini adalah manuver politik bagi China untuk mempertahankan hubungan di saat yang rumit," kata Angel Sanchez, Direktur Pusat Ekonomi Global dan Geopolitik di Sekolah Bisnis ESADE Spanyol, seperti dikutip AFP, pekan lalu.

AS telah mengenakan tarif terhadap lebih dari US$250 miliar produk asal China, sebagai upaya membalikkan keadaan karena AS menuduh China melakukan praktik perdagangan yang tidak adil. Pekan ini, Presiden AS Donald Trump mengindikasi pengenaan tarif atas sisa produk impor senilai US$267 asal China, termasuk iPhone.

Sementara itu, negara-negara anggota Eropa bersiap menerapkan kerangka kerja untuk menilai investasi asing dan menyaring akuisisi oleh perusahaan asing, terutama China, di sektor-sektor strategis seperti energi.

Salah satu upaya konkret China memperkuat kongsinya terbukti dari aksi akuisisi yang dilakukan kelompok perusahaan pelayaran China OSCO Shipping Holding terhadap 51% saham jaringan bisnis terminal pelabuhan Spanyol, Noatum Port. Perusahaan mengoperasikan pelabuhan peti kemas di Valencia dan Bilbao.

Di Spanyol dan Portugal, China mencari celah untuk berinvestasi di Eropa dan mengkonsolidasikan aset yang diperoleh di dua negara, meski negara lain di Eropa membatasi diri.  "Investasi Cina dalam angka absolut lebih besar di Inggris dan di Jerman, tetapi sebagai persentase dari PDB, mereka lebih besar di Spanyol dan Portugal," kata Jean-Francois Di Meglio, Presiden Lembaga Riset Asia Center berbasis di Paris.

Di sisi lain, Portugal, salah satu negara termiskin di Eropa barat, sangat terbuka dengan investasi China. Investasi China menyumbang 3,6% terhadap produk domestik bruto (PDB) Portugal antara 2010 dan 2016. Pemerintah China melalui China Three Gorges dan CNIC juga memiliki 28% saham di EDP utilitas Portugis, perusahaan terbesar di negara itu. bari/mohar/fba

BERITA TERKAIT

MESKI TERJADI KETEGANGAN IRAN-ISRAEL: - Dirjen Migas: Harga BBM Tak Berubah Hingga Juni

Jakarta-Dirjen Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Tutuka Ariadji mengungkapkan harga bahan bakar minyak (BBM)…

PREDIKSI THE FED: - Tahan Suku Bunga Imbas Serangan Iran

NERACA Jakarta - Ketegangan konflik antara Iran dengan Israel memberikan dampak terhadap gejolak ekonomi global dan termasuk Indonesia. Kondisi ini…

PEMERINTAH ATUR TUGAS KEDINASAN ASN: - Penerapan Kombinasi WFO dan WFH

Jakarta-Pemerintah memutuskan untuk menerapkan pengombinasian tugas kedinasan dari kantor (work from office-WFO) dan tugas kedinasan dari rumah (work from home-WFH)…

BERITA LAINNYA DI Berita Utama

MESKI TERJADI KETEGANGAN IRAN-ISRAEL: - Dirjen Migas: Harga BBM Tak Berubah Hingga Juni

Jakarta-Dirjen Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Tutuka Ariadji mengungkapkan harga bahan bakar minyak (BBM)…

PREDIKSI THE FED: - Tahan Suku Bunga Imbas Serangan Iran

NERACA Jakarta - Ketegangan konflik antara Iran dengan Israel memberikan dampak terhadap gejolak ekonomi global dan termasuk Indonesia. Kondisi ini…

PEMERINTAH ATUR TUGAS KEDINASAN ASN: - Penerapan Kombinasi WFO dan WFH

Jakarta-Pemerintah memutuskan untuk menerapkan pengombinasian tugas kedinasan dari kantor (work from office-WFO) dan tugas kedinasan dari rumah (work from home-WFH)…