Smartphone dan Tablet Primadona MBC 2012

Mega Bazaar Computer (MBC) 2012 kembali digelar pekan lalu di Jakarta Convention Centre (JCC), mulai 29 Februari hingga 4 Maret. Pameran berbagai produk teknologi ini, semakin banyak didatangi pengunjung yang memenuhi area MBC 2012.

Neraca. Pameran MBC ini, seperti diketahui digelar di Jakarta dan kota lainnya seperti Bandung, Semarang, Surabaya, dan Makassar. Untuk MBC Jakarta saja, sampai dengan hari keempat pelaksanaan pameran, telah tercatat 155.867 pengunjung memadati arena pameran.

Selain penarikan undian yang akan dilakukan oleh panitia di hari penutupan ini, berbagai diskon dan hadiah langsung menjadi daya tarik di akhir pekan ini.

“Selama pameran, saya sudah tiga kali bolak-balik ke MBC. Pertama survey barang, kedua beli tablet sama headset yang diskonnya besar. Ketiga, antri smartphone dari promo buy one get one free sambil main game bareng keponakan-keponakan,” ungkap Rizal yang suatu sore datang bersama rombongan keluarganya.

Promo buy one get one free yang digelar di booth Global Teleshop berhasil menarik perhatian besar dari para pengunjung. Tio, asisten manajer Global Teleshop mengakui bahwa program ini efektif menyedot pengunjung untuk berbelanja.

“Kami sudah mengikuti MBC selama lebih dari lima tahun. Dalam MBC kali ini, setiap produk yang ditawarkan laris terjual bahkan selalu hampir habis stoknya tiap hari,” jelasnya.

Hal ini diamini oleh Sofyan, penanggung jawab booth Global Teleshop dalam MBC 2012. “Hampir semua produk laku, saya rasa promo buy one get one free dalam acara MBC ini adalah kombinasi tepat menuju segmen konsumen yang memerlukan gadget dan smartphone sesuai dengan kebutuhan mereka,” ungkap Sofyan.

Jenis produk yang berhasil mencatatkan kesuksesan dalam MBC 2012 kali ini adalah smartphone dan tablet. Kesuksesan penjualan smartphone pun telah diakui Global Teleshop. Sedangkan untuk jenis tablet, setidaknya terdapat lebih dari 10 vendor yang bersaing menarik para konsumen. Kebutuhan akan akses informasi dan hiburan dalam peralatan yang ringkas dan canggih mendorong para pengunjung beramai-ramai berbelanja tablet sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya. Antusiasme pada produk tablet ini tidak hanya dimonopoli oleh anak muda maupun kaum profesional. Seorang wanita lanjut usia pun tak mau kalah dan tampak menikmati game balap mobil dalam tablet Galaxy Tab di booth Samsung.

Tak hanya penggemar komputer dan gadget, para penggemar dunia fotografi juga masih memenuhi area Assembly Hall JCC. Pameran Focus menyajikan sejumlah acara yang tak kalah menarik dari kompetisi foto, workshop, talkshow hingga bagi-bagi hadiah. Sepanjang hari pengunjung dapat mengikuti beberapa acara seperti Sony Photo Contest, Starlite Photo Competition dan Run Away Photo Competition dilanjutkan beberapa workshop seru bersama para fotografer senior yaitu workshop foto klip oleh Denny, workshop travel photography oleh Arbain Rambey dan ditutup tampilan Ray Bachtiar dari Komunitas Lubang Jarum yang memanfaatkan barang-barang bekas pakai dan sebatang jarum sebagai kamera. Serunya lagi Ben-Q juga bagi-bagi hadiah menarik untuk pengunjung pameran FOCUS yang beruntung di hari penutupan. Semuanya demi memanjakan para pengunjung dan penggemar fotografi.

Tak ketinggalan, ajang Indonesia Games Festival di area Plenary Hall yang menjadi magnet tersendiri bagi para penggemar game di tanah air. Sony indonesia memberikan diskon hingga Rp 400.000 untuk setiap pembelian PS3. Sejumlah final kompetisi game pun digelar hari ini untuk mendapatkan sang juara untuk game populer seperti Call of Duty 4, Winning Eleven 2012, dan Pump It Up.

“Kapan ada festival game lagi seperti ini? Saya tidak sempat ikutan kompetisi DotA karena keasyikan muter-muter pameran,” sesal Andri, yang datang terlambat ke kompetisi IGF 2012 tersebut. Hal senada juga disampaikan Irfan.

“Aku suka acara festival game seperti ini. Aku harap bisa datang pada acara selanjutnya bersama teman-teman biar bisa ikutan lomba,” katanya.

“Luar biasa semangat pengunjung MBC di akhir pekan ini. Antusiasme merekalah yang menjadi tolok ukur keberhasilan kami. Kami bangga bila dapat menyajikan yang terbaik, baik kepada para pengunjung maupun mitra exhibitor,” kata Sri Vista Limbong, IT Division Manager Dyandra Promosindo ketika ditanya tentang kegiatan weekend di MBC 2012.

Pamer Gadget Baru

Hari pertama (29/02) Mega Bazaar Computer (MBC) 2012 yang dibuka serentak di 5 kota Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar dan Malang berlangsung sangat meriah. Pengunjung menyerbu berbagai produk komputer, smartphone, ultrabook, komputer tablet, kamera hingga layanan telekomunikasi. Berbagai gadget handal keluaran baru langsung merebut perhatian konsumen. Panitia mencatat ada 19.571 pengunjung yang telah mendatangi pameran ini di hari pertama pameran.

Ultrabook Hewlett-Packard (HP) seri Folio 13 adalah salah satu primadona di ajang MBC 2012. HP Folio 13 mempunyai berat 1,5 kilogram dan tebal 0,75 inchi. Tampilan cantiknya didukung dengan performa prima prosesor Intel Core i5 dan kecepatan 1,6 GHz, memori RAM DDR3 4GB, SSD 128 GB, dilengkapi fitur grafis Intel integrated HD 3000 graphics dengan layar ukuran 13 inchi beresolusi tinggi dan USB 3.0. Singkat kata, ringan, tipis dan canggih menjadi daya tarik tersendiri dari ultrabook satu ini.

Sementara SpeedUp Pad Ice, keluaran MLW Telecom menjadi primadona yang lain. Tablet berbasis Android 4.0 Ice Cream Sandwich (ICS) ini merupakan besutan perusahaan lokal yang bekerjasama dengan PT Telkom sekaligus menjadi tablet android pertama di Indonesia yang dua hari sebelumnya diluncurkan di ajang Mobile World Congress (MWC) di Barcelona.

Ditunjang dengan berbagai fitur menarik sepertiA-GPS Technology, multi tasking homescreen, ultra sensitive touch screen, serta warna putih dan ukuran layar 7 inch mengundang decak kagum tersendiri pada produk satu ini. Dengan harga di bawah Rp. 1.500.000 pengunjung dapat membawa SpeedUp Pad Ice sudah termasuk dengan paket bundlingSpeedy 512 Kbps selama 3 bulan cuma-cuma.

Produk-produk yang tergolong baru di Indonesia tadi memang telah diluncurkan belum lama di luar negeri. Bisa dibilang peluncuran produk baru memang masih menjadi konsumsi khusus pameran IT internasional seperti Consumer Electric Show (CES) di Las Vegas, CommunicAsia di Singapura atau bahkan Mobile World Congress (MWC) di Barcelona. “Kami berharap dengan tingginya animo masyarakat pada pameran komputer di Indonesia bisa mendorong para vendor internasional untuk meluncurkan produk terbaru mereka di pameran IT di Indonesia,” kata Bambang Setiawan, Chief Operational Officer Dyandra Promosindo.

“Tantangannya memang dibutuhkan dukungan dari banyak pihak, termasuk pemerintah. Sebab, dalam pemasaran produk IT, Indonesia termasuk pasar yang menjanjikan di Asia, selain China dan India,” tambah Bambang. (agus/dbs)

Related posts