Ketika Agen Pemegang Merek Unjuk Teknologi Keselamatan

Sejumlah agen pemegang merek kendaraan (APM) di Indonesia antara lain Honda, Toyota, Mitsubishi, Daihatsu dan Nissan menampilkan ragam teknologi keselamatan pada ajang Vehicle Safety Course (VSC) yang dihelat ASEAN New Car Assesment Program (NCAP), beberapa waktu lalu.

Perusahaan global penyedia teknologi otomotif Bosch serta pabrikan ban Bridgestone juga turut memberikan edukasi mengenai pentingnya keselamatan dalam berkendara yang digelar di Proving Ground Bridgestone, Karawang, Jawa Barat.

Rear view mirror membuat pandangan ke belakang tidak terhalang kepala penumpang berkat pemasangan kamera di bagian belakang. Fitur ini sangat berguna di lalulintas padat seperti Indonesia karena meminimalisasi blindspot dan menjamin pandangan yang lebih luas yakni 49 derajat, ketimbang kaca spion biasa yang hanya menjangkau 17 derajat.

Toyota berada di posisi teratas pada ASEAN New Car Assesment Program (NCAP) GrandPrix Award 2018 yang digelar setiap dua tahun sekali. Toyota dinobatkan sebagai yang terbaik karena paling banyak mendapatkan penilaian tertinggi atau 5 bintang NCAP terkait fitur keselamatan pengemudi dan penumpang pada mobil-mobil baru dalam dua tahun berturut-turut 2017-2018.

Pada ajang yang digelar bersamaan dengan ASEAN Automobile Safety Forum ke-10 di Karawang, Jawa Barat pada 13-15 November 2018, dua produk Toyota, Vios dan Rush, mendapat ASEAN NCAP Excellent Award untuk Continous Safety Improvement.

Vios dinilai serius meningkatan perlindungan keselamatan karena pada 2018 berhasil rating bintang 5, setelah mendapat bintang 4 pada 2012. Rush pada 2018 juga meraih rating 5 bintang NCAP setelah pada 2014 memperoleh rating bintang 4.

Sementara Toyota C-HR yang baru diluncurkan di Indonesia awal tahun ini, meraih ASEAN NCAP untuk kategori Best Adult Occupant Protection (AOP) Award dengan rating penilaian 5 bintang setelah pada Mei 2018 juga mendapat penilaian tertinggi untuk kategori perlindungan pengemudi dan penumpang anak-anak (Child Occupant Protection/COP).

"Kami bersyukur, apa yang kami lakukan tersebut mendapat apresiasi yang tinggi dari berbagai kalangan termasuk dari ASEAN NCAP. Memberikan perlindungan keselamatan yang optimal bagi pengemudi dan penumpang mobil adalah wujud semangat kami menghadirkan Ever Better Cars kepada pelanggan," kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto.

New Car Assessment Program (NCAP) merupakan program penilaian terhadap perlindungan keselamatan bagi pengemudi dan penumpang dari sebuah mobil baru. ASEAN NCAP GrandPrix Award yang dilakukan setiap dua tahun sekali bertujuan memberikan penghargaan kepada pabrikan yang memperhatikan aspek keselamatan dari mobil-mobil yang dipasarkan di Kawasan ASEAN.

Selain penilaian terhadap kendaraan (vehicle assesment), ASEAN NCAP Grand Prix juga menilai keunggulan riset dan penerapan teknologi keselamatan yang dilakukan serta diterapkan untuk mobil-mobil nominasi.

Serangkaian uji tabrak (crash test) dilakukan terhadap mobil-mobil nominasi untuk mengetahui tingkat perlindungan terhadap keselamatan pengendara dan penumpang dewasa (AOP), pengendara dan penumpang anak-anak (COP), serta kelengkapan perangkat pendukung  keselamatan (safety assist) yang dimiliki.

Pada 2016, lima mobil Toyota mendominasi perolehan penghargaan ASEAN NCAP Grand Prix untuk kategori Vehicle Assesment Award antara lain Toyota Agya, Rush, Toyota Sienta, Kijang Innova Best COP, serta Hilux.

BERITA TERKAIT

Optimis, Tahun 2024 Penjualan Penjualan Mitsubishi X Force Ditargetkan Meningkat 15 Persen

NERACA Jakarta – Tingginya permintaan akan Mitsubishi X Force maka PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) optimis penjualan…

Standardisasi Dukung Industri Knalpot Aftermarket

NERACA Jakarta – Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengajak Kementerian/Lembaga (K/L) untuk berkolaborasi mendukung perkembangan industri komponen otomotif, salah…

New Honda Vario Tapil Makin Gaya

NERACA Jakarta – Tingginya pasar skutik di Indonesia, membuat para produsen motor untuk berinnovasi untuk merebut pasar. Salah saunya yakni…

BERITA LAINNYA DI Otomotif

Optimis, Tahun 2024 Penjualan Penjualan Mitsubishi X Force Ditargetkan Meningkat 15 Persen

NERACA Jakarta – Tingginya permintaan akan Mitsubishi X Force maka PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) optimis penjualan…

Standardisasi Dukung Industri Knalpot Aftermarket

NERACA Jakarta – Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengajak Kementerian/Lembaga (K/L) untuk berkolaborasi mendukung perkembangan industri komponen otomotif, salah…

New Honda Vario Tapil Makin Gaya

NERACA Jakarta – Tingginya pasar skutik di Indonesia, membuat para produsen motor untuk berinnovasi untuk merebut pasar. Salah saunya yakni…