Sulap Ponsel Android Lama jadi Baru

Tak dimungkiri, permasalahan yang dihadapi pengguna smartphone Android adalah adopsi sistem operasi yang tidak merata. Sejumlah vendor smartphone kerap kesulitan untuk menghadirkan pembaruan sistem ke perangkat lawas.

Hal itu membuat pengguna Android lawas mau tidak mau harus berganti perangkat jika ingin merasakan pengalaman memakai sistem operasi terbaru. Tidak jarang, perangkat itu juga berjalan lebih lambat.

Oleh sebab itu, perangkat Android lawas kerap ditinggalkan penggunanya begitu saja. Sementara pengguna yang bertahan memilih untuk bersabar dengan kondisi tersebut.

Kendati demikian, bagi kamu pengguna Android lawas tidak perlu berkecil hati. Meski menjalankan sistem operasi Android jadul, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membuat perangkatmu tampil baru lagi. Berikut caranya ;

1. Bersih-Bersih Memori Perangkat

Langkah awal yang perlu kamu lakukan adalah memeriksa memori internal perangkat. Kebanyakan perangkat lawas biasanya memiliki memori internal yang terbatas, sehingga melakukan pembersihan memori perlu dilakukan.

Kamu dapat memasang aplikasi Files Go dari Google untuk memeriksa kapasitas perangkat dan menyarankan untuk menghapus file usang. Cara ini mudah karena kamu tidak perlu melakukannya sendiri.

Tidak lupa, pasang pula aplikasi Google Photos untuk menyimpan koleksi foto di cloud dan segera menghapus versi aslinya Dengan metode ini, memori smartphone Android-mu akan lebih lega.

2. Hapus Aplikasi Tidak Terpakai

Kadang, saat menemukan aplikasi yang menarik, kamu tidak sadar langsung memasangnya. Padahal, aplikasi itu jelas mengambil kapasitas memori dan belum tentu digunakan secara berkala.

Untuk itu, menghapus sejumlah aplikasi yang tidak terpakai merupakan cara jitu untuk membuat perangkatmu berjalan lebih baik.

3. Pilih Aplikasi Versi Lite

Saat ini, banyak aplikasi kenamaan sudah tersedia dalam versi Lite atau lebih sederhana. Meski tampil sederhana, fungsi utama dari aplikasi tersebut tetap dipertahankan, sehingga kamu tidak perlu khawatir.

Beberapa aplikasi yang menyediakan opsi ini adalah Facebook, Twitter, hingga Instagram. Beberapa aplikasi utama Google pun sudah tampil dengan opsi ini.

Aplikasi seperti Google Maps hingga YouTube versi ringan juga tersedia Play Store. Lewat cara ini, kamu dapat menghemat memori perangkat dan tetap menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut dengan nyaman.

4. Selalu Perbaru Aplikasi di Perangkat

Cara ini terbilang cepat dan dapat dengan mudah dilakukan. Kamu tinggal membuka Play Store, pilih 'My Apps & Games', lalu perbarui aplikasi yang sudah mendapat pembaruan.

Meski kelihatannya sepele, aplikasi lawas sebenarnya menyimpan bug dan tidak optimal. Karenanya, akan berpengaruh pada pengalaman penggunaan aplikasi itu sendiri.

Oleh sebab itu, hal yang sebaiknya dilakukan saat pembaruan aplikasi hadir adalah memasangnya. Bersamaan dengan pembaruan itu, pengembang biasanya menyertakan peningkatan kemampuan sehingga aplikasi kian optimal.

5. Pasang Laucher dari Pihak Ketiga

Salah satu keuntungan dari perangkat Android adalah opsi untuk mengubah tampilan smartphone. Cara yang paling mudah adalah memasang launcher pihak ketiga yang ada di Google Play Store.

BERITA TERKAIT

Cosmobeaute 2019 Akomodasi Merek Kecantikan Baru

  NERACA   Jakarta - Sebagai pameran B2B (business-to-business) terbesar di Indonesia, Cosmobeauté Indonesia menghubungkan produsen, eksportir, distributor dan agen…

Komisi III DPR Diminta Pilih Hakim Konstitusi Sosok Baru

Komisi III DPR Diminta Pilih Hakim Konstitusi Sosok Baru NERACA Jakarta - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Prof Dr Jimly…

Optimistis di 2019, BMW Indonesia Bakal Rilis 10 Mobil Baru

BMW Grup Indonesia akan meluncurkan sebanyak 10 mobil terbaru pada 2019, menunjukkan kepercayaan pabrikan mobil mewah asal Jerman itu dalam…

BERITA LAINNYA DI TEKNOLOGI

Tahun Politik, Serangan Siber Intai Jaringan Telekomunikasi

Industri telekomunikasi seringkali menjadi sasaran empuk para peretas untuk melancarkan serangan siber karena perusahaan umumnya memiliki pusat data (data center)…

Pemerataan Kecepatan Internet, Pemerintah Bangun Satelit Satria

Pemerintah  sedang mengupayakan satelit multifungsi yang akan selesai dibangun pada 2023 mendatang untuk meratakan internet cepat di Indonesia. Direktur Utama …

Samsung Galaxy S10 Bakal Rilis Maret

Informasi mengenai flagship terbaru Samsung, Galaxy S10, semakin banyak beredar di ranah maya. Kali ini muncul informasi baru tentang waktu…