Lihat Bocoran Nokia 9, Smartphone dengan Lima Kamera

Desas-desus soal Nokia 9 yang hadir dengan lima kamera, kembali muncul. Kali ini, giliran render smartphone tersebut yang bocor di internet. Bocoran mengenai smartphone ini menunjukkan lima kamera utama yang disebut-sebut akan diusung oleh Nokia.

Secara garis besar, tampilan ini mirip dengan bocoran gambar Nokia 9 yang sebelumnya sempat beredar. Selain lima lensa, disematkan pula LED flash dan sensor hitam misterius di belakang bodi.

Hingga saat ini, belum ada informasi soal fungsi dari kamera-kamera tersebut. Namun, jika menilik kebanyakan lensa kamera smartphone yang ada sekarang, tiga dari lima tersebut merupakan lensa standar, telephoto, dan super wide angle.

Sementara, dua lensa lain kemungkinan besar merupakan lensa monokrom atau sensor depth field. Dalam laporan terbaru, kode nama smartphone ini juga berhasil terungkap.

Data terbaru yang diketahui dari situs resmi HMD Global, Nokia 9 Pureview dikenal dengan nama 'Olympic'. Penamaan ini diperkirakan terinspirasi simbol Olimpiade yanng terdiri dari lima cincin serupa dengan jumlah kamera Nokia 9.

Sebagai tambahan, flagship smartphone tersebut akan menjalankan Android 9 Pie lengkap dengan patch keamanan bulan November.

Kabarnya, Nokia 9 akan diperkenalkan akhir tahun ini, tetapi HMD memutuskan untuk menundanya hingga awal 2019.

Bukan tugas mudah bagi HMD Global untuk menciptakan lima lensa kamera sekaligus ke dalam satu smartphone.

Karena itu, mereka juga akan menggandeng pusat riset dan pengembangan Foxconn demi memantapkan konsep ini.

Bahkan, HMD Global juga disebut telah menciptakan purwarupa smartphone teranyar Nokia tersebut. Jika lancar, tahap produksi smartphone yang dilakukan Foxconn baru bisa dimulai.

Seperti diketahui, pada tahun 1990-an, hampir semua masyarakat di dunia menggunakan ponsel Nokia sebagai alat komunikasi. Untuk mengenang masa kejayaan perusahaan asal Finlandia itu, ada baiknya kita melihat sejarahnya.

Kisah Nokia berawal dari pabrik pengolahan kertas di 1865. Pada 1907 Nokia masuk ke industri telekomunikasi, dan di 1987 mereka merilis ponsel pertama NMT-900.

Pada 2012, keperkasaan Nokia mulai diganggu oleh Samsung. Terlebih, Nokia yang telah mengalami penurunan penjualan selama lima tahun terakhir dengan hadirnya OS Android dan iOS. Akibatnya, harga saham Nokia juga telah turun dari USD40 pada 2007 menjadi sangat sedikit USD3.

Nokia memutuskan untuk mengubah OS dan membuat kesepakatan dengan Microsoft pada Februari 2011 untuk hanya memproduksi smartphone dengan platform Microsoft Windows Phone. Hasilnya adalah seri Lumia yang sukses dijual "di atas 1 juta". Kendati demikian, kurang dari angka penjualan smartphone berbasis Apple dan Google Android.

Pada tanggal 18 Mei 2016, Microsoft mengumumkan penjualan divisi ponsel dengan mereka Nokia ke FIH Mobile, sebuah usaha patungan dari Foxconn dan HMD Global. Keduanya bermitra, bersama dengan Nokia Technologies untuk membuat perangkat Nokia.

BERITA TERKAIT

Jaga Pertumbuhan Kinerja Positif - Japfa Perkuat Kemitraan Dengan Peternak

NERACA Jakarta – Pacu pertumbuhan kinerja perseroan, PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA) gencar meningkatkan program kemitraan dengan peternak. “Perseroan…

Menko Polhukam - Rawat Persatuan Dengan Toleransi

Wiranto Menko Polhukam Rawat Persatuan Dengan Toleransi Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengajak…

Jamkrindo Syariah Jalin Kerjasama Dengan PT NTB Syariah

Jamkrindo Syariah Jalin Kerjasama Dengan PT NTB Syariah  NERACA Jakarta – PT Penjaminan Jamkrindo Syariah melakukan lima jenis kerjasama dengan…

BERITA LAINNYA DI TEKNOLOGI

Nokia 8.1 Resmi Dikenalkan ke Publik

HMD Global resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, Nokia 8.1, di Dubai. Bukan sebagai seri penerus dan lebih unggul daripada Nokia 8…

Azuz Zenfone Max Pro M2 dan Zenfone Max M2 Masuk Pasar Indonesia

Asus secara resmi memperkenalkan Zenfone Max Pro M2 untuk pasar Indonesia. Penerus Zenfone Max Pro M1 ini menjanjikan performa lebih…

Tips Bikin HP Android Jadi Lebih Canggih

Ada beberapa setting tersembunyi yang bisa kamu gunakan untuk membuat handphone Android menjadi lebih canggih. Meski sederhana, beberapa setting tersembunyi…