Citibank Peroleh Laba Rp1,4 Triliun

NERACA

Jakarta - Citibank N.A., Indonesia (Citibank) mencatatkan laba bersih hingga kuartal III-2018 mencapai Rp1,4 triliun. Sayangnya, angka tersebut tercatat turun tipis bila dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya yang mencapai Rp2 triliun. Akan tetapui, Chief Executive Officer Citibank N.A., Indonesia Batara Sianturi menyebut, peningkatan masih terus berlanjut dari berbagai segmen salah satunya ialah pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK).

“Citibank Indonesia memiliki neraca yang kokoh dengan tingkat permodalan yang sangat memadai dan likuid,” kata Batara di Jakarta Kamis (8/11). Batara menyebut, momentum pertumbuhan DPK yang positif sebesar 10%, memungkinkan Bank untuk mempertahankan rasio lending-to-funding (RIM) yang solid yaitu sebesar 76,5%. Meskipun membukukan pertumbuhan aset yang tinggi, tingkat permodalan serta kualitas aset tetap terjaga, dimana rasio Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM) Citibank berada di level 23,95%.

Tak hanya itu, kedisiplinan Citi dalam menetapkan target market yang tepat, telah menghasilkan adopsi digital yang sangat kuat. Pengguna Citi Mobile meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun lalu, sementara pertumbuhan pendaftaran Citibank Online mencapai setengah dari Citi Mobile. Hal ini menegaskan keberhasilan strategi mobile first Citi dalam fokus digitalisasinya.

Disamping itu, Citibank juga mencatatkan portofolio kredit hingga mencapai Rp 48,5 triliun, angka tersebut tercatat tumbuh 22% year-on-year (YoY). Batara menyebut, pertumbuhan tersebut didorong oleh pertumbuhan pada lini bisnis Institutional Banking, utamanya berasal dari sektor keuangan, pertambangan, dan manufaktur. “Kami bersyukur dengan kinerja Citibank pada kuartal ketiga 2018 meskipun ada volatilitas pasar yang baru saja terjadi,” kata Batara.

Batara menyebut, peningkatan kredit tersebut juga didorong oleh kualitas yang baik . Tercatat pada rasio Non-Performing-Loan bruto dan netto masing-masing sebesar 2,37% dan 0,70%. Di lini bisnis Consumer Banking, Citibank telah berhasil memperkenalkan kembali serta melanjutkan kampanye “Live Large“, yang memberikan manfaat bagi pemegang kartu kredit Citi Telkomsel berupa tambahan paket data hingga 20GB guna menikmati gaya hidup digital perkotaan bersama dengan keuntungan lainnya seperti, Buy 1 Get 1 Free di XXI, Buy 2 Get 3 di Excelso Coffee, dan bonus tambahan pada saldo T-cash. Melalui kampanye ini, Citibank berhasil meningkatkan akuisisi baru dari pemegang kartu kredit Citi Telkomsel sebesar 24%.

BERITA TERKAIT

Pemerintah Serap Rp22 Triliun dari Lelang SUN

      NERACA   Jakarta - Pemerintah menyerap dana Rp22,05 triliun dari lelang tujuh seri surat utang negara (SUN)…

Bank Mandiri Catatkan Perolehan Laba Rp 13,5 Triliun

  NERACA   Jakarta – PT Bank Mandiri Tbk mencatatkan perolehan laba konsolidasi tumbuh 11,1% mencapai Rp13,5 triliun, kualitas kredit…

Menkeu Proyeksi Defisit APBN Capai Rp310,8 Triliun

  NERACA   Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memproyeksikan defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019 berpotensi…

BERITA LAINNYA DI INFO BANK

Pemerintah Serap Rp22 Triliun dari Lelang SUN

      NERACA   Jakarta - Pemerintah menyerap dana Rp22,05 triliun dari lelang tujuh seri surat utang negara (SUN)…

IMF Desak Negara-negara Hindari Kebijakan Perdagangan Terdistorsi

    NERACA   Jakarta - Ketegangan perdagangan sejauh ini tidak secara signifikan mempengaruhi ketidakseimbangan neraca berjalan global, tetapi membebani…

BI Yakin Arus Modal Asing Tetap Deras - Suku Bunga Acuan Turun

      NERACA   Jakarta - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo meyakini aliran modal asing akan tetap masuk…