Citibank Peroleh Laba Rp1,4 Triliun

NERACA

Jakarta - Citibank N.A., Indonesia (Citibank) mencatatkan laba bersih hingga kuartal III-2018 mencapai Rp1,4 triliun. Sayangnya, angka tersebut tercatat turun tipis bila dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya yang mencapai Rp2 triliun. Akan tetapui, Chief Executive Officer Citibank N.A., Indonesia Batara Sianturi menyebut, peningkatan masih terus berlanjut dari berbagai segmen salah satunya ialah pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK).

“Citibank Indonesia memiliki neraca yang kokoh dengan tingkat permodalan yang sangat memadai dan likuid,” kata Batara di Jakarta Kamis (8/11). Batara menyebut, momentum pertumbuhan DPK yang positif sebesar 10%, memungkinkan Bank untuk mempertahankan rasio lending-to-funding (RIM) yang solid yaitu sebesar 76,5%. Meskipun membukukan pertumbuhan aset yang tinggi, tingkat permodalan serta kualitas aset tetap terjaga, dimana rasio Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM) Citibank berada di level 23,95%.

Tak hanya itu, kedisiplinan Citi dalam menetapkan target market yang tepat, telah menghasilkan adopsi digital yang sangat kuat. Pengguna Citi Mobile meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun lalu, sementara pertumbuhan pendaftaran Citibank Online mencapai setengah dari Citi Mobile. Hal ini menegaskan keberhasilan strategi mobile first Citi dalam fokus digitalisasinya.

Disamping itu, Citibank juga mencatatkan portofolio kredit hingga mencapai Rp 48,5 triliun, angka tersebut tercatat tumbuh 22% year-on-year (YoY). Batara menyebut, pertumbuhan tersebut didorong oleh pertumbuhan pada lini bisnis Institutional Banking, utamanya berasal dari sektor keuangan, pertambangan, dan manufaktur. “Kami bersyukur dengan kinerja Citibank pada kuartal ketiga 2018 meskipun ada volatilitas pasar yang baru saja terjadi,” kata Batara.

Batara menyebut, peningkatan kredit tersebut juga didorong oleh kualitas yang baik . Tercatat pada rasio Non-Performing-Loan bruto dan netto masing-masing sebesar 2,37% dan 0,70%. Di lini bisnis Consumer Banking, Citibank telah berhasil memperkenalkan kembali serta melanjutkan kampanye “Live Large“, yang memberikan manfaat bagi pemegang kartu kredit Citi Telkomsel berupa tambahan paket data hingga 20GB guna menikmati gaya hidup digital perkotaan bersama dengan keuntungan lainnya seperti, Buy 1 Get 1 Free di XXI, Buy 2 Get 3 di Excelso Coffee, dan bonus tambahan pada saldo T-cash. Melalui kampanye ini, Citibank berhasil meningkatkan akuisisi baru dari pemegang kartu kredit Citi Telkomsel sebesar 24%.

BERITA TERKAIT

Rp1,1 Triliun Digelontorkan Untuk Revitalisasi 1.037 Pasar

NERACA Jakarta – Kementerian Perdagangan mengalokasikan anggaran sebesar Rp1,1 triliun untuk melakukan revitalisasi 1.037 pada 2019. "Total Rp1,1 triliun anggaran…

Laba Bersih BFI Finance Tumbuh 23,58%

Perusahaan pembiayaan kendaraan, PT BFI Finance Indonesia Tbk (BFIN) mencatatkan laba bersih pada akhir Desember 2018 sebesar Rp1,467 triliun atau naik…

PGN Raup Laba Bersih US$ 304,99 Juta

NERACA Jakarta- Sepanjang tahun 2018 kemarin, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) berhasil mencatatkan pertumbuhan laba bersih 54,90% secara tahunan…

BERITA LAINNYA DI INFO BANK

Holding BPR Bisa Terjadi

      NERACA   Padang – Pemerintah sedang gencar untuk menyatukan perusahaan-perusahaan BUMN yang satu lini bisnis. Seperti misalnya…

Suku Bunga Acuan Ditahan

      NERACA   Jakarta - Bank Indonesia (BI) untuk keempat-kalinya secara berturut-turut mempertahankan suku bunga acuan 7-Day Reverse…

BI Jamin Longgarkan Likuiditas dan Kebijakan Makroprudensial

    NERACA   Jakarta - Bank Indonesia (BI) menjamin kondisi likuiditas yang longgar bagi perbankan dan akan memberikan stimulus…