Penghuni Apartemen Juga Bisa Bercocok Tanam

Penghuni Apartemen Juga Bisa Bercocok Tanam

NERACA

Serpong, Tangerang - Pengembang Pacific Garden Style apartemen di kawasan Alam Sutera menggandeng Surya University, pegiat hidroponik, dan IGrow melakukan sosialisasi kepada penghuni apartemen bahwa mereka juga bisa bercocok tanam meskipun lahan terbatas.

"Kami punya platform untuk membantu petani lokal maupun pemilik lahan yang belum optimal agar dapat diberdayakan untuk bersinergi dengan para investor agar menghasilkan produk pertanian berkualitas tinggi," kata General Manager Sales and Marketing Pacific Garden Style, Mayo, R. Azhari di Serpong, dikutip dari Antara, Selasa (30/10).

Ditengah-tengah workshop dan seminar bertema Urban Farming, Mayo mengatakan, melalui pertemuan ini diharapkan akan ada titik temu antara produsen dan konsumen dengan memanfaatkan teknologi terkini dibidang "urban farming"."Konsep ini yang akan diadopsi untuk apartemen di tempat kami," ujar Mayo.

Lebih lanjut Mayo mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan potret ekosistem yang nantinya melibatkan para penghuni apartemen dengan beragam kegiatan dan hobi masing-masing. Jika ada yang hobi Urban Farming, tinggal memanfaatkan teknologi Hidroponik. Seminar dan workshop mengulas tentang peluang dan potensi menjadi petani cerdas di perkotaan (Urban Farming). Seminar yang digelar di Marketing Gallery Pacific Garden Style, Jalan Jalur Sutera Barat Alam Sutera ini berhasil menyedot perhatian mahasiswa dan kelompok anak-anak muda lainnya.

Terkait dengan progres pembangunan apartemen, Mayo menuturkan, proses pengerjaan pondasi rampung lebih cepat dari rencana semula.“Planning awal, pondasi apartemen diperkirakan selesai bulan November, tapi kami kerjakan lebih cepat dua bulan dari target. Diharapkan akhir tahun ini, akan dilakukan penggalian tanah untuk pembangunan basement,” jelas dia.

Sementara progres penjualan unit apartemen, lanjut dia, sampai akhir September 2018 sudah mencapai 75% dari total 1.050 unit.“So far untuk penjualan apartemen di kawasan Alam Sutera, untuk saat ini kami yang tertinggi,” kata Mayo.

Dia menerangkan, investasi Apartemen Pacific Garden menawarkan keuntungan secara finansial. Dengan membeli apartemen mulaiRp500 jutaan dan nilai sewa sekitar Rp3,5 juta hingga Rp4 jutaan per bulan, investor mendapat keuntungan (return) sekitar 8% – 9% per tahun.“Investasi ini jauh lebih untung darideposito bank dengan bunga sekitar5% per tahun. Belum lagi nilai pajak atas bunga (20%) dua kali lebih tinggi dibandingkan pajak atas sewa (10%),” jelas Mayo.

Ditempat terpisah Ketua Umum Asosiasi Produsen Perbenihan Hortikultura Indonesia, Afrizal Gindow mengatakan, solusi untuk bercocok tanam di apartemen melalui sistem vertikal (vertical garden) agar tidak memakan tempat. Sebagai awal bertanam bisa mencoba dari sayuran dan terlebih dahulu seperti bayam atau kangkung karena lebih mudah perawatannya dan cepat untuk dipanen, setelah lebih ahli penghuni apartemen dapat mulai bertanam cabai, tomat, dan sawti."Bahkan saat ini sedang tren pemilik rumah bertanam sayuran dan mengkonsumsi sendiri," jelas Afrizal.

Terkait dengan progres pembangunan apartemen, Mayo berujar bahwa pembangunan pondasi sudah selesai dikerjakan. Rencana awal, pondasi apartemen diperkirakan selesai bulan November, tapi akan dikerjakan lebih cepat dua bulan dari target. Diharapkan akhir tahun ini, lanjutnya akan dilakukan penggalian tanah untuk pembangunan basement.

Pacific Garden Style memiliki tagline "memberi arti baru dalam gaya hidup" artinya penghuni dapat menikmati hunian bertingkat yang bergaya dan nyaman dilengkapi dengan ruang hijau terbuka yang asri. Hunian ini berlokasi di tepi Downtown Lake Alam Sutera sehingga penghuni dapat berolah raga dan bersantai di area terbuka hijau yang akan dipersiapkan seluas 6,1 hektar.

Sebagai apartment yang paling popular di Tangerang, Pacific Garden Style merupakan hunian bertingkat dengan konsep "pengalaman gaya hidup di Alam Sutera" dengan lokasi yang dikelilingi oleh kampus Binus, Universitas Bunda Mulia, dan Swiss German University.

Hunian ini memiliki akses tak terbatas untuk beragam pilihan restoran, pusat hiburan, belanja serta semua fasilitas bergaya lainnya. Terletak di seberang Mall Alam Sutera, Apartment Pacific Garden Style hanya lima menit dari IKEA, Living world, Pasar Delapan, The Flavor Blitz, dan Omni Hospital. Mohar

BERITA TERKAIT

2019, Dana Bergulir Pola Syariah Bisa Langsung Diakses UMKM

2019, Dana Bergulir Pola Syariah Bisa Langsung Diakses UMKM NERACA Jakarta - Skim pembiayaan syariah dana bergulir segera bisa diakses…

Cara Mengetahui Kanker yang Tak Bisa Dideteksi Dini

Semakin cepat kanker terdeteksi, semakin besar peluang untuk sembuh. Namun, sayangnya tak semua jenis kanker bisa dideteksi dini. Tercatat, hanya…

Ekspor Sepeda Motor Bisa Capai 10 Persen dari Total Produksi - Otomotif

NERACA Jakarta – Indonesia tidak hanya sebagai negara ketiga terbesar di dunia setelah China dan India untuk potensi pasar sepeda…

BERITA LAINNYA DI HUNIAN

Pemerintah Perlu Awasi Ketat Aplikasi Digital Perhotelan

Pemerintah Perlu Awasi Ketat Aplikasi Digital Perhotelan NERACA Jakarta - Pemerintah perlu mengawasi lebih ketat aplikasi dan platform digital untuk…

Karakteristik Pasar Perumahan Ekspatriat Tidak Berubah

Karakteristik Pasar Perumahan Ekspatriat Tidak Berubah NERACA Jakarta - Konsultan properti Colliers International menyatakan bahwa karakteristik pasar perumahan untuk ekspatriat…

Perlu Adanya Pembenahan Regulasi Perumahan

Perlu Adanya Pembenahan Regulasi Perumahan   NERACA Jakarta - Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia DKI Jakarta (Hipmi Jaya), Afifuddin Suhaeli…