MBC Makassar Juga Diserbu Pengunjung - Mega Bazaar Computer 2012

Inovasi produk teknologi informasi (TI) terus bertumbuh seiring kian gemuknya kebutuhan pasar. Hubungan supply dan demand itu, sangat terasa dalam Mega Bazaar Computer (MBC) di Celebes Convention Center (CCC) pada 29 Februari-4 Maret 2012.

Neraca. Penyelenggara MBC 2012, PT Dyandra Promosindo Makassar, sangat optimistis event ini, meraup omzet transaksi yang tinggi. Targetnya minimal Rp15 miliar. Pengunjung diproyeksikan menembus angka 60.000 orang atau 10% lebih tinggi dari MBC 2011 lalu.

Vice Presiden Director PT Dyandra Promosindo Makassar, Erenst Karomboen, saat pembukaan, Rabu 29 Februari, mengatakan, animo masyarakat terhadap produk TI dan komputer akan terus meningkat. Apalagi produsen sejumlah gadget telah merilis produk barunya pada awal tahun.

Menurut dia, MBC yang sudah 18 tahun digelar ini, memiliki keunikan dibandingkan event sebelumnya. Salah satu keunikannya, pengunjung dimanjakan dengan berbagai program hadiah menarik, seperti Grand Prize Nasional berupa satu unit mobil All New Xenia dan satu motor Viar Vio-R sebagai Grand Prize Lokal.

Program ini dapat diikuti setiap peserta yang melakukan transaksi minimal Rp500.000. "Kami mengharapkan, pameran ini membantu pemerintah dalam menggalakkan wisata MICE (meeting, incentive, convention, exhibition) dan memacu gerak roda perekonomian," kata Erenst.

Sementara Kepala Dinas Informatika dan Komunikasi (Infokom) Kota Makassar Takdir Alim Bachri, yang membuka MBC 2012, mengatakan hadirnya pameran ini, sangat mendukung program Cyber City, yang dicanangkan Pemkot Makassar bersama para provider telekomunikasi yang ada di kota ini. "Semakin banyak masyarakat yang memiliki komputer akan mendorong daya kreasi yang lebih tinggi. Di satu sisi, pameran ini, merupakan kesempatan bagi produsen TI pemilik brand memasarkan produk terbaru," jelasnya.

Project Manager Dyandra Promosindo Sarah Tahnia menambahkan, untuk melampaui kunjungan dan transaksi tahun lalu, panitia MBC mengemas berbagai program menarik. Di antaranya door prize harian yang diundi setiap hari dari tiket masuk pengunjung. Kesempatan memperoleh Home Theater, LG TV, LG TV Monitor 3D khusus pada 29 Februari-2 Maret, dan ponsel pada 3-4 Maret 2012.

"Kami juga menyiapkan program subsidi. "Seperti Hot Sale yaitu gadget diskon harga 50 persen + 50 persen untuk iPad, iPod, dan iPhone pada Rabu, Kamis, dan Jumat. Program Serbu atau Serba Rp5.000 untuk beberapa item produk TI seperti FlashDisk, Modem Internet, Mouse Optik, USB Hub, dan printer," kata Sarah Tahnia.

MBC Medan 2012

Akhir pekan lalu warga Medan dapat memuaskan hasrat belanja dan rasa keingintahuan bersama keluarga di Mega Bazaar Computer Medan 2012. Bagi penggemar komputer dan gadget Medan, pameran Mega Bazaar Computer (MBC) Medan 2012 kali ini dapat menjadi surga belanja.

Yang bukan penggemar gadget pun dapat menikmati MBC Medan 2012 ini, karena berbagai acara MBC Medan 2012 dirancang penuh keceriaan baik untuk keluarga, komunitas dan seluruh pengunjung yang hadir.

“Saya senang ada acara MBC di akhir pekan ini. Selain suami memang mencari speaker komputer, anak-anak bisa ikut acara menggambar. Ini liburan keluarga gratis,” jelas Kornelia yang tampak datang bersama suami dan kedua anaknya.

Sri Vista Limbong, IT Division Manager Dyandra Promosindo menyampaikan optimismenya bahwa produk komputer dan teknologi informasi akan semakin luas menjangkau warga Medan dengan adanya acara MBC 2012 ini.

“MBC Medan 2012 merupakan tonggak awal pameran komputer di Medan dan saya meyakini di tahun mendatang akan semakin semarak karena para produsen TI banyak yang menggunakan acara ini untuk meluncurkan produk terbaru sekaligus memberikan promo besar-besaran mereka,” jelas Vista.

Andi Harahap, seorang mahasiswa teknik informatika, mengungkapkan bahwa ia bersama teman-temannya sangat senang ada acara bazaar komputer seperti ini di Medan. “Baru kali ini ada obral speaker bagus dengan harga Rp 10.000 dan juga ada berbagai produk baru lainnya yang dapat dilihat dan dicoba langsung. Tahun depan musti diadakan lagi,” cetus Andi.

Selain beragam penawaran produk, acara pendukung yang digelar akhir pekan ini pun turut menarik banyak peminat, seperti siang ini talkshow tentang memberi nilai tambah bisnis biasa dengan mengembangkannya menjadi bisnis onlineyang disajikan oleh Yanson Rahman. Pada petang harinya, digelar babak final Ajang Adu Bakat Guitar, Bass, Drum Competition.

Para pemusik Medan saling beradu keterampilan bermusiknya dan serunya acara ini dapat disaksikan para pengunjung di panggung utama MBC Medan 2012. Acara lalu dilanjutkan dengan acara “Semua Komunitas Medan Kumpul di Sini!” yang mengumpulkan lebih dari 17 komunitas sosial media dari kota Medan dan sekitarnya. Diantaranya adalah StandUpIndo Medan, Medan Berkebun, Hijabers Medan, Backpacker Medan, Android Medan, IDN Steam, Mata Kamera, Akber Medan, MUGI (Microsoft User Group of Indonesia), Medan Linux, Teknonesia, Couch Surfing Medan, Kaskus RPM, Big Red, Tangan Di Atas, Nulis Buku dan masih banyak lagi. Sebuah kesempatan langka dalam mempertemukan komunitas-komunitas berbakat di Medan.

Dalam tiga hari pelaksanaan MBC Medan 2012 ini, Dyandra Promosindo telah mencatat 13.896 pengunjung yang mendatangi Medan International Convention Center. Dengan kemeriahan yang dirancang di akhir pekan ini, panitia optimis target jumlah pengunjung selama pameran akan dapat terpenuhi.

Ponsel Venera Diobral

Mega Bazaar Computer (MBC) 2012 benar-benar menjadi arena para vendor untuk mengobral produk mereka. Bahkan, ada ponsel merek lokal yang dilepas dengan harga Rp99.000. Tak pelak, ponsel bermerek Vanera itu pun menjadi rebutan.

Vendor ponsel yang berada di bawah naungan PT Teletama Artha Mandiri (TAM) ini melego Venera Aktiv 109 dengan harga kurang dari Rp100 ribu di pameran tersebut. Sontak, tawaran tersebut mampu melecut rasa ketertarikan pengunjung. Hingga akhirnya, stok Aktiv 109 yang disediakan ludes dalam waktu dua jam.

Venera sendiri mengklaim sebagai satu-satunya ponsel merek lokal yang ikut dalam ajang MBC yang memasuki perhelatan ke-18 ini. Ponsel Venera lainnya yang juga menjadi daya tarik adalah Ego 808 yang dilengkapi dengan EA Game dan ditawarkan dengan harga Rp488.000.

"Pada hari pertama, Ego 808 laku terjual 5.000 unit. Kami tidak mau membohongi konsumen. Untuk itu, kami langsung membeli hak cipta EA game dan menyematkannya pada Ego 808. Ini salah satu indikasi mengapa Ego 808 kami diserbu pengunjung," kata Head of Venera Business Unit Teddy Tjan dalam keterangannya, Sabtu (3/3).

Teddy mengaku senang melihat animo masyarakat pada MBC kali ini. Menurutnya, acara tahun ini terlihat lebih produktif karena bukan hanya pembeli dari Jakarta yang hadir, melainkan juga dari luar daerah.

(agus/yuan/dbs)

Related posts