M Cash Integrasi Raup Laba Rp 61 Miliar

NERACA

Jakarta – PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS) berhasil meraih laba bersih hingga sembilan bulan pertama 2018 sebesar Rp61 miliar melesat 741,7% dibandingkan periode sama tahun lalu sebesar Rp7 miliar. Informasi tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin.

Perseroan juga membukukan penjualan sebesar Rp3,347 triliun atau naik 300,5% dibandingkan periode sama tahun lalu sebesar Rp836 miliar. Pada September 2018, perseroan berhasil menambah titik distribusinya menjadi 43.853 dari 19.804 di September 2017. Penjualan perseroan didorong oleh segmen distribusi digital yang menyumbang 80,1%, sementara bursa pulsa digital (phone credit digital exchange) dan segmen digital cloud advertising menyumbang masing-masing sebesar 19,6% dan 0,3% dari total penjualan di periode yang berakhir September 2018 itu.

MCAS telah mengubah teknologi pada kios digitalnya sehingga juga dapat diimplementasikan pada bidang logistik.  Kolaborasi digital melalui layanan kemitraan multi-biller “POSPAY” serta Digital Locker “M-BOX POS” yang diluncurkan pada kuartal tiga 2018 menandai inisiatif  untuk menempatkan MCAS dalam peran sentral dalam mendigitalisasi infrastruktur logistik di Indonesia. 

POSPAY, sebagai platform layanan pembayaran digital Pos Indonesia, mendistribusikan lebih dari 300 jenis produk biller PPOB. Melalui hal tersebut, berbagai aplikasi konten digital dapat didistribusikan melalui lebih dari 4.800 jaringan kantor pos dan 40.000 agen pos yang tersebar di seluruh kepulauan Indonesia. 

Digital Locker M-BOX POS adalah sebuah inovasi digital MCAS yang menawarkan berbagai layanan, seperti pengiriman barang (drop off & pick up points), storage/deposit boxes, dan e-commerce. MCAS akan bertindak sebagai provider baik hardware maupun software, sedangkan PT Pos Indonesia (Persero) berperan sebagai eCommerce enabler di sektor logistik. Pos Indonesia bertujuan untuk menempatkan M-BOX POS Digital Locker di berbagai jaringan kantor pos yang mencakup lebih dari 24.000 titik layanan di seluruh Indonesia.   

Adapun untuk bisnis digital cloud advertisement, hingga September 2018 melalui PT Digital Marketing Solution (DMS) mengelola sebanyak 3.763 titik iklan. Sementara itu, pendapatan dan laba kotor yang disumbang oleh segmen digital cloud advertising ini masing-masing sebesar Rp8,7 miliar dan Rp5,9 miliar (untuk periode bulan Agustus 2018 hingga September 2018).  Untuk GOWES, platform dan aplikasi bike-sharing, yang diumumkan pada bulan Mei 2018, hingga September 2018, Perseroan telah mencatat lebih dari 18 ribu pengguna aktif bulanan dari sekitar 10 ribu pengguna aktif bulanan di bulan Juli 2018. 

 

 

BERITA TERKAIT

Sentimen Bursa Asia Bawa IHSG Ke Zona Hijau

NERACA Jakarta – Mengakhiri perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (18/4) sore, indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup…

Anggarkan Capex Rp84 Miliar - MCAS Pacu Pertumbuhan Kendaraan Listrik

NERACA Jakarta – Kejar pertumbuhan bisnisnya, PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS) akan memperkuat pasar kendaraan listrik (electric vehicle/EV), bisnis…

Sektor Perbankan Dominasi Pasar Penerbitan Obligasi

NERACA Jakarta -Industri keuangan, seperti sektor perbankan masih akan mendominasi pasar penerbitan obligasi korporasi tahun ini. Hal tersebut disampaikan Kepala…

BERITA LAINNYA DI Bursa Saham

Sentimen Bursa Asia Bawa IHSG Ke Zona Hijau

NERACA Jakarta – Mengakhiri perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (18/4) sore, indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup…

Anggarkan Capex Rp84 Miliar - MCAS Pacu Pertumbuhan Kendaraan Listrik

NERACA Jakarta – Kejar pertumbuhan bisnisnya, PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS) akan memperkuat pasar kendaraan listrik (electric vehicle/EV), bisnis…

Sektor Perbankan Dominasi Pasar Penerbitan Obligasi

NERACA Jakarta -Industri keuangan, seperti sektor perbankan masih akan mendominasi pasar penerbitan obligasi korporasi tahun ini. Hal tersebut disampaikan Kepala…