Bidik 2,5 Juta Pelanggan Baru - TelkomVision Gandeng CIMB Niaga :

NERACA. TelkomVision, perusahaan TV Berbayar yang tergabung dalam Telkom Group didirikan pada 7 Mei 2007 menggandeng CIMB Niaga untuk terus menggenjot jumlah pelanggan. Tidak hanya itu, TelkomVision juga fokus pada peningkatan kualitas jaringan di 33 provinsi dan layanan, serta tidak menaikkan tarif sepanjang tahun ini.

Hingga akhir tahun 2011,TelkomVision yang merupakan anak usaha PT Telkom Tbk. telah mencapai 1 juta pelanggan. Kenaikan ini seiring dengan meningkatkan kebutuhan televisi berbayar. TelkomVision, operator TV berbayar menggandeng CIMB Niaga dalam menawarkan paket langganan kepada para konsumennya untuk terus menggenjot jumlah pelanggan.

Langkah ini dalam rangka mencapai target kenaikan jumlah pelanggan hingga 150% pada tahun 2012 menjadi 2,5 juta pelanggan. "Bagi pengguna kartu kredit CIMB Niaga, dapat melakukan pembayaran autodebet pada program TelkomVision berupa Paket Emas (all channels) berisi 80 channels seharga Rp. 99.500," kata Direktur Sales & Marketing TelkomVision, Gatot B. Haryono di Jakarta, kemarin (29/2).

Gatot memaparkan, TV berbayar saat ini tidak lagi menjadi barang mewah, karena sangat terjangkau dan sudah menjadi bagian gaya hidup. "TelkomVision ingin menciptakan mindset dibenak masyarakat, bahwa berlangganan Pay TV kian mudah dari sisi transaksi pembayaran dan terjangkau dari sisi harga," katanya.

Dengan menggandeng CIMB Niaga sebagai rekan promosinya, perusahaan jasa penyiaran TV berlangganan tersebut menarget 1.000 pelanggan per hari selama pameran Mega Bazaar Computer (MBC) 2012 yang diadakan di Jakarta Convention Center. Solusi ini juga akan memudahkan operator TV berbayar tersebut dalam memberikan pilihan atas berbagai paket langganan menarik dengan harga terjangkau bagi pelanggannya di Indonesia. "Per hari pameran kita menarget bisa memperoleh 1000 pelanggan, jadi ada 5ribu pelanggan selama 5 hari pameran," terang Gatot.

Dia juga mengungkapkan bahwa pada Februari ini, pihaknya sudah memiliki total 1,2 juta pelanggan dengan komposisi 600 ribu pelanggan bulanan, 400 ribu pelanggan TV Voucher, dan 200 ribu TV kabel corporate.

Sedangkan untuk kerjasama bersama CIMB Niaga tersebut diharapkan bisa menggaet tambahan 500 ribu pelanggan selama masa kerjasamanya, dan difokuskan pada pelanggan baru.

Di MBC 2012 ini, perusahaan jasa penyiaran TV berlangganan itu menawarkan Paket Emas (seluruh saluran), yang total berisi 80 saluran. Paket tersebut dibanderol Rp 99.500 per bulan menggunakan kartu kredit CIMB Niaga, dengan sistem pembayaran debet otomatis.

"Kita punya obsesi bahwa televisi berbayar itu tidak mahal, ditambah dengan adanya konten-konten yang lebih baik. Kita melakukan pressing margin supaya harganya terjangkau. Terjangkau itu misalnya, kalau sebulan Rp 99.500, berarti pelanggan membayar sekitar Rp1.200 untuk satu saluran per bulannya. Ini lebih murah dari ongkos parkir," ujarnya Gatot.

Peningkatan kualitas jaringan dan layanan

Jumlah pelanggan TelkomVision terdiri dari 1,2 juta pelanggan dengan komposisi 600 ribu pelanggan bulanan, 400 ribu pelanggan TV Voucher, dan 200 ribu TV kabel corporate.

Gatot mengatakan bahwa dengan content yang ada saat ini, TelkomVision yakin bisa mencapai target. Apalagi, saat ini telah ada channel lokal seperti Kompas TV yang bisa mengedukasi masyarakat. Hanya saja, Gatot enggan mengungkapkan berapa pendapatan yang telah diperoleh Telkomvision tahun 2011.

Walaupun targetnya terbilang tinggi, Gatot mengaku tidak melakukan ekspansi usaha tahun ini. Kata dia, TelkomVision tahun ini akan fokus pada peningkatan kualitas jaringan dan layanan. “Kami memiliki jaringan di 33 provinsi, artinya sekarang kami tinggal mengoptimalkan jaringan,” jelas Gatot.

Selain itu, TelkomVision sepanjang tahun ini tidak memiliki rencana untuk menaikkan tarif. Pasalnya, TelkomVision berniat menjadi TV berbayar yang murah dan dapat dinikmati oleh semua kalangan.

“Untungnya, kami dibantu content channel yang juga memberikan potongan harga, karena melihat kami agresif mencari pelanggan,” kata dia. Saat ini, Telkomvision menawarkan paket TV berbayar mulai dari Rp55.000 per paket hingga Rp225.000 per paket.

Related posts